Hukum Zakat Profesi dalam Islam dan Ketahui Kapan Anda Wajib Menunaikannya

Discussion in 'Education' started by Dwi Aditya Herfiansyah, Jul 18, 2017.

Tags:
  1. Dwi Aditya Herfiansyah

    Dwi Aditya Herfiansyah Member

    Joined:
    Sep 19, 2014
    Messages:
    118
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Zakat merupakan salah satu pembahasan di dalam Islam yang wajib dipahami oleh umatnya sebab memiliki sifat atau hukum wajib. Hukum wajib ini akan diterima bagi mereka yang dalam perhitungan Islam memang mampu membayar zakat yang ditentukan. Jenis zakat ini beragam dan salah satunya adalah zakat profesi atau zakat penghasilan. Hukum zakat profesi dalam Islam adalah wajib bagi mereka yang sudah memenuhi nisab, sehingga perlu paham posisi Anda sudah wajib atau belum.

    Kapan Anda Wajib Membayar Zakat Profesi?

    Setiap zakat yang ditetapkan di dalam Islam memiliki nisab, yakni batas untuk menentukan apakah seseorang sudah wajib membayar zakat tersebut atau tidak. Nisab ini ditentukan harga 85 gram emas, misalnya emas per gram dihargai Rp 500ribu. Maka seseorang baru disebut wajib membayar zakat profesi apabila dalam setahun sudah menerima gaji Rp 42,5 juta. Nah, silahkan total sendiri gaji yang Anda diterima ditambah bonus lebaran dan sebagainya kemudian dikurangi kewajiban hutang. Jika angkanya kurang dari Rp 42,5 juta maka Anda belum wajib.

    Meskipun dalam hasil kalkulasi Anda tidak atau belum wajib membayar zakat profesi namun bersedekah dianjurkan untuk tetap dilakukan. Sedekah berbeda dengan zakat sebab nilainya bisa ditentukan sendiri sesuai dengan kemampuan. Sementara zakat nilainya sudah ditetapkan yakni 2.5% dari total gaji Anda dalam waktu satu tahun. Pembayarannya bisa sekaligus atau dipecah untuk dibagikan kepada beberapa orang, Anda sendiri bisa leluasa menentukan baiknya bagaimana. Jika memang lebih baik dibayarkan semuanya langsung pada satu orang maka tidak masalah jika dijadikan pilihan.

    Zakat sendiri memiliki makna tumbuh, ketika ditunaikan maka sebenarnya Anda menanam harta tersebut dan dijamin oleh Allah SWT tidak akan berkurang. Keikhlasan Anda nantinya akan dibayar yang lebih baik salah satunya di bukakan rezeki yang lebih lapang. Anda pun tahun berikutnya bisa bersedekah ataupun berzakat dalam jumlah lebih banyak sehingga semakin banyak orang membutuhkan mendapatkan uluran tangan Anda. Tingkatkan kesadaran menunaikan kewajiban membayar zakat dan ringan tangan untuk bersedekah supaya hidup yang hanya sekali lebih bermakna. Semoga bermanfaat :)

    diambil sumber dari https://globalzakat.id/tentang/definisi-asnaf
     
  2. boba solem

    boba solem Member

    Joined:
    Mar 14, 2015
    Messages:
    122
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page