Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC

Discussion in 'General Business' started by MariBicara, May 28, 2017.

Tags:
  1. MariBicara

    MariBicara Member

    Joined:
    Jun 15, 2016
    Messages:
    51
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    8
    Berikut ini uraian selengkapnya mengenai Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC untuk sobat sekalian. Akhir-akhir ini cuaca memang jadi agak panas, khususnya bagi sobat yang tinggal di daerah perkotaan. Berbagai hal dapat memicu rumah sobat terasa panas dan gerah, seperti kurangnya jendela, ventilasi, atau langit-langit yang rendah. Akhirnya, memaksa kita untuk menggunakan AC sehingga itu akan mengeluarkan biaya.

    Suhu panas membuat kita tidak betah berada dalam rumah dan jadi ingin keluar rumah terus, tapi Banyak juga yang menggunakan pendingin udara (AC) sebagai jalan pintas ketika rumah kita terasa panas atau gerah.

    Buat sobat yang sedang mencari informasi tentang Cara Agar Rumah Jadi Sejuk. Kabar baiknya, postingan ini akan memberi info yang sobat butuhkan. Artikel ini memberikan informasi tentang Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dan Nyaman Tanpa AC. Mari kita lihat dibawah ini selengkapnya:

    Tips Cara Agar Rumah Jadi Sejuk Tanpa AC terbaru untuk anda:

    Apakah sobat ingin mencoba membuat rumah jadi sejuk dan adem dengan mudah, bagi sobat yang ingin mengurangi anggaran dan lebih banyak tagihan listrik serta ramah lingkungan, pastikan sobat Lihat info berikut dengan cermat. Karena ada beberapa hal yang harus sobat perhatikan. Jadi Pastikan sobat menyimak artikel ini dengan seksama.

    1. Langit-langit tinggi

    Langit-langit yang rendah membuat rumah sobat terasa sempit dan menyesakkan. Sebaliknya, plafon tinggi akan membuat suasana ruangan tampak lebih luas dan terasa sejuk.

    Meninggikan langit-langit sehingga membuat ruang terbuka untuk atap juga dapat menjadi pilihan untuk sobat lakukan. Selain Mengurangi panas, Sobat dapat menggunakan lapisan aluminium foil dipasang di bawah genteng atap rumah.

    2. Rongga di bawah atap anti panas

    Cara lain yang dapat sobat lakukan yaitu membuat rongga di bawah atap supaya dapat mengusir radiasi panas dari daerah loteng. Hal ini dapat diterapkan bila rumah sobat memiliki bentuk atap datar yang menempel ke bangunan tetangga dan efektif juga pada atap berbentuk sandar tanpa plafon.

    3. Lubang di gunungan membuat ruangan dingin

    Buatlah lubang di atap berbentuk pelana. Namun, daripada membuat lubang sembarangan, tapi lubang udara mengalir sehingga rumah tidak panas dan pengap.

    Sobat dapat membuat lubang udara sesuai selera. Misalnya, Sobat dapat membuat sebuah lubang dalam bentuk segitiga dan bujur sangkar. Namun, ini masih disesuaikan dengan desain rumah yang sobat punya.

    Jumlah lubang angin juga disesuaikan dengan iklim bangunan, jika sobat tinggal di daerah pegunungan tidak memerlukan banyak ventilasi. Lain halnya dengan iklim di daerah perkotaan yang cenderung panas.

    4. Cukup bukaan

    Rumah sobat juga harus memiliki banyak bukaan atau celah yang memungkinkan udara secara alami masuk. Ini bisa menjadi solusi untuk sobat yang punya rumah dengan langit-langit yang lebih rendah.

    5. Cara Agar Rumah Jadi Sejuk dengan Ventilasi silang

    Jendela dalam satu ruangan tampaknya tidak cukup. Supaya pertukaran udara dalam rumah berjalan baik, perlu dibuat ventilasi silang (cross ventilation), setidaknya dengan dua buah jendela atau lubang angin yang berhadapan tempat udara keluar dan masuk.
     
    Last edited by a moderator: May 28, 2017
  2. miftah09

    miftah09 New Member

    Joined:
    Jun 30, 2016
    Messages:
    24
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Cocok nih buat yang tinggal di perkotaan yang panas dan banyak polusi. Oh iya, penggunaan jenis atap juga bisa membantu rumah jadi sejuk. Salah satunya dengan menggunakan atap upvc sebagai kanopi rumah.
     
  3. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kalau saya sendiri merasakan atap asbes itu panasnya lebih terasa, tapi masih banyak juga orang yang suka dengan atap asbes, mungkin jenis atap juga bisa mempengaruhi panas yang dihasilkan,
     
    Intan Wulandari likes this.
  4. HermanFaiber

    HermanFaiber Member

    Joined:
    Sep 18, 2017
    Messages:
    73
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    iya bener, udah banyak yg ngeluh pake Asbes sih, kalau ingin sejuk, pakai genteng biasa yg dari tanah liat itu, dia bisa menyerap panas
     
  5. Sangat membantu sekali gan, terima kasih nformasinya
     
  6. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Setuju gan, mending genteng dari tanah liat daripada genteng yg dari baja / kaleng asbes itu
     
    Intan Wulandari likes this.
  7. Intan Wulandari

    Intan Wulandari Member

    Joined:
    Nov 15, 2017
    Messages:
    43
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Sebenarnya asbes mungkin lebih cocok untuk daerah yg dingin kali ya, jadi kena nya hangat, kalau daerah dengan intensitas panas tinggi memang bikin gerah banget
     
  8. oktria

    oktria New Member

    Joined:
    Nov 17, 2017
    Messages:
    9
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    bukannya asbes itu berbahanya ya?
     
  9. davidrahman

    davidrahman Member

    Joined:
    Jun 4, 2014
    Messages:
    899
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    artikelnya hasil spinner. Kurang mudah dipahami
     
  10. abarua46

    abarua46 New Member

    Joined:
    Feb 6, 2015
    Messages:
    54
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    sharing yang bermanfaat nih, apalagi buat orang yang tinggal di kota seperti Jakarta. Jakarta makin hari makin sumpek dan panas, jadi perlu solusi biara tetap nyaman tinggal dirumah.
    Atap upvc juga bisa menjadi solusi nih, karena membuat ruangan jadi dingin. Say godbyee to geraaaah....
     
Loading...

Share This Page