Cara mencegah terkena diabetes melitus

Discussion in 'General Lifestyle' started by Ristalia, Feb 25, 2016.

  1. Ristalia

    Ristalia Member

    Joined:
    Sep 10, 2015
    Messages:
    45
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    8

    Cara mencegah terkena diabetes melitus
    - Seringkali orang yang menderita penyakit diabetes tidak menyadari telah terkena penyakit tersebut. Hampir semua gejala yang sering dirasakan setelah diremehkan untuk diabetes tidak dapat dicegah lagi. Pada dasarnya penyakit diabetes dapat dicegah sejak awal apabila telah disadari oleh penderita.

    Penyakit diabetes biasanya terjadi setelah melalui beberapa tahapan termasuk saat penderita masuk dalam tahap pre diabetes. Pemeriksaan kadar gula darah secara rutin dapat menjadi usaha cara mencegah terkena diabetes yang sangat baik. Kadar gula darah normal pada tubuh yaitu sekitar 70-100 mg/dl dengan pemeriksaan setelah puasa selama 8 jam dan kurang dari 140 mg/dl pemeriksaan 2 jam setelah makan. Beberapa cara mencegah terkena diabetes dapat anda lakukan bagi anda orang yang memiliki kadar gula darah normal dan pra diabetes.

    Ganti konsumsi sumber karbohidrat dengan biji-bijian

    Sumber karbohidrat yang berasal dari tanaman gandum dan biji-bijian dapat membuat enzim pencernaan sulit merubah pati menjadi glukosa. Proses tersebut akan membuat tubuh mendapatkan kadar gula dalam darah dengan proses yang lebih lama. Apabila hal tersebut terjadi maka tubuh akan memproses insulin sesuai dengan kebutuhan. Dengan demikian maka cara mencegah terkena diabetes dapat dilakukan. Beberapa jenis makanan yang dapat digunakan untuk menggantikan karbohidrat lembut seperti gandum, sereal dan jagung.

    Jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan atau minuman manis

    Makanan atau minuman manis yang mengandung gula dan pemanis lainnya dapat meningkatkan resiko penyakit diabetes. Makanan atau minuman manis memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga, akan tetapi dalam jumlah yang sewajarnya. Mengkonsumsi makanan manis akan meningkatkan kadar glikemik di dalam tubuh. Sehingga dapat meningkatkan resiko diabetes. Untuk itu anda harus mengganti konsumsi gula dengan Tropicana yang rendah kalori.

    Kurangi konsumsi daging merah

    Daging yang berasal dari sapi, kambing dan babi ternyata dapat meningkatkan resiko diabetes. Daging merah tidak mudah diterima oleh tubuh, termasuk dalam proses metabolisme. Untuk menghindari resiko tersebut maka sebaiknya ganti konsumsi daging merah dengan daging unggas.

    Konsumsi lemak tak jenuh

    Lemak tak jenuh kan merupakan jenis lemak yang ditemukan pada beberapa jenis kacang-kacangan, biji-bijian, ikan salmon, ikan sarden dan beberapa jenis ikan lainnya. Lemak tersebut dapat membantu tubuh dalam mencegah penyakit diabetes. Dengan mengkonsumsi makanan yang megandung lemak tak jenuh maka anda telah melakukan cara mencegah terkena diabetes.
     
  2. holisah

    holisah Member

    Joined:
    Nov 12, 2015
    Messages:
    125
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    terkadang agak susah juga untuk menghindari sesuatu yang enak padahal berbahaya.
     
  3. yungga19

    yungga19 Active Member

    Joined:
    Nov 28, 2015
    Messages:
    1,455
    Likes Received:
    85
    Trophy Points:
    48
    Hampir semua sumber penyakit dari asupan makanan ya den .. harus lebih bijak dalam hal makan nih
     
  4. Tantowi

    Tantowi Active Member

    Joined:
    May 9, 2015
    Messages:
    635
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    48
    :D thanks gan infonya ntr ane vbakal atur lagi makanan deh kalo gitu :(
     
  5. sanjaya.farah

    sanjaya.farah New Member

    Joined:
    Apr 4, 2016
    Messages:
    6
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    yang jelas, kalau ada anggota keluarga yang positif diabet, alangkah lebih baik menjaga pola makan kita, hindari makanan dengan rasa yang manis....
     
  6. barugratisan

    barugratisan Member

    Joined:
    Sep 5, 2014
    Messages:
    617
    Likes Received:
    7
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page