Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata

Discussion in 'Health & Medical' started by Nabila, Sep 26, 2016.

  1. Nabila

    Nabila Member

    Joined:
    Aug 6, 2016
    Messages:
    472
    Likes Received:
    31
    Trophy Points:
    28
    Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata,- Murbei memiliki nama latin Morus adalah tanaman yang berbuah sepanjang tahun. Memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan. Tanaman murbei ini biasanya dimanfaatkan daunnya untuk digunakan sebagai usaha ulat sutra.

    Uraian Tanaman
    Murbei ini berasal dari Cina dan tumbuh baik di ketinggian lebih dari 100m dpl, serta membutuhkan cukup sinar matahari untuk pertumbuhannya. Murbei memiliki pohon dengan tinggi sekitar 9 m, percabangannya banyak, cabang muda berambut halus. Daunnya tunggal, letak berseling, bertangkai yang panjangnya 4 cm. Helai daunnya berbentuk bulat telur hingga berbentuk jantung, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, tepi bergerigi , berbentuk jantung, ujungnya runcing, pangkalnya tumpul, tepi bergerigi, pertualangan menyirip agak menonjol, permukaan atas dan bawah kasar, panjangnya 2,5-2- cm, memiliki lebar 1,5-12 cm, berwarna hijua. Bunga majemuk berbentuk tandan, keluar dari ketiak daun, mahkota bentuk taju, berwarna putih. Dalam satu pohon terdapat bunga jantan, bunga betina dan bunga sempurna yang terpisah. Murbei memiliki bunga sepanjang tabun. Buahnya banyak berupa buah buni, berair dan memiliki rasa yang enak. Buah muda berwarna hijau, setelah dimasak menjadi hitam. Biji kecil, berwarna hitam. Tumbuhan ini selalu dibudidayakan karena daunnya digunakan untuk makanan ulat sutera. Daun muda enak digunakan sebagai sayur dan berkhasiat untuk membersihkan darah bagi orang yang sering bisulan. Perbanyakan tanaman ini dengan menggunakan stek dan okulasi.

    Komposisi Kandungan Kimia :
    Daun murbei mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, beta-sitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, alfa-, beta-hexenal, cis-beta-hexenol, cis-lamda-hexenol, benzaidehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, aceto'ne, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B1, C. dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol. Dan juga mengandung phytoestrogens. Bagian ranting murbei mengandung tanin dan vitamin A. B uahnya mengandung cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam stearat, asam oleat, dan vitamin (karoten, B1, B2 dan C). Kulit batang mengandung (1) triterpenoids: alfa-,beta-amyrin, sitosterol, sitosterol-alfa-glucoside. (2) Flavonoids: morusin, cyclomorusin, kuwanone A,B,C, oxydihydromorusin. (3) Coumarins: umbelliferone, dan scopoletin. Kulit akar mengandung derivat flavone mulberrin, mulberrochromene, cyclomulberrin, cyclomulberrochromene, morussin, dan mulberrofuran A. Juga mengandung betulinic acid, scopoletin, alfa-amyrin, beta-amyrin, undecaprenol, dan dodecaprenol. Biji: urease. Efek Farmakologis dan Hasil Penelitian : Eedysterone berkhasiat hipoglikemik.

    Khasiat Murbei Untuk Kesehatan
    Buah murbei dapat diproduksi dalam keadaan segar maupun diolah menjadi jus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam buah murbei segar terdapat komposisi yang banyak sekali dan khasiatnya baik bagi kesehatan. Inilah khasiat yang dapat kita peroleh :

    • Menurunkan kolesterol tubuh
    Buah murbei dipercaya dapat menurunkan kolesterol. Ini dibuktikan dengan penelitian yang dibuktikan di Departemen Gizi Masyarakat. Buah murbei untuk menurunkan kolesterol dihasilkan dari kandungan zat seperti kuersentin yang kadarnya mencapai 1,12% dari 100 gram buah murbei segar. Di dalamnya juga terdapat kandungan vitamin C yang melimpah.

    • Mengatur Kadar Gula
    Murbei mengandung senyawa yang bersifat insulin, yang dapat membantu kadar gula bagi penderita diabetes. Penderita diabetes umumnya mengalami kenaikan dan penurunan kadar gula yang tidak teratur setiap saat.

    • Meningkatkan Imunitas
    Saat musim pancaroba daya tahan tubuh tentunya menurun sehingga menyebabkan kita mudah terserang penyakit. Buah murbei dengan kandungan vitamin C nya yang melimpah dapat menjadi aspuan yang meningkatkan imunitas sehingga kekebalan tubuh akan meningkat dan terhindar dari penyakit.

    • Mengatasi Anemia
    Buah murbei juga mengandung zat besi yang bisa membantu mengatasi anemia. Anemia adalah kondisi tubuh kekurangan jumlah hemoglobin yang berfungsi membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh.

    Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata
    [​IMG]

    Buah murbei pun mengandung vitamin A dan karoten yang khasiatnya baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A pun fungsinya untuk memperkuat serta mempertajam pandangan mata, mengurangi ketegangan mata dan melindungi mata dari radikal bebas dan degenerasi retina. Disarankan mengkonsumsi segelas jus murbei untuk membantu meningkatkan penglihatan. Vitamin A disini juga dapat membantu memperkuat peradangan mata dan mengurangi ketegangan mata, jus murbei ini sangat ideal digunakan bagi mereka yang berjam-jam di depan komputer.

    Resep Jus Murbei :
    Bahan-bahan yang digunkan untuk membuat jus murbei adalah :

    • 12-14 muberry merah segar
    • 2 sendok teh gula putih
    • 1/2 cangkir es batu
    Bahan-bahan ini digunakan untuk membuat 1 porsi jus murbei segar :

    Cara Membuatnya :

    • Ambil sari murbei dengan cara menekan pada saringan hingga menghasilkan saringan airnya saja.
    • Masukan air perasan murbei dalam gelas
    • Tambahkan air hingga 1 cangkir
    • Masukan ke dalam shaker koktail dengan es batu dan gula secukupnya (bisa juga dengan menggunakan madu sebagai pemanis alami)
    • Kocok selama 10 detik
    • Saring dan sajikan segera
    • Hidangkan dalam gelas. Dan selamat menikmati !
    Itulah artikel mengenai manfaat dan khasiat buah murbei yang baik untuk kesehatan tubuh serta kesehatan mata. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca semua. Salam Sehat !

    Sumber : Khasiat Murbei Untuk Kesehatan Mata
     
  2. ronaldopurwakarta

    ronaldopurwakarta Member

    Joined:
    Jul 12, 2014
    Messages:
    186
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    info nya sangat bermanfaat,
    tapi sayang didaerah ane sudah jarang ditemukan tanaman ini..*huh*
     
  3. Muhammad Khoir

    Muhammad Khoir Super Level

    Joined:
    Jun 10, 2014
    Messages:
    2,873
    Likes Received:
    362
    Trophy Points:
    83
    Google+:
    kalau di tempat ane buah ini dikenal dengan "Besaran"
     
Loading...

Share This Page