Sering gunakan tusuk gigi? Caritahu bahayanya disini!

Discussion in 'Health & Medical' started by prinawidia, May 24, 2017.

  1. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Ketika kita makan, ada banyak kemungkinan jika banyak makanan yang tersangkut di gigi. terutama pada gigi yang bolong. Banyak sekali yang bisa anda lakukan untuk mengatasi permasalahan yang satu ini seperti kumur-kumur, sikat gigi dan kebanyakan orang seringkali menggunakan tusuk gigi sebagai solusinya.

    [​IMG]

    Tetapi, sangat disayangkan sekali karena menurut para ahli, menggunakan tusuk gigi tidak sehat. Justru sebaliknya, para ahli mengatakan bahwa menggunakan tusuk gigi untuk mengambil sisa makanan yang tersangkut di gigi bisa menimbulkan bahaya. berikut ini adalah bahaya yang muncul dari penggunaan tusuk gigi.

    1. Gigi menjadi renggang

    Penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering dapat menyebabkan gigi menjadi renggang. Tidak hanya itu, tusuk gigi yang sering digunakan dapat membuat susunan gigi menjadi berantakan dan kurang rapi. Masalah abrasi juga bisa terjadi akibat dari kebiasaan buruk menggunakan tusuk gigi.

    2. Menimbulkan penyakit gusi

    Menggunakan tusuk gigi hanya untuk sekali bisa saja, tetapi apabila anda terlalu sering menggunakan tusuk gigi maka dapat memengaruhi gusi yang pada akhirnya jika tidak segera diobati bisa menyebabkan penyakit gusi yang parah.

    3. Menyebabkan gusi lecet

    Tusuk gigi yang terbuat dari kayu yang runcing, keras dan kaku bisa menyebabkan gusi menjadi lecet jika anda tidak terampil pada saat menggunakannya. Apabila gusi sudah lecet, dikhawatirkan hal tersebut dapat membuat masalah atau luka yang lebih serius entah itu pada gusi atau giginya itu sendiri.

    4. Kerusakan Enamel Gigi

    Enamel merupakan lapisan luar gigi. Lapisan ini mengandung 5 persen air dan 95 persen zat inorganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat) dan zat organik (protein dan mukopolisakarida). Enamel berfungsi untuk melindungi gigi karena bersifat sangat kuat. Tapi, kekuatan enamel pada gigi bisa berkurang bahkan rusak ketika kita terlalu sering membersihkan gigi pakai tusuk gigi yang tidak diketahui seberapa baik tingkat kebersihannya.

    Itulah 4 bahaya yang muncul akibat dari penggunaan tusuk gigi yang terlalu sering dan tidak benar. Semoga threadnya bermanfaat dan menambah pengetahuan anda ;)*hore*
     
  2. combomaxi

    combomaxi Member

    Joined:
    Apr 26, 2016
    Messages:
    41
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
  3. prinawidia

    prinawidia Active Member

    Joined:
    Feb 25, 2017
    Messages:
    1,371
    Likes Received:
    63
    Trophy Points:
    48
    Bagus kalau begitu gan :D*bagus*
     
Loading...

Share This Page