Aktivitas Selama Umroh

Discussion in 'Tourism' started by farih shofi, Jul 22, 2016.

  1. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Aktivitas Selama Umroh
    Apa Saja Aktivitas Selama Umroh ??. Bagi sebagian Anda yang akan menjalankan Ibadah Umroh mungkin masih bertanya tanya apa sih aktivitas yang akan dilakukan selama menjalankan Ibadah Umroh di tanah suci. Walaupun mungkin hal ini telah di informasikan oleh para agen travel umroh namun sepertinya hal itu belum cukup menggambarkan suasana dan aktivitas selama Anda beribadah ditanah Haram.

    Aktivitas Selama Umroh para jamaah selama di tanah suci biasanya terbagi di dua kota, Madinah dan Mekah. Di Madinah selama 3-4 hari, begitu juga di Mekah hingga 4 hari, tergantung paket umroh yang telah anda Pilih.

    Aktivitas Selama Umroh
    [​IMG]

    • Aktivitas Umroh di Kota Madinah
    Aktivitas yang akan anda lakukan selama berada di Kota Madinah akan terkonsentrasi di Masjid Nabawi, masjid Nabawi ini merupakan masjid dari Rasullah SAW. Di dalam area masjid Nabawi ini terdapat sebuah makam manusia paling mulia di Dunia yang juga sekaligus kekasih Allah, yakni Makam Rasulullah SAW. Area tersebut disebut Roudhoh ditandai dengan karpet berwarna Hijau khas yang membedakan dengan area diluarnya. Area ini merupakan area mustajab untuk memanjatkan do’a kepada Allah swt. Tidaklah heran, roudhoh akan selalu ramai dan penuh oleh para jamaah selama 24 jam sehari tanpa henti.

    Masjid Nabawi merupakan Sebuah Masjid yang melambangkan keagungan sekaligus kelembutan seorang Rasul, bagi anda yang pernah kesana pasti anda akan bisa merasakannya. Setiap kali kaki menginjakkan pekarangan Nabawi, serasa Rasulullah tersenyum menyambut kita untuk sholat didalam masjid beliau, yang pastinya ini merupakan sebuah kenikmatan hati yang tidak akan pernah bisa didapat di tempat lain.

    Hari demi hari, jam demi jam, dan Detik demi detik akan sering dilalui didalam Masjid Nabawi, sebuah hal yang terasa lain yang boleh jadi tidak pernah kita lakukan saat di Indonesia, berlama lama didalam Masjid, namun itulah yang terjadi bila di Nabawi, waktu akan cepat berlalu karena hati kita larut dalam do’a, sholat, mengaji, bersimpuh, sujud, menangis, bersholawat yang semuanya itu akan membuat dada dan hati kita terasa lapang dan sejuk, pikiran akan menjadi tenang dan lapang.

    City tour (berkeliling kota) biasanya akan menjadi bagian dari paket travel umroh selama di Madinah. Melihat lihat kota Madinah dan kehidupannya, berkunjung ke kebun kurma, sholat di masjid quba, percetakan Al-Qur’an, Jabal Magnet, Jabal Rahmah, melewati Mina, dan masih banyak lagi tempat-tempat yang patut untuk dikunjungi selama di Madinah saat Rombongan Anda melaksanakan city tour.

    • Aktivitas Selama Umroh di Makkah
    Aktivitas Umroh sesungguhnya sebenarnya ada di kota Makkah, untuk itu selesai dari Kota Madinah, para rombongan jamaah umroh akan melakukan perjalanan menuju kota Makkah selama kurang lebih 6 jam perjalanan dengan menggunakan bus.

    Secara garis besar ibadah umroh sesungguhnya sangatlah sederhana dimana ibadah ini memiliki rukun umroh yaitu dimulai dari Miqot (Niat umroh), tawaf, Sa’i, tahallu (potong rambut), dan tertib atau bisa disingkat dengan IHTOSAKUR. Rangkaian rukun umroh tersebut rata rata akan memakan waktu 3 hingga 4 jam dalam kondisi normal, tidak terlalu tergesa gesa dan dijalankan dengan khusyuk.

    Setelah selesai melakukan rukun umroh selama 3-4 jam tersebut maka selesailah sudah rangkaian Aktivitas Ibadah Umroh Anda, Insya Allah teman muslim sah menjadi haji kecil, sebuah sebutan yang lazim disebut oleh masyarakat kita.

    Lalu bagaimana sisa waktu yang ada?, Aktivitas Selama Umroh sudah selesai?, sedangkan rata-rata keberadaan Anda di kota makkah adalah selama 3-4 hari. Seperti halnya di kota Madinah, di Makkah pun Anda akan disibukkan dengan ibadah di dalam Masjidil Haram dan city tour tergantung dari paket yang telah disiapkan oleh travel umroh yang anda ikuti.
     
  2. khazzanah22

    khazzanah22 New Member

    Joined:
    Aug 30, 2016
    Messages:
    12
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    setiap tempat di masjid alharam dan masjid nabawi dengan berbagai keutamaan nya membuat aktifitas ibadah yang dilaksanakan meski dengan durasi yang lama tetapi tetap membuat jamaah Umroh Mau berlama - lama melaksanakan nya ....
     
    farih shofi likes this.
  3. farih shofi

    farih shofi Member

    Joined:
    Jun 21, 2016
    Messages:
    111
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
    Betul sekali agan..*bagus*
     
    khazzanah22 likes this.
  4. aloy

    aloy Member

    Joined:
    May 1, 2015
    Messages:
    41
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    untuk aktifitas yang akan dilakukan saat di makkah maupun madinah sebaik nya mengikuti arahan tour leader demi mencegah kejadian yang tidak diinginkan karena pun bagaimana saat kita berada di negri lain dengan budaya peraturan dan kebiasaan yang berbeda kita harus abanyak mawas diri
     
  5. pajarpajrin

    pajarpajrin Member

    Joined:
    Aug 21, 2016
    Messages:
    202
    Likes Received:
    32
    Trophy Points:
    28
    Tiap baca konten tentang umroh jadi semangat pengen segera merasakannya... berkunjung ketempat suci di tanah suci ....
     
  6. Den Haji

    Den Haji New Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    13
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Aktifitas selama umroh sebaiknya dimanfaatkan untuk bermunajat kepada Allah SWT, agar segala dosa dan kesalahan kita Allah ampuni semuanya, dan memohon dibukakan pintu hidayah dan ilmu agar hidup kita selamat di dunia dan akhirat. Den Haji ikut mendo'akan. Aamiin.
     
  7. zuhrihasyim

    zuhrihasyim New Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Semoga kita semua bisa segera berziarah dan beribadah di tanah suci..
     
  8. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    menambah pengalaman buat ane gan,,, masih belum punya kesempatan,,, mohon doanya semoga bisa umroh bareng istri...
     
Loading...

Share This Page