Mobil Keluarga Terbaik Seperti Apa Ya?

Discussion in 'Otomotif' started by vira, Mar 21, 2017.

  1. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Mobil keluarga serbaguina alias MPV tak bisa dipungkiri masih menjadi model kendaraan paling dicari oleh konsumen dalam negeri sejak berkembangnya industri otomotif nasional puluhan tahun silam sampai sekarang.

    [​IMG]

    Hal ini disinyalir menjadi dampak tidak langsung dari karakteristik masyarakat bangsa kita nan tercinta yang sangat suka bersosialisasi dan mempunyai jiwa kebersamaan tinggi, dengan demikian model kendaraan, dalam hal ini kendaraan pribadi, dengan kapasitas penumpang yang mampu memuat banyak penumpang cenderung lebih disukai karena sang pemilik bisa mengajak serta keluarga dan handai taulan, tetangga, rekan sejawat atau bahkan joki 3 in one (sebelum dihapuskan) yang lebih banyak dalam perjalanan mereka.

    Secara general ada tiga segmen dari kendaraan keluarga yang beredar di nusantara yakni low MPV, medium MPV dan High MPV. Segmen pertama adalah segmentasi terbesar yang menguasai sekitar 37 persen dari pasar otomotif nasional melaui berbagai produk diantaranya Avanza, Xenia, Ertiga, Mobilio atau Grand Livina.

    Untuk segmen menengah terdapat ikon dari kendaraan keluarga di tanah air yakni Kijang Innova kemudian ada juga Honda Freed serta Nissan Serena. Sementara kelas tertinggi dihuni oleh beberapa nama besar seperti Alphard dari Toyota, Honda Odyssey, Nissan Elgrand hingga Mercedes Benz V – Class.

    Lalu bagaimana memilih kendaraan yang tepat sesuai kebutuhan, sebagian konsumen telah menjatuhkan pilihan mutlak karena nama besar atau loyalitas pada brand tertentu, adapula yang berdasarkan faktor prestige namun ada baiknya untuk mempertimbangkan secara lebih mendasar sebelum memutuskan membeli sebuah moda transportasi yang sesuai untuk anda bersama keluarga seperti spesifikasi teknis, value for money yang terdiri dari harga mobil itu sendiri hingga resale valunya kelak serta ketersediaan jaringan untuk perawatan, perbaikan dan suku cadang.

    Beberapa Tips Penting Dalam Memilih Mobil Keluarga

    Yang pertama dalam memilih mobil keluarga pertimbangkan kebutuhan anda terlebih dahulu, akan difungsikan sebagai kendaraan untuk aktivitas sehari hari dalam kota atau perjalanan jauh luar kota. Lihat dari aspek validitas mulai dari platform dan sistem penggerak, umumnya ada dua jenis sistem penggerak yang digunakan pada kendaraan berjenis MPV yakni Front Wheel Drive (FWD) dan Rear Wheel Drive (RWD), namun beberapa MPV mewah seperti V Class 2014 terbaru juga telah menggunakan sistem 4 Wheel Drive atau All Wheel Drive layaknya sebuah SUV (Sport Utility Vehicle).

    RWD memiliki kelebihan dalam hal hentakan tenaga, stabilitas berkendara serta kemampuan manuver yang lebih baik karena sifatnya yang menggunakan konsep push system. Selain itu durabilitas mobil jenis ini rata rata lebih baik karena memiliki bobot yang lebih berat yang secara otomatis menyesuaikan dengan rancang bangun struktur yang lebih rigid.

    Namun karena meletakkan posisi penggerak dibelakang tentu membuat porsi untuk ruang interior berkurang yang tentu akan sedikit mengorbankan kenyamanan penumpang terutama dalam hal keleluasaan gerak, selain itu RWD membutuhkan suplai energi yang lebih besar yang tentu saja berakibat pada konsumsi BBM yang tidak lebih efisien dibanding mobil berjenis FWD.

    Sedangkan FWD menggunakan pull system dengan posisi mesin dan axle transmisi diletakkan pada satu titik dan karenanya akan memberikan ruang yang lebih luas pada sisi kabin dalam penumpang. Selain itu dengan bobot yang lebih ringan serta jarak antar penggerak ke mesin yang tidak jauh membuat kinerja mesin lebih efisien serta pemakaian bahan bakar jelas lebih irit.

    Namun kekurangannya terletak pada durabilitas terutama pada bagian kaki kaki serta handling atau pengendalian. Kesimpulannya, mobil dengan sistem FWD memang dibuat untuk anda yang mengutamakan kenyamanan terlebih bila dimaksudkan hanya untuk penggunaan di dalam kota saja dengan kondisi jalan yang relatif mulus.

    Berbicara kenyamanan tentu tak lepas dari interior kendaraan. Untuk itu telitilah atau setidaknya perhatikan material serta desain yang digunakan dalam ruang penumpang ini, bagaimana pengaturan jarak antar kursi atau ketinggian ke plafon.

    Cermati pula fasilitas yang disediakan serta kecocokannya dengan mobil itu sendiri, apakah MPV tersebut benar benar memadai dalam hal kelistrikan dan komponen pendukung lainnya.

    Yang terakhir tentu saja adalah perbandingan harga. Dalam hal ini kita perlu mengingat bila harga sangat berpengaruh pada kualitas, memang secara hirarki saja harga mobil Toyota Avanza, Honda Mobilio atau Suzuki Ertiga dari kasta Low MPV jelas lebih murah dibanding kelas lain diatasnya.

    Namun sangat disarankan jangan sembarang memilih yang murah saja, sekalipun ingin memilih product Low MPV ada baiknya performa, image dan kualitas purna jual dari brand atau APM dibelakang product disamping memudahkan saat ingin melakukan maintenance hingga repairing kendaraan, faktor purna jual ini juga akan sangat mempengaruhi resale value produk itu kelak.

    Demikian beberapa panduan yang bisa menjadi alasan memilih mobil keluarga, semoga bermanfaat dan menjadi referensi sebelum anda ingin membeli sebuah kendaraan untuk menemani rutinitas sehari hari maupun menikmati quality time bersama keluarga, sahabat, tetangga sebelah, teman arisan atau justru sobat Bersosial disini.
     
  2. bomen

    bomen Member

    Joined:
    Mar 22, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Mobil mpv sangat cocok untuk mobil keluarga ya dan bisa mengangkut banyak orangnya, tidak heran laris manis di Indonesia
     
  3. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    iyah agan benar sekali
     
  4. sahrul romadon

    sahrul romadon Member

    Joined:
    Apr 13, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    iya gan memang cocok kalo tipe mpv di pakai mobil keluarga.
     
  5. vira

    vira Member

    Joined:
    Oct 6, 2013
    Messages:
    156
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    muatnya banyak soalnya yaa
     
  6. sahrul romadon

    sahrul romadon Member

    Joined:
    Apr 13, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Gak hanya itu saja tapi kenyamanan pada mobil tipe mpv juga sangat perhitungkan, jadi jumlah penumpang banyak kenyamanan iya.
     
  7. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
  8. sahrul romadon

    sahrul romadon Member

    Joined:
    Apr 13, 2017
    Messages:
    39
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Nah bener inova nyaman dan enak jadi mobil keluarga.
     
    acepfitriadi likes this.
  9. acepfitriadi

    acepfitriadi New Member

    Joined:
    May 3, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Mobilio juga enak.. Irit lgi

    Sent from my vivo 1610 using Tapatalk
     
  10. mazubhan

    mazubhan New Member

    Joined:
    Apr 16, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Sayangnya udah jd taxi, jd turun derajatnya

    Sent from my Redmi 4 using Tapatalk
     
    acepfitriadi likes this.
  11. autodrive

    autodrive New Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kalau saya sih lebih prefer Toyota Avanza, soalnya irit dan cocok buat saya yang sering jalan-jalan bareng sama keluarga.
     
Loading...

Share This Page