Cara Cepat Hilangkan Iritasi Pada Pantat Bayi

Discussion in 'Health & Medical' started by okylakyla, Jan 2, 2017.

  1. okylakyla

    okylakyla Member

    Joined:
    Dec 28, 2016
    Messages:
    93
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Cara Cepat Hilangkan Iritasi Pada Pantat Bayi
    [​IMG]
    Ruam Popok merupakan peradangan yang terjadi di area yang tertutup popok, seperti sekitar alat kelamin, pantat, dan pangkal paha bagian dalam, biasanya berwarna kemerahan disertai lecet-lecet ringan dan gatal. Umumnya bayi yang terkena ruam popok akan menjadi lebih rewel terutama saat anda menggantikan popoknya. Hal ini berikut dengan berbagai tanda dan gejala ruam popok pada bayi yang mudah dikenali menunjukkan bahwa ruam popok bisa ditangani dirawat pada tahap awal, sehingga bisa disembuhkan dengan cepat, efektif dan tuntas.

    Jika bayi telah mengembangkan ruam popok, ada banyak hal sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengobati ruam popok bayi dan merawat kulit bayi. Berikut beberapa cara mengatasi ruam popok bayi.

    Menjaga kebersihan area popok

    Ruam popok disebabkan oleh bakteri yang terdapat dalam air seni atau tinja, dan bakteri yang sama ini akan memperburuk atau memperlambat penyembuhan jika diabaikan. Menjaga bayi tetap bersih dan kering akan mencegah ruam popok menyebar dengan cepat. Jika menggunakan popok kain, sering-sering cek kondisi popok dan ganti segera kalau popoknya kena pipis atau pup. Jika memakai popok sekali pakai, ganti popok bayi beberapa jam sekali dan tentunya setiap kali ia pup agar kulit yang teriritasi tetap kering dan dapat bernapas. Bersihkan area popok dengan air yang mengalir pada saat mengganti popoknya. Hindari menggosok kulit bayi yang terkena ruam popok. Keringkan area popok dengan cara menepuk - nepuk permukaan kulit dengan handuk lembut. Angin-anginkan sebentar sebelum memakaikan popok yang baru.

    Mengganti merek popok bayi (diapers)


    Cara mengatasi ruam popok bayi berikutnya adalah dengan mengganti merek popoknya. Gesekan antara kulit bayi dengan popok tidak dapat dihindari. Kalau anda menggunakan popok sekali pakai, mengganti popoknya dengan merk yang berbeda yang tidak menggunakan pewangi atau zat tambahan lainnya mungkin bisa membantu dalam penanganan ruam pokok , terutama jika ruam bayi anda merupakan gejala alergi pada pospak.

    Minimalisi pemakaian popok sekali pakai

    Jika memungkinkan, batasi pemakaian pospak hanya pada saat bepergian atau pada malam hari. Lebih baik lagi, jika anak anda berkesempatan untuk bermain di luar atau pada permukaan yang bersih dan sudah dilap kering, anda mungkin bisa membiarkan bayi anda tanpa popok untuk beberapa waktu karena aliran udara di sekitar area popok akan mempercepat penyembuhan ruam popok .

    Hindari penggunaan bedak

    Penggunaan bedak di area popok tidak dianjurkan apalagi jika bayi sudah mengembangkan ruam popok.

    baca lebih lengkap klik disini cara mengobati ruam popok pada bayi
     
  2. asmaraganteng

    asmaraganteng Member

    Joined:
    Jun 1, 2014
    Messages:
    47
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
  3. okylakyla

    okylakyla Member

    Joined:
    Dec 28, 2016
    Messages:
    93
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page