Usaha Kue Kering : Tips Membuat Kue Kering Sendiri Di Rumah

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by akhdi, Mar 13, 2017.

  1. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Tips Membuat Kue Kering Sendiri Di Rumah

    Kue kering merupakan salah satu cemilan yang disukai orang banyak. Tips membuat kue kering pun saat ini semakin banyak dicari, khususnya bagi para pemula. Karena makanan ini sangat cocok unuk dihidangkan sebagai pelengkap minuman teh ataupun sebagai hidangan jamuan acara-acara spesial.

    Membuat kue kering ini sekilas kelihatannya mudah. Semua bahan dicampur lalu dibentuk dan dioven. Padahal prosesnya tak semudah itu, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui dan lakukan agar kue kering yang kita bikin tidak sekedar jadi, tapi juga memiliki rasa yang enak.

    Kita perlu memahami bahan dan karakternya karena itu akan membantu kita untuk bisa menciptakan kue kering yang lezat. Teknik pembuatan kue juga akan banyak menolong saat menemukan kegagalan sewaktu membuat kue kering.

    Berikut beberapa bahan utama dalam pembuatan kue kering:

    1.) Tepung

    Tepung merupakan salah satu komponen utama dalam pembuatan kue apapun. Tepung yang dipilih biasanya yang memiliki protein rendah atau tepung serbaguna. Selain tepung terigu, kita juga bisa memakai tepung ketan, tepung kanji, tepung jagung atau tepung maizena. Semua dipilih sesuai dengan jenis kue yang akan kita buat.

    Apapun tepung yang dipilih, fungsi utamanya yaitu untuk bisa membangun struktur kue dan sebagai pengikat bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan kue.

    2.) Gula

    Penggunaan gula ini sangat penting, karena ini yang membuat kue jadi terasa enak dan manis. Gula yang digunakan bisa berupa gula pasir, gula palem, tepung gula, dan brown sugar. Fungsi utamanya itu untuk memberi rasa manis dan memberi warna pada kue.

    Penggunaan gula halus dan gula kasar juga akan menghasilkan kue yang berbeda. Gula halus akan memudahkan kita dalam pembuatan kue karena cepat hancur. Kue yang dihasilkanpun teksturnya juga akan lebih halus, sebaliknya kie yang menggunakan gula kasar hasilnya kue akan terasa lebih renyah.

    3.) Lemak

    Baik lemak hewan (mentega) maupun lemak tumbuhan (margarine) bisa digunakan, tetapi minyak atau mentega putih juga baik untuk dibuat kue kering. Umumnya org mencampur mentega dan margarine, tujuannya bukan cuma menghemat biaya tetapi juga membuat kue tidak hancur.

    Lebih baik menggunakan mentega unsalted (tidak asin) karena aromanya lebih menonjol dan lebih kaya. Suhu mentega yang dipakai harus suhu ruang, kalau suhu mentega terlalu dingin atau terlalu panas hingga menjadi berminyak, udara tidak bisa masuk kedalamnya.

    4.) Telur

    Telur yang dipakai dalam pembuatan kue bisa berupa kuning telurnya, putih telurnya, atau keduanya. Kue yang menggunakan kuning telur saja hasilnya akan terasa lebih empuk, sementara kalau menggunakan putih telur saja tekstur kuenya akan terasa lebih keras.

    Penambahan telur ini berfungsi untuk memberi kelembapan, nilai gizi sekaligus membangun struktur kue. Telur juga sering dipakai utk memoles, untuk mengkilatkan kue.

    5.) Bahan lainnya

    Salah satunya bahan tambahan yang sering digunakan dalam pembuatan kue kering adalah susu bubuk (walau kadang dipakai juga susu cair, susu segar atau susu kental manis). Susu ini bertujuan untuk memberi rasa, aroma dan nilai gizi. Rempah-rempah juga sering ditambahkan untuk menambah aroma. Ada juga bahan tambahan lain seperti buah kering, coklat bubuk dan aroma (seperti pasta coklat, moka, esens buah-buahan).

    Selain itu, ada juga soda kue yang membuat ramah kue kering jadi gelap warnanya, dan juga baking powder yang akan membuat kue kering jadi terasa lebih renyah dan memperlebar kue kering.

    Tips – tips yang Perlu Diperhatikan Saat Membuat Kue Kering

    1. Selalu gunakan tepung terigu berprotein rendah atau sedang, pastikan tepung dalam kondisi kering, dan jangan lupa di ayak.
    2. Untuk resep kue dari tepung jagung, Anda bisa menambahkan 20% tepung maizena dari total berat tepung agar kue menjadi renyah. Kerenyahan dapat diperoleh dengan menyangrai tepung sebelum dimasukan dalam adonan.
    3. Tambahan 1 sendok makan susu bubuk dalam 500 gram tepung terigu agar kue menjadi gurih.
    4. Gunakan capuran margarin dan mentega agar diperoleh rasa yang lebih lezat dan aroma kue menjadi harum. Agar tetap ekonomis, ganti 25% total jumlah margarin dengan mentega.
    5. Jangan mengocok margarin terlalu lama. Adonan akan lembek sehingga sulit dicetak. Pengocokan dilakukan hanya sampai semua bahan tercampur rata.
    6. Pakai telur yang masih baru. Jika telur telah disimpan di dalam kulkas, keluarkan dan diamkan sampai tercapai suhu ruangan.
    7. Gantilah kuning telur mentah dengan kuning telur kukus yang dihancurkan. Hal ini akan menghasilkan kue kering renyah dan tidak melebar saat dioven.
    8. Jangan mengaduk adonan terlalu lama dan Hindari membuat kue kering lebih dari satu resep. Bila adonan lebih dari satu resep, adonan yang belum tercetak akan menjadi keras, akibatnya kue menjadi kurang renyah. Bila sudah telanjur mengocok adonan lebih dari satu resep, pisahkan adonan mentega dengan tepung terigu. Caranya, ambil sebagian adonan lalu tuangkan sebagian tepung terigu. Aduk rata lalu cetak/bentuk sesuai selera. Begitu seterusnya sampai adonan habis.
    9. Saat mencampur tepung terigu sebaiknya tidak sekaligus, karena kelembapan tepung terigu yang berbeda dapat membuat kue jadi keras atau tidak renyah.
    10. Jika adonan tetap lembek, jangan menambah tepung lagi. Bungkus adonan dengan plastik lalu simpan dalam lemari es 1-2 jam hingga adonan mengeras dan dapat dicetak.
    11. Untuk memanggang kue, gunakan loyang tipis 3-4 cm.
    12. Saat memanggang, beri jarak antar kue.
    13. Panaskan oven sebelum kue dimasukan agar kue matang sempurna.
    14. Saat kue sudah berwana keemasan dan kering tepinya, segera keluarkan dari oven. Saat kue panas, kue mungkin masih agak lunak di tengahnya, tapi ketika dingin kue akan mengeras sendiri.
     
    Rifa Firmansyah likes this.
  2. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
  3. akhdi

    akhdi Member

    Joined:
    Feb 28, 2017
    Messages:
    37
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    cobalah bikin kak :D:D:D
     
  4. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    iya kak nanti kalau ada waktu :D wkwk
     
  5. Kang Jaka

    Kang Jaka Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    211
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Menjelang lebaran tiba memang kue menjadi salah satu kuliner yang maling di cari mas bro
     
  6. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
    PALING mungkin bukan maling, Buahahaha
     
  7. mantaaf sekali infonya gan, jadi gak perlu beli kue ke toko, cukup bikin aja di rumah*keren2*
     
Loading...

Share This Page