Pencegahan dan Pengobatan Gagal Jantung

Discussion in 'Health & Medical' started by Achmad Try, Oct 28, 2016.

Tags:
  1. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Yang dimaksud dengan gagal jantung adalah berhentinya sirkulasi darah normal disebabkan bagian vertikel jantung tidak bisa melakukan kontraksi secara efektif pada saat terjadi tekanan darah systole. Akibat gagalnya jantung melakukan sirkulasi darah secara normal ini, terjadinya kekurangan darah dan kematian sel akibat kekurangan oksigen.

    Salah satu fungsi darah adalah menyerap oksigen dan mengedarkan ke seluruh tubuh. Akibat gagal jantung yang tidak bisa melakukan sirkulasi darah secara normal ini juga akan menyebabkan otak mengalami kekurangan kiriman oksigen sehingga bisa membuat pasien tidak sadarkan diri bahkan nafas bisa berhenti dengan tiba-tiba.

    Gagal jantung memang sangat berbahaya. Gagal jantung bisa terjadi pada bagian tertentu saja di dalam jantung seperti bagian kiri jantung ataupun pada sebagian kanan jantung saja.

    Untuk memahami kenapa bisa terjadi gagal jantung, harus diketahui pula bagaimana kinerja jantung secara normal tersebut. Ruang jantung terbagi menjadi empat ruang utama yaitu serambi kiri dan kanan, yang bagian ini dipisahkan oleh septum intratrial, lalu bagian bilik kiri dan bilik kanan yang kedua bagian ini dipisahkan oleh septum interventrikular.

    Jantung bekerja tanpa berhenti untuk memompa darah secara terus-menerus, sehingga darah bisa tersebar ke seluruh tubuh. Pada saat darah mengalir, darah membawa oksigen yang diperlukan oleh bagian-bagian organ tubuh lain termasuk ke bagian otak.

    Dinamakan gagal jantung atau dalam istilah ilmiahnya heart failure atau cardiac failure, bilamana jumlah darah yang berhasil dipompa oleh jantung pada setiap menit, tidak memenuhi seluruh kebutuhan normal untuk melakukan metabolisme tubuh. Karena itulah keadaan darurat medis ini dinamakan gagal jantung.

    Akibat dari jantung tidak berhasil maksimal memompa jantung agar curah jantungnya normal, bisa menyebabkan tidak berfungsinya sel jantung sehingga tidak bisa melakukan pembersihan kalsium yang terdapat di dalam sitoplasma. Gagal jantung ini juga bisa menyebabkan defisiensi reticulum sarkoplasma. Apabila penyakit gagal jantung dibiarkan, dalam beberapa menit bisa menyebabkan kematian. Dengan demikian yang harus segera dilakukan pada pasien penderita gagal jantung adalah tindakan cardiopulmonary resuscitation.

    Gagal jantung pada bayi atau anak-anak yang dikenal dengan gagal jantung kongestif, termasuk penyakit gawat darurat yang sering dijumpai tenaga medis di manapun. Gejala dan keluhannya sangat bermacam-macam, sehingga seringkali didiagnosis penyakit lain padahal sesungguhnya sedang terjadi gagal jantung alias kondisi dimana jantung tidak bisa memompa darah secara optimal untuk memenuhi keperluan tubuh secara normal.

    Pencegahan dan Pengobatan Gagal Jantung

    Mencegah lebih baik daripada mengobati. Prinsip ini berlaku juga untuk penyakit gagal jantung. Sehebat-hebatnya pengobatan gagal jantung, tentu saja tidak akan bisa mengembalikan kesehatan jantung seratus persen. Namanya juga pernah terserang gagal jantung.

    Namun jauh-jauh hari sebaiknya Anda sudah mulai memerhatikan kesehatan jantung ini dengan seksama, ada gejala atau pun tidak merasakan gejala apa pun. Berhenti merokok bila Anda seorang perokok, adalah tindakan bijaksana bilamana Anda memang peduli dengan kesehatan jantung Anda.

    Selain itu beberapa langkah penting dalam hal menjaga kesehatan jantung adalah dengan cara rajin ber olahraga, menghindari makanan berlemak dan secara umum mengatur pola hidup yang lebih teratur.

    Dalam buku Smart Healing karangan Dr. Mohammad Ali Toha Assegaf, dibahas tentang bagaimana mengatur pola hidup yang baik secara umum, yang apabila dilaksanakan setahap demi setahap, Anda akan merasakan sebuah perubahan yang signifikan dengan kesehatan Anda.

    Namun apabila Anda pernah mengalami gagal jantung dan sekarang telah merasa pulih, memeriksakan kondisi jantung anda dan kesehatan secara umum kepada dokter secara rutin, merupakan langkah bijaksana, baik ketika dirasakan ada keluhan maupun dalam kondisi sedang tidak ada keluhan apa pun.

    Begitu pula bagi Anda penderita tekanan darah tinggi, kolesterol, dan kencing manis, memeriksakan kesehatan dan kondisi jantung Anda sangat dianjurkan agar jangan sampai terjadi gagal jantung yang disebabkan atau di picu oleh penyakit-penyakit degenerative tadi.

    Untuk mengobati pasien penderita gagal jantung, ada tiga langkah utama yang akan dilaksanakan dokter dan tim medis yaitu pengobatan terhadap gagal jantung itu sendiri, lalu pengobatan terhadap faktor pencetus, dan pengobatan terhadap penyakit yang mendasari terjadinya gagal jantung.

    Langkah-langkah dalam pengobatan penyakit gagal jantung itu sendiri bisa dilakukan dengan mengurangi cairan dan garam, mengurangi beban jantung dan meningkatkan kontraktilitas jantung. Istirahat yang cukup, pengaturan suhu badan, oksigen, kelembaban, diet dan pemberian cairan tertentu, merupakan rangkaian dalam pengobatan terhadap pasien gagal jantung.

    Untuk pemeliharaan dan penyembuhan penyakit gagal jantung, dokter biasanya akan memberikan obat-obat inotropik intravena, obat jenis vasodilator seperti hidralazin, mixe dilator seperti prajozin, kaptopril dan nitroprusid, obat-obatan jenis venodilator seperti nitrogliserin dan nitra serta obat-obatan disritmia dan diuretik. Bila penyakit gagal jantung itu karena penyakit bawaan, dokter akan melakukan tindakan pembedahan.
     
  2. Marko Sianipar

    Marko Sianipar Member

    Joined:
    Mar 16, 2016
    Messages:
    425
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Buku bagus itu *bagus*
     
  3. Tempirai

    Tempirai Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Bagus untuk dipelajari
     
  4. Tempirai

    Tempirai Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    20
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Bagus untuk dipelajari, dan diterapkan
     
  5. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Coba konsumsi herbal alami agar terhindar dari stroke
    Salam sehat Indonesiaku
     
Loading...

Share This Page