Mahasiswa dan Fungsinya dalam Masyarakat

Discussion in 'Education' started by Fadli Hafizulhaq, Dec 8, 2016.

  1. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Mahasiswa adalah salah satu bagian dari masyarakat intelektual. Sebagai masyarakat terdidik, tentu saja mahasiswa mengemban amanah atau tugas yang besar. Belum lagi, mahasiswa yang rata-rata adalah anak muda merupakan generasi harapan bagi keluarga dan lingkungannya. Untuk memenuhi semua tuntutan itu, seyogyanya mahasiswa dapat memenuhi bebe peranan dan fungsi.

    Peranan dan fungsi mahasiswa tersebut adalah sebagai berikut:

    Agent of Change
    Agen of change berarti agen perubahan. Fungsi yang satu ini adalah fungsi yang paling sering digadang-gadang oleh mahasiswa. Mereka selalu bangga dengan sebutan mahasiswa sebagai agent of change meskipun (mungkin) tidak terlalu paham dengan esensi dari maksud fungsi yang satu ini. Dari namanya, agen perubahan berarti segolongan orang yang diharapkan dapat membawa perubahan bagi sekitarnya, minimal pada keluarganya. Jika ada yang salah, maka mahasiswa harus mengubah kesalahan itu dan memberikan contoh yang benar. Itulah esensi dari agen perubahan itu. Semoga dengan perubahan-perubahan kecil itu dapat menjadi awal peruabahan yang besar.

    Social Control
    Selain sebagai agen perubahan, mahasiswa juga memiliki peranan sebagai social control atau kontrol sosial. Maksudnya adalah mahasiswa dapat menjadi pengontrol kehidupan sosial bermasyarakat. Ketika ada yang salah dengan sosial masyarakat maka mahasiswa harus membenarkannya. Adapun kesenjangan-kesenjangan sosial yang terjadi di tengah masyarakat, mahasiswa wajib untuk meluruskannya kembali.

    Moral Force

    Peran mahasiswa selanjutnya adalah sebagai moral force. Dengan kata lain sebagai pejuang moral. Karena memiliki fungsi sebagai pejuang moral maka hendaknya mahasiswa memiliki moral yang baik. Akhlak yang baik. Sehingga ketika mereka sudah baik maka mereka dapat mengajak masyarakat menjadi baik juga.

    Iron Stock
    Fungsi yang tak kalah penting lainnya dari mahasiswa adalah keberadaan mereka sebagai iron stock, artinya adalah menjadi generasi harapan yang akan membawa kemajuan dan perbaikan bagi keluarga, agama dan bangsa nantinya.

    Nah, itulah beberapa fungsi dari mahasiswa yang benar-benar harus dipahami oleh mahasiswa itu sendiri. Dengan memahami fungsi-fungsi ini maka seorang mahasiswa dapat menjadi mahasiswa sejati.

    Sumber: Inilah Fungsi Mahasiswa dalam Masyarakat
     
  2. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    387
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    kok ak malah sebaliknya ini ya.. cenderung introvet dan sensitif dengan lingkungan.. :(
     
  3. Fadli Hafizulhaq

    Fadli Hafizulhaq Member

    Joined:
    Nov 23, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    8
    Mungkin perlu sedikit belajar menjadi ekstrovert gan :D
     
  4. Yundar

    Yundar Member

    Joined:
    Feb 18, 2016
    Messages:
    387
    Likes Received:
    42
    Trophy Points:
    28
    ga tau gan, ada banyak orang tua yang kritis sama anak mudanya.. jadi malah pada takut.. :(
     
Loading...

Share This Page