Foto-Foto Mudik Paling Heboh yang Bikin Kamu Ngeri

Discussion in 'General Discussion' started by tanpamoney, Jun 21, 2017.

  1. tanpamoney

    tanpamoney Guest

    [​IMG]

    Berita Unik - Lebaran semakin dekat, dan jutaan warga perantauan di kota-kota besar Indonesia akan menjalani "ritual" tahunan massal yaitu mudik alias pulang kampung. Sebagai kota metropolitan dan ibukota negara, Jakarta merupakan yang paling banyak akan ditinggalkan penduduknya.

    Kementerian Perhubungan memprediksi, jumlah pemudik lebaran tahun 2017 ini mencapai 19 juta orang. Yang terbanyak tentu saja dari Jakarta dan sekitarnya. Angka tersebut naik hampir 5 persen, dibandingkan jumlah pemudik setahun lalu.

    Yang menarik, untuk mengangkut jumlah pemudik sebanyak itu ke berbagai kota di Indonesia, berbagai sarana transportasi pun digunakan. Mulai dari mobil pribadi dan umum, kereta api, kapal laut, dan pesawat. Bukan hanya itu, tapi juga angkutan yang tak lazim untuk menempuh perjalanan luar kota seperti bajaj dan sepeda motor.

    Mudik Bermotor bak Sirkus
    [​IMG]

    Sepeda motor sebenarnya tidak dirancang untuk perjalanan jauh antar-kota. Itulah kenapa, pemerintah dan kepolisian selalu mengimbau untuk tak mudik menggunakan motor.

    Namun kenyataannya, kendaraan roda dua ini dianggap paling efektif digunakan saat mudik khususnya untuk menembus kemacetan panjang. Sayangnya, kendaraan yang hanya bisa memuat 2 orang ini, sering juga digunakan melebihi kapasitas angkutnya.

    Untuk mencegah kecelakaan mudik pesepeda motor, pemerintah sejak beberapa tahun terakhir menyediakan angkutan motor gratis ke kampung halaman. Sementara pemiliknya, bisa mudik menggunakan angkutan lain yang lebih layak dan aman.

    Menembus Pantura dengan Bajaj

    Kendaraan roda tiga asal India ini, banyak didapati di jalanan kota Jakarta. Bajaj, sejatinya merupakan angkutan lingkungan untuk jarak dekat di kawasan permukiman.

    Namun pada musim mudik lebaran setiap tahun, tak jarang kita menemui bajaj digunakan sebagai angkutan mudik. Tak hanya mengangkut penumpang, kadang pengemudinya juga memuat barang yang tak tanggung-tanggung beratnya ke atas kendaraan mungil ini.

    Bertaruh Nyawa di Atas Kereta
    [​IMG]
    Seperti juga di Indonesia, warga Bangladesh pun memiliki tradisi mudik. Pada musim mudik, penumpang berdesakan menumpang setiap bagian dari kereta termasuk di lokomotif. (Foto: nydailynews.com)

    Tradisi mudik tak hanya di Indonesia, hal serupa juga dilakukan warga Muslim di Bangladesh. Seperti di Indonesia warga sejumlah kota Bangladesh pulang ke kampung halaman pada hari raya.

    Kereta menjadi angkutan yang paling populer, hingga satu rangkaian bisa diserbu seribuan penumpang. Tak dapat dipastikan juga jika di bagian dalam kereta sudah sedemikan penuh, namun sepertinya sudah menjadi kebiasaan untuk memenuhi atap dan bergelantungan di pinggir kereta.

    Berdesakan Menembus Kapal

    Penumpang berdesakan ketika naik ke Kapal Tilongkabila tujuan Bima, NTB di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar, Sulsel, pada musim mudik lebaran 2016 lalu. (Foto: Antara/ Sahrul Manda Tikupadang)

    Bagi warga di sejumlah wilayah kepulauan, kapal laut menjadi angkutan paling jamak dan murah untuk digunakan mudik. Karena waktu tempuh perjalanan lebih lama, puncak arus mudik kapal laut biasanya terjadi lebih awal sebelum lebaran.

    Jika mudik darat, pengendara harus siap bermacet-macet di jalanan. Maka tantangan bagi pemudik kapal laut adalah berdesakan di pelabuhan, hingga berjubel naik ke kapal.

    Apalagi jadwal pemberangkatan kapal biasanya hanya satu atau dua kali dalam sepekan, tidak seperti kereta, bus, atau pesawat yang jam-jaman. Tak mengherankan jika penumpang kapal seolah "takut ketinggalan" jika harus menunda keberangkatan.

    sumber: https://www.arah.com/lifestyle.html
     
  2. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Namanya udah kangen tuan, ga peduli mau desek2an yang penting bisa kumpul lebaran sama keluarga. Dan buat pemudik yang bawa kendaraan harus ekstra hati2, jangan lupakan faktor keamanan.
     
  3. cucur12

    cucur12 Member

    Joined:
    Jun 11, 2017
    Messages:
    33
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    uedan......Hal sering di jumpai saat lebaran tapi itu lah uniknya indonesia
     
  4. gerijogja

    gerijogja Member

    Joined:
    Mar 19, 2017
    Messages:
    136
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
  5. fatimah

    fatimah Member

    Joined:
    Jul 2, 2017
    Messages:
    50
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page