Peluang Bisnis Travel Menjelang Lebaran

Discussion in 'Online Business' started by nelson sitompul, Jun 10, 2015.

  1. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Memasuki bulan Ramadhan cukup banyak blogger yang menjalankan bisnis travel online. Dapat dipastikan bahwa saat Lebaran nanti, peluang usaha ini menjadi booming. Pengelola travel agent tidak terkenal pun akan terangkat nasibnya. Inilah yang menjadikan pihak blogger mencoba keberuntungan dengan bisnis dadakan dan mencoba mencari celah "gemuk" pada masa seperti ini. Peluang bisnis saat Lebaran sebenarnya cukup banyak. Tetapi mengapa yang dipilih travel online? Berikut ini beberapa pandangan yang ingin saya kemukakan tentang alasannya.
    [​IMG]
    Adapun penyebab dipilihnya travel online sebagai salah satu bisnis sampingan saat memasuki hari raya Idul Fitri dan berpeluang menghasilkan keuntungan adalah:
    1. Sudah pasti dibutuhkan untuk mudik dan liburan. Waktu libur yang panjang saat Lebaran adalah masa yang ditunggu semua agama. Bagi pemeluk agama Islam, saat indah bahagia bersilaturahmi dengan keluarga terjadi di bulan ini. Bagi pemeluk agama non islam, waktu ini juga ditunggu karena biasanya semua perusahaan dan sekolah melangsungkan libur panjang. Artinya, moment ini adalah saat yang tepat untuk liburan tanpa perlu mengambil cuti maupun bolos sekolah.
    2. Peluang usaha travel online bersifat abadi. Artinya bisnis ini dapat dikembangkan setelah lewat bulan Ramadhan. Jadi setelah masa panen mendekati lebaran, maka tidak perlu menghentikan kegiatan ini. Malah kalian berpeluang untuk mencari pendapatan tetap karena setiap saat orang akan membutuhkan produk-produk yang dikemas dalam travel online.
    3. Jenis produk beragam. Jika anda menjalankan bisnis travel online, maka jangan berpikir berjualan tiket pesawat semata. Usaha ini berpeluang menghasilkan uang dengan cara menjual paket wisata, rental mobil, pengurusan dokumen passport dan visa serta travel guide.
    4. Proses pemasaran yang mudah. Bagi blogger, memanfaatkan media internet sebagai sumber penghasilan adalah hal yang disukai. Pemasaran travel online yang hanya dilakukan via media ini adalah hal yang menantang dan mengasyikkan karena sesuai dengan hobi. Jika hobi anda memang berkutat tentang internet, maka pemasaran apapun menjadi lebih mudah.
    5. Moment Lebaran memiliki traffic penggunaan internet yang tinggi. Sebelum lebaran, banyak orang yang mengakses internet untuk persiapan idul fitri. Selain itu, sebagian orang mengisi waktu dengan browsing atau bersosial media sambil menunggu adzan maghrib bagi yang berpuasa. Artinya pencarian di internet berpeluang memberikan keuntungan bagi anda yang mampu mengoptimalkan suatu produk terkait dengan trend moment ini.
    Dari ulasan di atas, tidak salah jika anda mencoba peluang bisnis ini. Masa Lebaran sudah dekat dan saatnya anda memulai untuk menjalankan usaha yang terkait, salah satunya adalah travel online.

    Sumber inspirasi: Situs bisnis online kotausaha.com
     
    Last edited: Jun 10, 2015
    indrayasa likes this.
  2. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    benar den, menjelang lebaran gini banyak sekali peluang bisnis, dan untuk travel juga sangat dibutuhkan.
    apalagi ada larangan berjualan tiket di bandara, jd pasti semua beli di travel agen, atau beli online. padahal tidak semua bisa pakai travelok* meskipun mudah.
    tapi 1 yg jd pertanyaan saya ttg bisnis travel online, apakah kita harus bekerja sama dulu / daftar sebagai penjual tiket ke maskapai peenrbangan atau gimana ya den?
    soalnya kalau cek harga tiket di tik*t.com dan di travelok* bisa berbeda sekitar 10-2-ribuan..
     
  3. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Secara prinsip sih iya dengan bekerjasama, kita dapat spread margin.. keuntungan tiket pesawat itu memang sekitar 5rb-20rb doang tapi main volume.. saya sih lbh suka kerjasama dengan pihak lain yg secara manual.. krn kalo memasang widget mereka, maka bisa jadi pemesanan di masa mendatang, konsumen bisa saja langsung dan kita tdk dapat apa-apa.. artinya tugas kita cuman cari new booking terus... ini yang saya gak suka.. saya lebih suka menjaga pelanggan tetap..
     
  4. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    jd kalau ky travelok* gitu , mereka mainnya gimana den?
    maaf yaa den saya beberapa kali baca di forum banyak yg bilang bisnis travel online menjanjikan, cuma masih penasaran aja sm skemanya, ada yg bilang harus beli software dll juga. hehe :D
     
  5. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Kalo udah gede seperti itu, ya kerjasamanya langsung ke provider pesawat.. spread margin jelas lebih besar dan mereka ada blind bonus tigabulanan kayanya...

    klo baru mulai, bisa menginduk pada travel resmi.. khan banyak tuh yg nawari peluang bisnis travel dan biasanya utk tiket pesawat. Ada berbayar 5jt, 3jt or ada yang gratis.. nah yang dijalankan mending yang seperti ini. Karena kita mendapat akses user menuju situs maskapai penerbangan.

    kalau yang afiliate seperti tikxx,com itu memang gratis. Tetapi karena konsepnya afiliate, calon konsumen itu bertransaksi di situs replika (kaya afiliasi hosting dgn url replika).. inilah yang saya bilang, ada kemungkinan pembeli yang sudah pernah transaksi di situs kita akan langsung transaksi di situs utama. Dan ini setau saya tidak dihitung fee nya.. makanya saya bilang sistem afiliasi kebanyakan menghendaki member untuk cari member baru terus...

    kalo pemain baru biasanya melakukan kombinasi, misalnya untuk tiket pesawat, dia pake sistem berbayar 3jt, trus kalo hotel biasanya mereka beli voucher di trveloka atau web lain yg murah, trus kerjasama dengan rental setempat...
    jadi keuntungan diambil dari tiket pesawat, upping harga hotel dan rental 10%.
    Keuntungan terbesar jika kita arrange group tour misalnya sampe 20 org, biasanya harga di up 10% dan perhitungan dinaikin jadi 22 orang.. karena biasanya pemesan minta dianya gratis dan satu lagi buat orang kita yang akan mendampingi..
     
  6. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    wah mantap banget sekarang saya sudah agak-agak paham nih den.
    sebelumnya saya benar-benar belum tau cara kerja bisnis travel online.
    makasih ilmunya den :)
     
    nelson sitompul likes this.
  7. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    @josa kok makin ngawur pakai link OOT terus sih.... :)
     
  8. bennyKO1

    bennyKO1 New Member

    Joined:
    Sep 15, 2015
    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    satu lagi keuntungan nya ... sudah bisa dapat komisi wlaupun ga beli tiket sendiri,, bisnis yang paling gampang,mudah dan praktis krn bisa di kerjakan di rumah dan yang di perlukan hanya sebuah laptop
     
  9. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    250
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    boleh juga travel online. setelah lewat bulan Ramadhan. masih bisa dikembangkan
     
  10. Dimas Priyono

    Dimas Priyono Member

    Joined:
    Nov 29, 2015
    Messages:
    25
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    permintaan sewa atau rental mobil menjelang lebaran memang meningkat pesat. tapi biasanya penyedia jasa sewa mobil memiliki harga paket lebaran.
     
  11. johanandoro

    johanandoro New Member

    Joined:
    Dec 4, 2014
    Messages:
    15
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    bisa jadi alternatif nih. modal harus besar pula sepertinya
     
Loading...

Share This Page