Kumpulan Contoh Resensi Buku Non Fiksi pengetahuan Yang benar beserta penulisnya dan kelebihannya

Discussion in 'Education' started by penulisngapak, Oct 26, 2016.

  1. penulisngapak

    penulisngapak New Member

    Joined:
    Sep 5, 2016
    Messages:
    8
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Google+:
    Contoh Resensi Buku Non Fiksi – Pernahkah anda mendengar kata resensi? Kata resensi sering dipergunakan ketika seseorang sedang membicarakan tentang penerbitan novel ataupun buku

    Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, resensi merupakan pembicaraan ulasan atau buku mengenai sebuah buku. Isi didalam sebuah resensi novel atau buku ialah bahasan singkat dan jelas yang memberikan penjelasan dan pendapat mengenai buku atau novel tersebut.

    Dalam meresensi sebuah buku atau novel berarti sudah menilai dan membicarakan kembali isi buku tersebut sesuai dengan pemikiran kamu. Sebenarnya menulis resensi bertujuan untuk memberikan informasi buku yang telah diulas kepada masyarakat luas.

    Selain itu, meresensi sebuah buku atau novel bertujuan untuk menyampaikan kepada pembaca tentang sebuah buku yang dibuat penulis. Apakah buku atau novel tersebut mempunyai nilai lebih atau tidak.

    Ketika kamu sudah memahami tujuan dari meresensi buku, selanjutnya kamu harus mengetahui unsur-unsur apa saja yang harus diperhatikan dalam meresensi sebuah buku atau novel.

    Ada dua unsur yang wajib diperhatikan adalah unsur ekstrinsik dan unsur intrinsik. Beberapa unsur intrinsik yang harus diperhatikan adalah penokohan, tema, alur, gaya bahasa, amanat, dan latar.

    Sedangkan yang termasuk kedalam unsur ekstrinsik adalah latar belakang pengarang, pandangan hidup pengarang, dan situasi sosial.

    Setelah kamu memahami unsur-unsur ini, kamu akan dengan mudah meresensi sebuah buku atau novel. Berikut adalah beberapa contoh resensi buku non fiksi :

    Contoh Resensi Buku Non Fiksi yang Baik dan Benar Serta Lengkap
    • Contoh Resensi Buku Non Fiksi Umum
    [​IMG]

    Identitas Buku
    Judul Buku : Tips & Trik Jago Main Rubik
    Penulis Buku : Wicaksono Hadi
    Penerbit Buku : Gradien Mediatama
    Cetakan : 1, 2009
    Tebal Buku : 184 halaman


    Sinopsis :

    Rubik merupakan permainan puzzle mekanik berbentuk kubus yang mempunyai enam warna yang berbeda di setiap sisinya. Ditemukan di tahun 1974 oleh Profesor Erno Rubik.

    Profesor Erno Rubik adalah seorang arsitek dan pemahat asal Hungaria. Dengan waktu yang tidak lama, rubik menciptakan sensasi Internasional. Setiap orang ingin memilikinya dan memainkannya.

    Demam ini menjalar baik pada anak-anak maupun orang dewasa. Ada sesuatu yang memikat pada kubus kecil ini. Ia mempunyai konsep yang serhana, elegan, namu secara mengejutkan sangat sulit untuk diselesaikan.

    Satu per satu kompetisi tingkat lokal diadakan untuk berlomba dalam menyelesaikan permainan rubik. Diantaranya adalah United Kingdom Rubik’s Cube Championship (Desember 1981), American Rubik’s Cube Championship (November 1981), Canada Rubik’s Cube Championship (Maret 1982).

    Puncaknya adalah pada bulan Juni 1982 untuk pertama kalinya diselenggarakan Rubik’s Cube World Championship di Budapest, dimana orang-orang dari berbagai negara dipertemukan oleh permainan rubik.

    Kejuaraan tersebut dimenangkan oleh pelajar Vietnam yang baru berumur 16 tahun dengan catatan waktu hanya 22,95 detik. Suatu prestasi yang luar biasa sekali.

    Ketertarikan publik pada permainan rubik mulai memudar menjelang tahun 1990-an. Orang-orang sudah terlalu kesal saat mencoba menyelesaikan tapi tak kunjung berhasil.

    Sebagian orang lebih tertarik dengan kehadiran video game elektronik pada saat itu. Namun hingga hari ini, lebih dari 30 juta rubik telah terjual, menjadikannya sebagai permainan puzzle terlaris di Dunia sepanjang masa.

    Dengan kemunculan internet, rubik akhirnya bangkit. Pada tahun 2000-an, petunjuk untuk bisa menuntaskan rubik dapat ditemukan di internet dengan mudahnya. Demam rubik pun kembali melanda untuk kedua kalinya.

    Puncaknya terjadi pada tahun 2003, ketika di Canada World Championship yang kedua diadakan . Rubik dipandang sebagai permainan yang positif, melatih motorik, daya ingat, serta mampu mendorong pemainnya untuk menjalin komunitas dan berkompetisi secara sehat.

    Kelebihan dan Kekurangan Contoh Resensi Buku :

    Kelebihan : Buku ini mempunyai banyak gambar yang menarik, penjelasannya lebih terperinci dan jelas, serta terdapat indeks untuk kata-kata yang sulit dimengerti.

    Kekurangan : Masih terdapat beberapa kata yang sulit dimengerti dan tidak terindeks pada bagian indeks.

    Contoh Resensi Buku Non Fiksi Pengetahuan
    [​IMG]

    Identitas Buku

    Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan
    Penulis Buku : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd
    Penerbit Buku : Alfabeta, CV
    Cetakan : II
    Tebal Buku : 183 halaman
    Tahun Terbit : 2004

    Sinopsis Resensi Buku :

    Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan.

    Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain. Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain.

    Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan.

    Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.

    Kelebihan dan Kelemahan Contoh Resensi Buku
    Kelebihan : Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.

    Kekurangan : Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.



      • Contoh Resensi Buku Non Fiksi Singkat
    [​IMG]

    Identitas Buku

    Judul Buku : Agar Menulis-Mengarang Bisa Gampang

    Pengarang Buku : Andrias Harefa

    Tahun Terbit : 2002

    Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama

    Halaman : I-IX + 103 halaman

    Sinopsis

    Aktivitas menulis sering kali dikaitkan dengan bakat yang dimiliki oleh seseorang. Tidak selamanya bakat bisa membuat aktivitas tulis menulis menjadi selancar dan semudah apa yang kita bayangkan.

    Berulang kali pakar ahli menyatakan bahwa menulis adalah pelajaran dasar yang sudah kita peroleh semenjak dibangku sekolah dasar dan bahkan di taman anak-anak.

    Dengan kata lain, mengarang adalah keterampilan ketika sekolah dasar. Namun, sering kali ketika kita hendak menuangkan ide-ide dalam bentuk tulisan, kata “bakat” selalu dijadikan sebagai kambing hitam yang selalu dipersalahkan.

    Mengarang bukanlah pekerjaan yang mudah. Namun, juga bukan merupakan suatu hal yang sulit untuk dikerjakan. Jika komitmen itu senantiasa dijaga, maka proses menulis dan mengarang menjadi lebih mudah.

    Komitmen tersebut adalah janji pada diri sendiri bahwa saya akan menjadi seorang penulis yang hebat. Jadi, menulis itu enggak perlu mempunyai bakat. Sebab bakat tidak lebih dari minat dan ambisi yang terus menerus dikembangkan.

    Kelebihan dan Kekurangan Contoh Rensensi Buku

    Kelebihan : Materi yang terkandung dalam buku ini memberikan semangat pada pembaca untuk dapat berkarya, yaitu dengan cara menulis dan mengarang. Buku ini juga mampu menyajikan ide-ide yang kreatif dan motivas-motivasi didalam proses belajar menulis dan mengarang.

    Kekurangan : Secara implisit buku ini ditulis secara asal dan terkesan mahal.



      • Contoh Resensi Buku Non Fiksi Cewek Smart
    [​IMG]

    Identitas Buku

    Judul Buku : Cewek Smart

    Pengarang Buku : Ria Fariana

    Penerbit Buku : Gema Insani

    Kota Terbit : Jakarta

    Tahun Terbit : 2008

    Tebal Buku : 200 halaman

    Sinopsis

    Buku memang dirancang untuk membantu remaja perempuan agar dapat menyikapi permasalahan yang terjadi disekitar kita. Buku ini juga mengupas bagaimana menjadi seorang perempuan yang cerdas dan mempunyai kepribadian yang baik sesuai syariat Agama Islam.

    Perempuan yang pintar dan cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dapat menggunakan kecerdasannya untuk menambah keimanannya. Perempuan cerdas tidak dapat diukur dari seberapa tinggi nilai di dalam raportnya.

    Tetapi bagaimana caranya ia mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam hidupnya dengan tolak ukur tertentu yang penuh tanggungjawab.

    Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar menjadi seorang perempuan yang sholeha. Bagaimana sih menjadi perempuan yang cerdas sesuai syariat ? Apa perlu perempuan itu harus centil ?

    Kita enggak perlu yang namanya pacaran. Semuanya bermuara pada sejumlah nasehat sederhana dan praktis yang dapat membantu untuk menyikapi suatu permasalahan.

    Buku ini mampu memabantu menyadarkan remaja perempuan untuk bersikap sesuai syariat Agama Islam. Dengan membaca buku ini, kamu dapat merenungkan mana yang seharusnya dilakukan dan yang tidak dilakukan.

    Di buku ini terdapat banyak kata-kata bijak seperti “Islam mendorong perempuan untuk cerdas agar ia tidak muda di bodohi oleh siapapun”.

    Kelebihan dan Kekurangan Contoh Rensensi Buku
    Kelebihan : Dapat menuntun remaja perempuan zaman sekarang untuk hijrah ke jalan yang benar sesuai syariat Agama Islam. Bahasa buku ini mudah sekali untuk dipahami, karena bahasanya merupakan bahasa yang populer dan gaul. Cover buku ini juga sangat menarik dengan kartun yang lucu dan penuh warna yang menambah nuansa keistimewaan buku ini.

    Kekurangan : Buku ini sangat sedikit penjualannya dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih bewarna hitam putih.


    Terimakasih sudah membaca dan menshare artikel ini. Semoga dapat bermanfaat untuk anda.
     
    Last edited by a moderator: Oct 28, 2016
  2. ani125

    ani125 Member

    Joined:
    Jun 26, 2015
    Messages:
    191
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
Loading...

Share This Page