Resep Martabak telur dan Martabak Manis Bangka

Discussion in 'Cooking' started by pribadiku, Mar 18, 2016.

  1. pribadiku

    pribadiku New Member

    Joined:
    Feb 28, 2016
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Dalam kesempatan ini saya akan coba sajikan resep beberpa jenis martabak untuk pembaca setia bersosial.com. Seperti kita ketahui bahwa ada berbagai jenis martabak. Setiap jenis martabak memiliki cita rasa yang khas dan tentunya bahan dan cara membuatnya juga berbeda. Mungkin anda sudah tahu jenis jenis martabak seperti martabak telur martabak manis Bangka dan lain sebagainya. Nanti di lain kesmeoatan saya akan tuliskan resep martabak mini dan juga resep martabak manis. Di bawah ini adalah beberapa contoh resep membuat martabak untuk anda.

    Resep martabak telur

    Untuk bisa membuat martabak telur yang lezat anda tentunya harus mempunyai resep martabak telur yang sudah teruji dan terpercaya. Di bawah ini adalah resep martabak telur istimewa dari saya

    resep martabak telur.jpg
    Bahan bahan Untuk membuat kulit martabak telur:

    Anda harus menyediakan tepung terigu tak usah banyak banyak ya cukup 200 gram saja. Selanjutnya sediakan juga air sebanyak 150 ml saja dan juga sediakan minyak sayur sebanyak 3 sendok makan.

    Bahan bahan untuk membuat isi martabak telur

    Untuk membuat isi martabak telur anda akan memerlukan daging ayam di cincang sebanyak ΒΌ kilo. Sediakan juga bawang putih 2 siung dan bawang merah 4 biji. Jangan lupa bawang Bombay satu butir dan juga daun bawang sebanyak satu batang saja. Telur ayam 2 butir dan juga lada bubuk setengah sendok teh harus tersedia juga.

    Cara membuat martabak telur

    Langkah pertama dalam membuat martabak telur adalah menaruh tepung terigu ke dalam wadah selanjutnya masukan air dan gara,. Sekarang di uleni sampai kalis ya. Tipnya untuk mencegah agar tidak lengket anda bisa menambahkan sedikit minya ya.

    Bila sudah kalis sekarang bentuk adonan menjadi bulat lalu di olesi dengan minyak supaya tidak lengket lalu adonan bulat di biarkan selama sekitar 10 menit saja.

    Langkah berikutnya membagi adonan menjadi lebih kecil untuk kemudian di biarkan selama sejam ya. Setelah sejam maka bentuklah kulit martabak degan cara menggilqas sampai tipis.

    Cara membuat isi martabak telur

    Untuk membuat isi martabak telur maka bawang Bombay dan bawang merah harus di cincang halus lalu di tumis ya.

    Setelah itu daging ayam halus di masukan dalam tumisan. Sekarang tambahkan lada dan garam aduk dan bila sudah matang di angkat.

    Cara membuat martabak telur:

    Adonan martabak di ambil lalu di gilas ampai tipis

    Ambil isi martabak secukupnya lalu campur dnegan sebutir telur lalu di kocok ya.

    Sekarang kulit martabak di tarud di atas penggorengan selanjutnya isi martabak di taruh di atasnya lalau di lipat sesai keinginan anda.

    Sekarang goreng sampi benar benar matang

    Bila sudah matang maka martabak anda sudah siap diangkat dan siap di hidangkan.

    Resep martabak manis Bangka


    Bagi anda yang suka dengan martabak manis Bangka di bawah ini adalah resep martabak manis Bangka untuk anda. Selamat mengikuti ya.
    resep martabak manis bangka.jpg


    Bahan bahan:

    Untuk membuat martabak manis Bangka maka anda harus menyiapkan tepung terigu 150 gram, gula pasir 50 gram, baking powder seperempat sendok the, ragi instant satu sendok the sertagaram secukupnya, air 175 ml. Untuk bahan tabur harus ada: gula pasir, meseis bisa juga keju dan susu kenatl manis.

    Cara pembuatan martabak Bangka:

    Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mencampur baking powder tepung terigu dan gula pasir separonya saja yaitu 25 gram. Kasih air lalu di kocok. Masukan ragi instant lalau aduk dan diamkan sampai satu jam lamanya

    Sekarang sisa dari gula pasir tadi di tambakan lalu kocok sampai merata. Selanjutnya siapakan cetakan martabak dan panaskan biar tidak lengket olesi saja dnegan margarine. Lengakh berikutnya mamsukan adonan kedalam cetakan yang panas dan biarkan sampai mengelurakan buih. Setelah keluar buih maka taburi gula pasir setelah itu cetakan di tutup saja sampai matang. Bila sudah matang angkat. Selanjutnya anda bisa mengolesinya dengan margarine lalu menaburinya dengan mesis atau keju sesuai dengan keinginan anda saja deh. Setelah selesai martabak di belah manjadi dua atau sesuai dengan selera anda.

    Pembaca semua itulah artikel dari saya yang membahas tentang resep martabak. Semoga apa yang sudah di bahas bisa berguna dan bermanfaat ya.
     
  2. fafa

    fafa New Member

    Joined:
    Mar 18, 2016
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    jadi laper nih bundaaaa. tapi bisa buat ya silahkan dicoba
     
    Last edited by a moderator: Mar 18, 2016
  3. mlxjakarta

    mlxjakarta Active Member

    Joined:
    Jan 4, 2016
    Messages:
    1,584
    Likes Received:
    72
    Trophy Points:
    48
    Duh, jadi pengen makan martabak *huh*
     
  4. Anto ardianto

    Anto ardianto Member

    Joined:
    Jun 8, 2016
    Messages:
    36
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    martabak bangka di tegal kok mahal banget. sampe 25K
     
Loading...
Similar Threads - Resep Martabak telur
  1. zulsyid
    Replies:
    3
    Views:
    1,891
  2. amanda770
    Replies:
    1
    Views:
    1,455
  3. Haryo Tri W
    Replies:
    4
    Views:
    6,630
  4. jihek
    Replies:
    2
    Views:
    1,138
  5. zulsyid
    Replies:
    3
    Views:
    852

Share This Page