Kedung Tumpang menjadi Wisata Favorite Tulungagung

Discussion in 'Tourism' started by rendika Iswandi, Jul 27, 2016.

  1. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Kedung Tumpang
    jadi wisata terbaik di Tulungagung merupakan salah satu destinasi yang cukup populer di kota ini. Jika memang dari kamu, masih cukup asing mendengar pantai kedung tumpang. Ikuti ulasan saya kali ini.

    Kedung memiliki arti genangan, kubangan atau cekungan. Maka sesuai dengan namanya, kedung tumpang memiliki kubangan yang sangat indah persis ditepi laut. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang terdapat hamparan pasir putih nan halus, kedung tumpang adalah pantai berkarang. Sehingga dibutuhkan sedikit perjuangan untuk menuju lokasinya.

    Pada awalnya kedung tumpang tak begitu populer, namun semenjak kemunculannya didunia maya dan
    sosial media. Pantai ini kian ramai pengunjung, banyak para traveler yang mengaku penasaran karena foto-fotonya yang sangat indah.

    Dalam kesemapatan kali ini saya mencoba mengulas perihal kedung tumpang jadi wisata terbaik di Tulungagung. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi kamu yang penasaran ingin mengunjungi tempat cantik ini.

    Seperti halnya daerah lain, Tulungagung pun tentu mempunyai tujuan destinasi wisata yang cukup menarik. Salah satunya adalah kedung tumpang. Terletak di Desa Pucunglaban, Tulungagung, Jawa Timur. Jika kamu berada dari arah Blitar, kamu bisa arahkan kendaraan kamu ke Desa Pucunglaban dengan lama perjalanan sekitar 1.5 jam perjalanan. Kemudian kamu dapat mengikuti petunjuk jalan untuk menuju Pantai Molang dan Pantai Lumbung. Setelah kamu sampai di pertigaan Desa Pucunglabang, kamu dapat belok ke arah kiri yang berlawanan dengan arah pantai tersebut. Jika kamu bingung, kamu dapat bertanya pada para warga desa, pasti akan dengan ramah mengarahkan kamu.

    Untuk mencapai lokasi kedung tumpang, memang tak bisa dilalui oleh kendaraan roda empat. Hanya bisa dilalui oleh sepeda motor, namun kamu tak perlu khawatir. Setelah kamu memarkir kendaraan kamu, sudah banyak ojek yang siap mengantarkan kamu menuju kedung tumpang. Kamu dapat menggunakan jasa para ojek tersebut dengan membayar sekitar Rp. 15.000/orang.

    [​IMG]

    Pada kedung tumpang banyak bebatuan karang dengan berbagai ukuran, ditambah kamu dapat menyaksikan hempasan air laut yang menyembur ketika bertabrakan dengan karang atau batu-batu tersebut. Akibat hempasan ombak tersebut lama-kelamaan, maka terciptalah sebuah kolam-kolam kecil secara alami. Sebab itulah, banyak orang yang mengaku penasaran akan kecantikan kolam-kolam tersebut.

    Untuk menikmati keindahan kolam tersebut, kamu dapat mencoba berenang didalamnya. Namun harus tetap diwaspadai jika air laut sedang pasang diharapkan para pengunjung agar naik kembali. Karena disaat air laut pasang, maka ombaknya dapat masuk dan menerjang kolam-kolam tersebut.

    Sehingga bisa saja membuat para pengunjung terhempas dan terseret ombak menuju samudera. Tak perlu diherankan, pasalnya kedung tumpang termasuk dalam pantai yang lokasinya berada dikawasan selatan. Yang sudah terkenal akan besarnya ombak di pantai-pantainya.

    Kedung tumpang memiliki 3 kubangan atau kolam-kolam alami. Yang pertama jika berjalan dari warung tenda yang ada di parkiran motor, kamu dapat berjalan mengambil arah kanan. Tak berjalan jauh melewati rimbun pepohonan sekitar 15-20 menit, maka kamu akan menemui kolam pertama yang diapit oleh kedua batu besar. Puas melihat kolam tersebut, kamu bisa lanjut berjalan kembali menyusuri bebatuan. Setelah itu kamu akan menemui sebuah batu besar yang diatasnya terdapat 3 buah batu. Persis dibawah batu tersebut terdapat kolam kedua yang cukup indah dan memiliki air yang jernih.

    [​IMG]

    Setelah itu kamu bisa melanjutkan berjalan kembali kearah kiri, maka kamu akan menemui kolam-kolam utama dari kedung tumpang. Cobalah berenang dan rasakan sensasi berenang sambil ditemani deburan
    ombak. Jernih air yang berwarna hijau tosca dan sedikit kebiruan, akan siap menyambut kedatangan mu. Namun harus tetap wasada dengan arus ombak yang datang. Waktu terbaik untuk dapat berenang adalah di pagi hari, karena pada pagi hari air laut biasanya sedang surut. Sehingga ombak yang dihasilkan pun tak begitu besar. Namun menjelang sore, air laut kembali pasang dan menandakan kamu harus naik keluar dari area kolam tersebut.

    [​IMG]

    [​IMG]

    Keindahan kedung tumpang, mampu membuat terlena siapapun yang datang mengunjunginya. Namun faktor keselamatan tetaplah harus menjadi prioritas yang utama. Jangan terlena dan melupakan aspek-aspek tersebut, karena itu dapat membuat dirimu celaka. Melihat begitu banyaknya kejadian yang tak diinginkan terjadi dibeberapa tempat wisata, tentu harus semakin membuat kita mawas diri.

    Alam merupakan sesuatu yang sulit dimengerti, sehingga haruslah belajar untuk mengetahui segala potensi yang ada dan jangan coba melawannya. Apalagi dengan berbagai alasan konyol yang dapat mencelakakan diri sendiri. Mulailah mengerti dan memahami batasan diri sendiri, sehingga tidak terkesan memaksakan dan bersikaplah lebih bijaksana.

    Demikian ulasan saya kali ini perihal kedung tumpang jadi wisata terbaik di Tulungagung. Semoga dapat menambah wawasan kamu, tentang berbagai info tempat pariwisata di Indonesia.

    source Info Tempat Pariwisata Di Indonesia
     
    Last edited: Jul 28, 2016
  2. mochimochi

    mochimochi New Member

    Joined:
    Jul 28, 2016
    Messages:
    5
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    emang keren pantainya ... jalan menuju kesana cukup menantang
     
  3. Vivien Cheong

    Vivien Cheong Member

    Joined:
    Jun 13, 2016
    Messages:
    99
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    wah baru tau saya kalau disana ada tempat wisata ini, terimakasih informasinya benar benar menambah wawasan
     
  4. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Terima kasih @mochimochi @Vivien Cheong responnya dan yaa seru kok bisa naek ojek sambil liat pemandangan abis capek dijalan langsung nyebur deh.
    *ketawa4**ketawa4**ketawa4**ketawa4**ketawa4*
     
  5. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Wiiihhh asik tuh. Kapan-kapan ke sana ah
     
  6. rendika Iswandi

    rendika Iswandi Member

    Joined:
    Apr 13, 2016
    Messages:
    159
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
    Terima kasih @mlxjakarta wajib dong harus masuk agenda akhir tahun yaa :D
     
Loading...

Share This Page