3 Poin Penting Agar Usaha Kecil Cepat Berkembang

Discussion in 'Usaha Kecil Menengah' started by firda63, Oct 21, 2016.

  1. firda63

    firda63 Member

    Joined:
    Dec 19, 2015
    Messages:
    760
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Disaat anda memilih menjadi seorang wirausaha daripada harus menjadi jobseekers adalah suatu pilhan yang bijak. Bagaimana tidak, setinggi apapun jabatan seseorang diperusahaan tetaplah hanya seorang karyawan, namun sekecil apapun usaha mu, kamu adalah seorang pemimpin (bos).Apapun jenis usaha yang dirintis, anda juga harus siap memperluas jangkauan demi meningkatkan keuntungan serta mengembangkan usaha kecil menjadi usaha yang begitu besar. Namun, sebelum mengambil langkah tersebut, ada beberapa point-point penting yang perlu dipertimbangkan. Berikut point-point yang berharga untuk mengembangkan usaha.


    Poin Pertama, rencanakan keuangan. Mengamati arah pergerakan keuangan memungkinkan Anda untuk memastikan jumlah dan jenis investasi yang anda perlukan untuk mengembangkan usaha skala kecil menjadi skala besar.Buatlah catatan keuangan secara terperinci dan perhatikan semua pengeluaran dan pemasukan usaha anda. Membiayai usaha sendiri selama mungkin adalah langkah yang tepat dibanding investasi dari pemodal ventura atau angel investor sejak dini dapat mengalihkan fokus perhatian pengusaha.

    Poin Kedua, belajar negosiasi. Dalam dunia bisnis mengikuti permintaan investor (apabila anda menggunakan investor demi pengembangan usaha) tampak sebagai langkah yang tepat, anda harus tetap mengevaluasi ssecara saksama kesesuaian antara kebutuhan bisnis dengan tujuan pihak lain yang berkepentingan. Kemampuan mengenali tujuan investor dengan jelas akan menempatkan anda pada posisi yang tepat untuk berkompromi sesuai kebutuhan, dan di saat yang sama, memegang teguh prinsip bisnis yang akan membawa anda di posisi kesuksesan kelak.Hal yang lebih penting lagi, ingatlah untuk menunjukkan rasa hormat dan pengertian pada pihak lain selama bernegosiasi. Memikirkan keuntungan bagi semua pihak, tidak hanya bagi diri sendiri, akan membantu kedua belah pihak menjaga hubungan kerja sama yang positif dan produktif.

    Poin Ketiga, perlunya mengakumulasi pengeluaran uang sekecil apapun. Biaya-biaya yang tampaknya kecil mempunyai kecenderungan terakumulasi dan membebani usaha dengan tagihan besar yang harus dilunasi. Perhatikan baik-baik pengeluaran seperti ini, yang meliputi biaya-biaya kecil dalam usaha, pembelanjaan kas kecil, tunggakan tagihan. Merencanakan pengeluaran pertiga bulanan akan membantu mengendalikan keuangan usaha dengan baik, mengantisipasi pengeluaran di masa depan yang belum timbul, dan menjamin keuangan usaha anda bernilai positif.Sewaktu pengeluaran-pengeluaran kecil ini terakumulasi dan membebani keuangan perusahaan (dan akhirnya akan demikian), sikapilah dengan rasional dan ambil pelajaran positif dari pengalaman ini. Mengingat dengan baik titik pemicu dan dampak yang diakibatkannya akan membantu anda mencegah hal ini terulang kembali.

    Jadi, untuk pengembangan usaha tak hanya masalah dana, namun strategi-strategi khusus bagi setiap pelaku usaha.
     
  2. Nagita Candra

    Nagita Candra Member

    Joined:
    Sep 29, 2016
    Messages:
    31
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    paling setuju dengan poin kedua belajar negosiasi, aku baca buku judul 37 taktik negoisasi yang sangat bagus :)
     
  3. Nulife

    Nulife Member

    Joined:
    Oct 26, 2016
    Messages:
    73
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Google+:
    jangan lupa promosi mbak... marketing kita juga sangat berpengaruh terhadap bisnis kecil yang kita jalani
     
  4. shinichiozy

    shinichiozy Member

    Joined:
    Mar 31, 2016
    Messages:
    59
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    harusnya yg pertama kualitas produk mbak,,, sebagus apapun promosi kalo produkx jelek ya g ngeh... just saran
     
  5. Sugeng Ginanjar

    Sugeng Ginanjar Member

    Joined:
    Nov 18, 2016
    Messages:
    213
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
  6. Squline Media

    Squline Media Member

    Joined:
    Oct 20, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    bener gan, jangan sampe lupa promosiin
     
  7. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    Bener tuh promosi.. Untungnya hidup di zaman sekarang canggih ada media sosial yang sangat membantu. nggak usah susah susah pasang sepanduk atau sebar brosur.
     
Loading...

Share This Page