Fakta Tentang Vitamin Dan Mineral Yang Perlu Diketahui

Discussion in 'Health & Medical' started by Harisbizz, Apr 6, 2014.

  1. Harisbizz

    Harisbizz New Member

    Joined:
    Mar 11, 2014
    Messages:
    2
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]
    Vitamin

    Vitamin berasal dari bahasa latin yaitu vita (hidup) amina atau amine (suatu gugus organik). Vitamin adalah sekumpulan senyawa organik yang memiliki bobot molekul rendah, vital fungsinya dalam metabolisme. Vitamin tidak dapat diproduksi oleh tubuh. Sehingga kita harus menjaga kecukupan kebutuhan vitamin ini melalui asupan makanan dan suplemen.

    Vitamin ini terbagi menjadi 2 yaitu yang larut dalam air dan yang larut dalam lemak. Yang larut dalam air: vitamin B-1, B-2, B-6, B-12 dan vitamin C, vitamin-vitamin ini hanya dapat disimpan dalam tubuh dalam jumlah kecil , sisanya melewati ginjal dibuang bersama urin kecuali vitamin B12 (disimpan dalam hati) sehingga vitamin jenis ini harus dikonsumsi setiap hari, sedangkan vitamin yang larut dalam lemak: vitamin A, D, E dan K disimpan di dalam jaringan adiposa (lemak) dan di dalam hati.

    Mineral

    Mineral adalah zat anorganik yang dibutuhkan oleh tubuh untuk metabolisme dan kesehatan, di dalam tubuh manusia hanya terdapat 4%-5% dari total berat tubuh. Untuk mendapatkan Mineral dalam ukuran sehat adalah melalui asupan sehat sehari-hari.

    Fakta tentang vitamin dan mineral yang perlu diketahui

    • Dari total seluruh kebutuhan akan kalsium hanya 1% yang diperlukan untuk metabolisme tubuh sedangkan sisanya (99%) bekerjasama dengan fosfor membentuk struktur gigi dan tulang dan sel-sel saraf. Kalsium adalah mineral yang terbanyak ditemukan dalam tubuh, dan amat penting bagi manusia, antara lain bagi metabolisme tubuh, penghubung antar saraf, kerja jantung, dan pergerakan otot. Kalsium ini bisa didapatkan dari susu, yogurt, keju, ikan salmon, ikan sarden dengan tulang, brokoli (sayuran hijau) dan lain lain.
    • Kalium adalah Mineral ketiga terbanyak dalam tubuh manusia, mineral ini membangun protein dan otot, mengendalikan asam-basa dan menjaga aktifitas jantung. Kalium dapat ditemukan dalam salmon, sarden, jeruk, pisang, kentang, alpukat, bayam, tomat, daging, susu, dan kacang-kacangan.
    • Kekurangan kalium (hipokalemia) akan mengakibatkan otot menjadi lemah (lemas), irama jantung yang tidak normal, dan kenaikan tekanan darah.
    • Zat besi memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh yaitu mengangkut oksigen dari paru-paru keseluruh jaringan, refulasi pertumbuhan sel dan diferensiasi. Hemoglobin (metaloprotein) mengandung 2/3 dari total zat besi dlm tubuh. Heme dan non-heme adalah dua bentuk zat besi. Sumber zat besi hewani (heme) didapat dari daging merah, ikan, dan unggas, sedangkan non hewani (non-heme) bisa didapat dari apel, semangka, anggur, jeruk dan kacang-kacangan. Orang dewasa sehat menyerap sekitar 15-35% dari zat besi heme sedangkan penyerapan non-heme hanya 2-20%, sedangkan bayi menyerap sekitar 50% zat besi dalam ASI sementara hanya 12% diserap dari susu formula. Bayi kurang menyerap zat besi dalam susu sapi hal ini dapat menyebabkan perdarahan gastrointestinal pada bayi. Kekurangan zat besi berakibat tidak maksimalnya transportasi oksigen pada sel-sel, yang pada akhirnya mengakibatkan kelelahan, dan penurunan kekebalan tubuh. Akan tetapi zat besi berlebihan juga berbahaya bagi tubuh Anda. WHO memperkirakan 41,8% dari wanita hamil di penjuru dunia mengalami anemia dan paling tidak 50% penyebab anemia tersebut diperkirakan karena kekurangan zat besi.
    • Vitamin A dibagi menjadi dua jenis yaitu preformed vitamin A yang bisa didapat dari daging, unggas, ikan serta produk susu, dan provitamin A yang banyak terdapat pada buah-buahan, sayur-sayuran serta produk nabati lainnya.
    • Vitamin E sangat penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlebar pembuluh darah dan mencegah pembekuan darah. Hal ini ditemukan dalam banyak makanan seperti minyak sayur, kacang-kacangan dan biji-bijian dan sayuran hijau.
    • Vitamin B-12 memainkan peran utama dalam membentuk sel darah merah, sintesis DNA dan berfungsinya sistem saraf. Defisiensi vitamin B12 dapat menyebabkan anemia megaloblastik, kelelahan, kelemahan, konstipasi, kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan. Bahkan dapat menyebabkan mati rasa dan kesemutan di tangan dan kaki.
    • Makanan hewani seperti ikan, daging, unggas, telur, susu dan produk susu adalah sumber terbaik untuk vitamin B12.
    • Vitamin E dan vitamin C bertindak sebagai antioksidan yang membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh aksi radikal bebas.
    • Vitamin C secara alami ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran seperti buah jeruk, brokoli, stroberi, melon, dan tomat. Kebutuhan vitamin C meningkat sebesar 35 mg bagi perokok dan perokok pasif.
     
  2. Mondebutter

    Mondebutter Member

    Joined:
    Apr 1, 2013
    Messages:
    345
    Likes Received:
    12
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  3. noer98

    noer98 Member

    Joined:
    Feb 4, 2014
    Messages:
    608
    Likes Received:
    54
    Trophy Points:
    28
    Google+:
  4. BEIM

    BEIM Active Member

    Joined:
    Mar 17, 2014
    Messages:
    1,358
    Likes Received:
    36
    Trophy Points:
    48
    mantap infonya

    mantap infonya... *bagus*
     
  5. pram

    pram Well-Known Member

    Joined:
    Sep 23, 2013
    Messages:
    3,099
    Likes Received:
    161
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    ada yang kurang mas vitamin D

    ada yang kurang mas vitamin D *jail*
     
  6. basekosmetik

    basekosmetik New Member

    Joined:
    Feb 21, 2014
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Mantab...!

    Trims infonya super detail *bagus*
     
  7. diva

    diva New Member

    Joined:
    Jan 13, 2014
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Artikel yang dapat menambah

    Artikel yang dapat menambah wawasan pembacanya
     
Loading...

Share This Page