cara mudah menurunkan kolesterol secara alami

Discussion in 'Health & Medical' started by nadia6, Jul 7, 2017.

  1. nadia6

    nadia6 Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    203
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Jika seseorang sudah memeriksakan kadar kolesterolnya dan ternyata memiliki kolesterol tinggi, maka tugas selanjutnya adalah bagaimana cara menurunkan kolesterol tersebut.
    nah, beruikut ini saya kan memberikan tips tentang bagaimana cara mudah menurunkan kolesterol secara alami diantaranya :

    Pilih Makanan Sehat


    Konsumsi makanan sehat mutlak diperlukan, karena asal mula kolesterol tinggi pada seseorang adalah berasal dari makanan. Jadi kita harus selektif dalam hal memilih makanan yakni yang dapat menjaga kadar kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung. Berikut makanan yang dimaksud:
    • Rajin Konsumsi buah-buahan dan sayuran.
      Buah-buahan dan sayuran kaya akan serat makanan, yang berperan memperlancar pencernaan dan dapat membantu menurunkan kolesterol. Serat akan mengikat lemak dalam saluran cerna sehingga lemak yang diserap dapat dikurangi yang pada akhirnya akan menjadi bahan baku kolesterol darah.
    • Pilih biji-bijian.
      Berbagai nutrisi yang terkandung dalam biji-bijian mempromosikan kesehatan jantung. Contoh makanan yang baik dikonsumsi di antaranya roti gandum, pasta gandum, tepung gandum dan beras merah.
    • Makanan kaya omega-3.
      Asam lemak Omega-3 dapat membantu menurunkan LDL (Kolesterol Jahat). Beberapa jenis ikan – seperti salmon, mackerel dan herring – merupakan contoh sumber makanan yang kaya akan asam lemak omega-3.
    • Pilih lemak yang sehat.
      Lemak jenuh, yang ditemukan dalam daging merah dan produk susu, meningkatkan kolesterol total dan low-density lipoprotein (LDL) kolesterol jahat. Oleh karena itu kurangi makanan tersebut, sehingga tidak sampai 7 persen dari total kalori harian. Kemudian beralihlah ke sumber lemak yang lebih sehat dengan cara pilih susu rendah lemak dan makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal seperti pada minyak zaitun, kacang dan minyak canola.
    • Hindari lemak trans.
      Lemak trans dapat ditemukan dalam makanan yang digoreng dan pada banyak produk panggang komersial, seperti cookies, kerupuk, kue ringan, dan goreng-gorengan.
    Turunkan Berat Badan

    Langkah ini diperlukan bagi mereka yang memiliki berat badan lebih atau bahkan obesitas (cek di kalkulator berat badan apakah Anda kelebihan berat badan). Target kita adalah mencapai berat badan ideal. Hal ini penting karena menurukan berat badan sebanyak 5 sampai 10 persen dapat membantu menurunkan kolesterol secara signifikan.
    Namun, memang menurunkan berat badan tak semudah membalikkan telapak tangan. Banyak hambatan dan rintangan sehingga butuh perjuangan :D.
    Lihatlah secara menyeluruh kebiasaan makan Anda dan rutinitas sehari-hari. Lihat apa masalahnya dan pikirkan cara untuk mengatasinya. Sebagai contoh, jika Anda selalu ingin makan ketika lagi bosan atau frustrasi, isilah dengan berjalan-jalan sebagai gantinya. Jika Anda sering mengambil makanan cepat saji untuk makan siang setiap hari, bawalah bekal makanan sehat dari rumah. Jika Anda sering duduk di depan televisi dalam waktu lama, cobalah mengunyah wortel bukan keripik kentang sebagai cemilan untuk menemani.
    Di samping itu, carilah cara agar tubuh Anda banyak bergerak yang bisa dipadukan dalam rutinitas harian Anda, seperti memilih menggunakan tangga daripada menggunakan lift. Luangkan juga waktu untuk berolah raga.

    Olah Raga (Exercise)


    Tanpa memandang berat badan Anda, olahraga tetap penting sebagai salah satu cara menurunkan kolesterol. Dan untungnya lagi, olah raga sedang dapat membantu meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik. Lakukan oleh raga setidaknya 30 menit setiap hari.
    Hal ini juga akan membantu Anda menurunkan berat badan yang juga berperang siginifikan dalam menurunkan kolesterol tinggi. Jenis olah raga yang dapat dilakukan antara lain: Berjalan setiap hari selama jam makan siang Bersepeda Berenang Atau olah raga lainnya sesuai kesukaan Anda. Agar tetap termotivasi, carilah teman yang senasib dengan Anda untuk melakukan olah raga atau bergabung kedalam kelompok
    olah raga.

    Terkadang perubahan gaya hidup seperti di atas saja, belum cukup untuk menurunkan kolesterol ke level yang diharapkan. Oleh karena itu penggunaan obat generik penerun kolesterol tinggi sangat disarankan untuk di konsumsi.
     
  2. fatimah

    fatimah Member

    Joined:
    Jul 2, 2017
    Messages:
    50
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    rajin konsumsi buah dan sayur efektif bgt utk turunkan kolestrol
     
Loading...

Share This Page