Begini Cara Membuat Kue Kering Sagu Keju yang Enak dan Renyah!

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by Peluang Usaha Rumahan, Feb 19, 2017.

Tags:
  1. [​IMG]
    Bagi kalian yang suka ngemil,saat-saat menjelang hari raya Idul Fitri pasti merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu. Selain karena tiba saatnya berkumpul dengan keluarga besar, bermacam-macam jenis camilan biasanya datang silih berganti. Salah satu camilan yang menjadi favorit adalah kue kering sagu keju.


    Sekarang kalian tidak perlu lagi menunggu datangnya hari raya Idul Fitri untuk sekedar menikmati kue kering sagu keju, karena pada kesempatan kali ini penulis mau membagikan resep kue kering nikmat yang satu ini. Yuk simak ulasan artikel kali ini!


    Kue Kering Sagu Keju

    [​IMG]

    Kue jenis ini umumnya sering dijadikan cemilan karena sifatnya yang ringan. Itulah kenapa ketika menjelang hari raya atau hari-hari besar lainnya kue jenis ini sangat mudah ditemu di pasar. Kue ini sering dijadikan suguhan pada tamu, dan memang pada saat menjelang event-event besar tertentu permintaan terhadap kue jenis ini sangat tinggi.


    Umumnya kue kering yang dibuat seperti misanya nastar, kaaslengles kue putri salju dan lainnya dibuat dari tepung terigu sebagai bahan dasarnya. Pada kue sagu keju peran tepung terigu digantikan oleh tepung sagu sehingga rasa yang dimiliki jauh lebihrenyah dan nikmat. Selain itu adanya keju sebagai tambahan dalam adonan


    Kini anda tidak perlu menunggu hari raya Idul Fitri tiba untuk dapat menikmati kue yang enak tersebut. Berikut adalah bahan-bahan dan cara untuk membuat kue kering sagu keju.



    Resep Kue Kering Sagu Keju

    [​IMG]

    Estimasi dari adonan yang akan dibuat jika mengikuti takaran pada artikel ini akan menghasilkan sekitar 150 buah kue sagu keju, ini tergantung dari ukuran kue yang kalian buat nanti.



    Bahan Pertama:

    · 620 gram tepung sagu, sebagai alternatif bisa juga menggunakan tepung tapioka atau tepung garut atau ararut, arrowroot atau tepung gasol.

    · 5 lembar daun pandan segar, potong sepanjang 10 sentimeter.

    · 20 gram susu bubuk jenis full cream dengan merk apapun.

    · 200 gram keju edam parut atau bisa juga menggunakan keju cheddar lainnya


    Bahan Kedua:

    · 200 gram mentega dengan merk Wijsman atau anda bisa gunakan merk mentega lainnya yang tersedia seperti Anchor, Orchid, Hollman dan Elle n Vire.

    · 100 gram margarin dengan merk Blue Band atau bisa juga memakai 50 gram Hollman butter dan campur dengan 50 gram margarin.

    · 270 gram gula bubuk, sebaiknya blender gula pasir terlebih dahulu agar mendapatkan gula pasir yang halus.

    · 1 sendok teh vanilla ekstrak.

    · 1/4 sendok teh garam.

    · 100 mililiter santan kelapa kental instan.


    Bahan Ketiga:

    · 3 butir kuning telur ayam.


    Bahan Keempat:

    · Kacang mete yang sudah dicincang.

    · Keju yang telah diparut untuk topping pada kue,


    Cara Membuat Kue Kering Sagu Keju:

    • Langkah pertama siapkan tepung sagu, lalu pastikan kembali yang anda gunakan bukanlah tepung tapioka, namun tepung sagu.
    • Selanjutnya tuangkan tepung sagu ke dalam wajan, kemudian masukan juga daun pandan, sangrai sagu dan pandan dengan menggunakan api yang kecil sambil mengaduknya sampai daun pandan terlihat telah mengering.
    • Apabila sudah, angkat lalu dinginkan tepung sampai tepung benar-benar dingin. Jangan lupa untuk membuang daun pandannya, bila perlu kalian dapat mengayak tepung agar menyaring daun pandan yang hancur (jika daun hancur).
    • Siapkan wadah yang cukup besar dan masukkan margarin dan mentega butternya, lalu kocok dengan mixer hingga tercampur merata dan warnanya menjadi putih.
    • Selanjutnya masukkan gula yang telah dihaluskan, lalu mixer lagi. Jika sudah tercampur masukkan kuning telur, mixer lagi hingga merata.
    • Pada tempat berbeda masukkan tepung sagu yang tadi telah disangrai, kacang mete dan keju parut, lalu campur kedua bahan tersebut hingga rata kemudian campur dengan adonan pertama.
    • Bila sudah masukan santan dan garam sambil diaduk kembali hingga bahan merata.
    • Jika sudah, masukan adonan ke dalam plastik contong agar dapat membentuk adonan, lalu semprotkan pada loyang hingga habis. Perlu diingat, sebelumnya olesi loyang dengan mentega dan tepung tipis-tipis agar tidak lengket.
    • Terakhir, siapkan oven pada suhu 150 derajat celcius. set oven dengan api atas dan bawah dan panggang hingga matang.
     
    Last edited by a moderator: Feb 19, 2017
  2. zuhrihasyim

    zuhrihasyim New Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Bagi yang tekun dan serius memang usaha tersebut sangat menjanjikan..
    thanks sharingnya..
     
Loading...

Share This Page