5 Makanan Ini Bisa Membantu Mengobati & Mencegah Asam Lambung

Discussion in 'Health & Medical' started by Fitria Nursalis, Jan 28, 2017.

  1. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Penyakit asam lambung tinggi dapat timbul karena kelebihan HCl. Produksi HCl ini dapat dipicu oleh makanan dan minuman, misalnya makanan pedas, alkohol, kopi, dan nikotin. Selain itu, juga dapat dipicu oleh tekanan pikiran (stress) dan bakteri Helicobacter Phylori. Asam lambung yang berlebihan ini dapat mengikis dinding lambung, gejala penyakit ini biasanya nyeri dibagian dada.

    Apabila terjadi peningkatan asam lambung yang memiliki sifat asam yang korosif atau mengikis pada dinding lambung, maka lama kelamaan akan menimbulkan peradangan, iritasi dan luka pada dinding lambung. Apabalia kondisi lambung tersebut tidak segera dipulihkan, maka akan membuat penyakit asam lambung menjadi kronis dan bahkan dapat menyebabkan kanker lambung.

    Berikut adalah 5 makanan yang bisa membantu mengobati dan mencegah asam lambung

    1. Madu

    Madu bisa memerangi bakteri. Rumah sakit dan klinik terkadang mengoleskan madu pada luka bakar dan luka terbuka lainnya. Tak hanya memerangi bakteri pada kulit, madu juga bisa menaklukkan H. pylori.

    Para peneliti dari Selandia Baru telah menguji madu yang berasal dari bunga Manuka pada bakteri penyebab asam lambung. Mereka menemukan madu tadi menekan perkembangbiakkan bakteri.

    2. Sayuran hijau

    Brokoli, brussel sprouts, kembang kol, dan kale bisa mencegah naiknya asam lambung. Sayur-sayuran tadi mengandung sulforaphane, senyawa yang bisa memerangi H. pylori.

    Dalam suatu studi, pasien yang positif memiliki bakteri tadi diminta untuk memakan setengah gelas brokoli dua kali sehari selama seminggu. Tujuh puluh delapan persen dari pasien tadi kemudian dites dan mendapatkan hasil negatif untuk bakteri H. pylori.

    3. Kol

    Para peneliti menilai, mungkin karena kol memiliki asam amino glutamin di dalamnyalah yang membuat sayuran ini efektif memerangi asam lambung. Glutamin membantu memperkuat lapisan mucosal di dalam usus, dan meningkatkan aliran darah di perut.

    Kedua hal tadi tidak hanya akan mencegah nyeri asam lambung sekaligus penyakit maag, tapi juga mempercepat sembuhnya rasa nyeri yang sudah ada.

    4. Yogurt dengan bakteri aktif

    Makanan seperti yogurt dan kefir memiliki bakteri baik yang bisa mengalahkan H. pylori, dan bisa membuat nyeri asam lambung dan maag sembuh lebih cepat.

    Dalam suatu studi besar di Swedia, orang-orang yang meminum produk susu fermentasi, seperti yogurt, tiga kali seminggu, lebih kecil kemungkinannya terserang asam lambung.

    5. Makanan berserat

    Buah-buahan, sayur, atau gandum utuh mengandung kadar serat yang tinggi. Serat tak hanya bisa memperlancar pencernaan, tapi juga bisa mencegah maag dan asam lambung.

    Beberapa penelitian telah menemukan, orang yang mengonsumsi diet tinggi serat, memiliki risiko lebih kecil terkena asam lambung.
     
  2. T.Guharto

    T.Guharto Member

    Joined:
    Jan 31, 2017
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    Sangat bermanfaat sekali, terima kasih artikelnya den
     
  3. Lisa nitaria

    Lisa nitaria New Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    39
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    ada yang bahas diet tinggi serat secara detail nggak ya di sini???
     
Loading...

Share This Page