Tips & Trik Foto Makanan Rumahan yang Insta-worthy

Discussion in 'Photography' started by yogayo, Sep 15, 2016.

  1. yogayo

    yogayo New Member

    Joined:
    Sep 15, 2016
    Messages:
    3
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Sebelum makan, kita wajib berdoa. Eitss Ngga cuman doa doang, foto makanan juga wajib hukumnya. Foto hits makananmu pun tidak lain dan tidak bukan agar bisa diunggah di akun media sosialmu, khususnya Instagram. Nah, foto-foto makanan yang biasa nongol di Instagram sendiri biasa disebut Foodstagram atau InstaFood yang suka bikin orang ngiler melihat hasil jepretannya.

    Untuk masalah InstaFood ini, foto-foto makanan dari restoran mewah ataupun fancy sering menjadi sorotan. Di satu sisi, ini sangat menunjukkan eksistensi kamu yang bisa makan di tempat-tempat tersebut. Di sisi lain, foto makanan dari restoran dianggap lebih worthy untuk tampil di Instagram karena cara sajiannya lebih menggugah selera.

    Lalu bagaimana dengan makanan rumahan? Bisa jadi kamu adalah seorang yang hobi memasak dan ingin meng-upload-nya ke akun Instagram. Jangan khawatir, dengan teknik foto makanan yang tepat ditambah pengaplikasian berbagai tips di bawah ini, makanan rumahan bikinanmu bisa jadi Insta-worthy kok dan tidak kalah dengan hasil foto makanan dari restoran-restoran ternama.

    1. Tata Makanan Sesimpel dan Semenarik Mungkin
    [​IMG]
    Salah satu perbedaan paling besar dari masakan rumahan dengan hidangan di tempat-tempat makan fancy adalah cara penyajiannya. Tata letak menjadi pengaruh besar sebab cenderung makanan rumahan buatanmu hanya ditaruh di piring atau mangkok secara asal. Inilah yang membuat foto makanan rumahan tersebut tampak tidak menggugah selera ketika dipotret untuk masuk Instagram.

    Karena itu, mulai sekarang biasakan menyusun tata letak makananmu jika memang mau dijadikan foto makanan yang Insta-worthy. Perhatikan komposisi peletakan makanan dan warna yang tidak monoton.

    2. Tambahkan Garnish Pada Makananmu
    [​IMG]


    Supaya semakin oke, kamu bisa menambahkan penghias di foto makananmu agar tampak kece. Penambahan garnish bisa menjadi pilihan karena bisa menghias hidangan rumahanmu secara alami. Dengan adanya garnish, foto makananmu juga akan terlihat lebih berkelas sebab biasanya rumah-rumah makan juga melakukan penambahan garnish untuk membuat hidangannya makin menarik.

    Ketika menambahkan garnish pada sajian makananmu, kamu tidak boleh berlebihan karena itu hanya akan membuat hasil foto makanannya menjadi tidak fokus ke menu utamanya. Cukup sematkan beberapa garnish kecil di tempat yang sesuai maka makanan rumahanmu akan tampak semakin keren. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan komposisi warna keseluruhan jika sudah diberi garnish. Contoh kecil pemberian garnish yang tepat adalah menyajikan pasta buatanmu, lalu udang di bagian atas dengan menambahkan beberapa irisan cabai merah besar dan seledri.

    3. Sajikan dengan Wadah yang Kece
    [​IMG]


    Salah satu alasan makanan di restoran tampak begitu menarik dan bisa menjadi sangat Insta-worthy ketika difoto karena didukung wadah sajiannya yang menarik. Inilah pula yang mesti kamu perhatikan jika ingin menjepret makanan rumahan buatanmu agar menjadi foto makanan yang keren. Perhatikan wadah sajian, mulai dari piring, mangkok, ataupun sendok garpunya. Carilah model yang kece supaya bisa semakin membuat makanan rumahan tampak wah.
    Kamu bisa memilih porselen cantik yang ada dalam koleksi rumahmu untuk dijadikan wadah makanan. Jika merasa tidak ada yang cocok, membeli alat makan baru yang kece bisa menjadi opsi loh.

    4. Perhatikan Latar Belakang
    [​IMG]


    Ketika memfoto makanan rumahan buatanmu, kamu tidak hanya memotret bagian makanannya saja, bukan? Pasti ada latar belakang yang terjepret saat proses foto. Karena itulah, latar belakang dari makanan rumahanmu juga mesti menjadi perhatian. Latar belakang tersebut harus terlihat rapi dan unik supaya bisa menambah ketertarikan orang-orang saat melihat makanan rumahanmu sebagai InstaFood.Jika kamu terbiasa memfoto makanan di meja makan, taplak meja akan sering menjadi latar belakang fotomu. Sebab itu, carilah taplak meja yang cantik dan menarik. Pilihan di dekat jendela bisa menjadi alternatif. Kamu cukup menaruh sajian rumahanmu dengan posisi yang tepat, ditambah latar belakang jendela dan hiasan dinding yang sesuai dengan tema makan-makan.

    5. Pilih Angle Foto yang Tepat
    [​IMG]


    Tips terakhir, menghasilkan foto makanan yang insta-worthy akan sangat bergantung pada angle foto dari sajian rumahanmu tersebut. Intinya jangan sampai salah angle karena jika begitu, makanan yang menarik pun bisa menjadi terlihat biasa saja. Untuk masalah angle ini, ada beberapa triknya loh.

    Pertama, jangan memfoto makananmu mutlak dari depan karena hanya akan menimbulkan efek dua dimensi yang tidak menarik. Kedua, kamu tidak mesti memfoto makananmu secara keseluruhan. Memotretnya sebagian di sisi yang menarik akan lebih membuat hasil foto makananmu menggugah selera orang yang melihatnya. Ketiga, memotret makanan dari samping dengan posisi agak ke atas cenderung menjadi angle yang paling tepat karena dapat memberikan efek tiga dimensi, sekaligus bisa menampilkan sajianmu secara keseluruhan.

    Dengan teknik yang tepat, foto makanan rumahanmu bisa terlihat mewah dan berkelas, sama seperti ketika kamu menyantap sajian di restoran fancy. Jika sudah begitu, bukan mustahil mendapatkan banyak like dan comment deh!

    Sumber: www.qlapa.com
     
    Last edited: Sep 15, 2016
  2. lembing

    lembing Active Member

    Joined:
    Aug 21, 2014
    Messages:
    1,182
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    48
    Itu jepretan sendiri atau ambil punya orang, kalau sendiri ok bgt ...
     
  3. Toni Sunandar

    Toni Sunandar Member

    Joined:
    Sep 8, 2016
    Messages:
    154
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Kayanya fokus lensa kamera nya yang bagus... tips nya juga good lh
     
  4. Hamzah ID

    Hamzah ID New Member

    Joined:
    Oct 3, 2016
    Messages:
    7
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Keren nih hasil fotonya. Pakai kamera apa Mas?
     
Loading...

Share This Page