Nama pabrikan motor yang unik Part 5 : Meguro Motorcycles

Discussion in 'Otomotif' started by AquariuZ, Oct 21, 2015.

  1. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Hmm, setelah jalan-jalan ke Eropa mengunjungi Inggris, Itali, Perancis dan Rep. Ceko. Kali ini kita coba untuk terbang ke Asia, tepatnya Jepang sebagai salah satu negara pabrikan motor terbesar di dunia, yaitu Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki dan Bridgestone (Bingung kan soal nama yang terakhir ini? Tunggu aja di episode selanjutnya :D).
    Kali ini kita akan membahas salah satu raksasa motor tertua dan terbesar di Jepang pada tahun 1930-an, yang berjudul 'Meguro Manufacturing Company' atau lebih dikenal Meguro Motorcycle.
    Meguro_motorcycles_logo.gif
    Meguro Manufacturing Co (目 黒 製作 所), didirikan oleh Hobuji Murato dan seorang perwira angkatan laut tinggi Takaji Suzuki pada tahun 1937. Ini adalah salah satu perusahaan sepeda motor yang tertua di Jepang dan menjadi mitra dari Kawasaki Heavy Industries Ltd.
    Dinamai sesuai dengan salah satu distrik di Tokyo, nama ini juga berakar pada Murato Iron Works, yang didirikan pada tahun 1924, dan pernah sekali mengembangkan salinan dari Harley-Davidson V-twin. Sebagai perusahaan awal bernama Meguro Seisakusho, bertujuan untuk merancang dan membangun gearbox bagi industri sepeda motor Jepang yang baru lahir dan berkolaborasi dengan Abe Industries, memproduksi sepeda motor sendiri pada tahun 1931.
    Awalnya merupakan sebuah merek prestise, dimana berguna untuk menyuplai sepeda motor bagi militer pemerintah Jepang, sepeda motor polisi dan balapan bersama Honda, Meguro (メ グ ロ) menjadi bangkrut setelah meluncurkan berbagai motor-ringan yang penjualannya buruk, serta mengalami pemogokan tenaga kerja selama setahun. Society of Automotive Engineers Jepang, Inc. menyebut model Meguro Z97, yang diperkenalkan pada tahun 1937 sebagai salah satu dari 240 Landmarks of Japanese Automotive Technology (240 penemuan teknologi otomotif Jepang -terjemahan bebas).

    Sejarah Singkat
    Meskipun sepeda motor pertama tiba di Jepang pada tahun 1895, industri sepeda motor tidak terjadi sampai tahun 1930-an. Setelah kehancuran Wall Street, Meguro berinvestasi pada Harley-Davidson dan memperoleh gambar, peralatan dan pengetahuan penting dari cara peleburan logam untuk membuat gearbox. Ini yang kemudian digunakan pada semua kendaraan dan banyak dari perusahaan awal di Jepang menyebutnya Rikuo (harfiah "Road King"). Hasil dari transfer ilmu intelektual Amerika kepada Jepang, mengajarkan bagaimana untuk menghasilkan sepeda motor dalam jumlah.
    Pada tahun 1935, Murato dan Suzuki membangun sebuah model Z97 500-cc tunggal, berdasarkan desain Swiss Motosacoche tetapi pekerjaan dibatasi karena awal PDII, kecuali penyediaan suku cadang pesawat. Meguro memulai produksi lagi pada tahun 1948, Z97 bersama dengan 125 cc, 250 cc dan 350 cc single-overhead valve.

    Pada tahun 1950 Meguro memasuki dunia balap dan membangun twin-pararel pertama, 651-cc bernama T1 "Senior" dengan pra-unit mesin twin-paralel, yang terinspirasi dari Inggris dan kemudian model K-series "Stamina" disalin dari BSA A7, yang mana salah satunya dibeli oleh Meguro pada tahun 1953.
    450px-Meguro_MR_cut.JPG
    Mesin yang mempunyai kualitas dan teknik yang lebih unggul BSA dan itu dijelaskan oleh Edward Turner, salah satu desainer motor paling berbakat Inggris : "terlalu bagus untuk menjadi kenyataan". Untuk pertama kalinya, industri sepeda motor Jepang dipandang sebagai ancaman. Ini sebuah model yang dirancang bersama Kawasaki dimana semuanya adalah desain Jepang.
    Meguro_speedway_racer.jpg

    Meguro menurunkan model 500-cc overhead-camshaft silinder tunggal di sirkuit Asama Kazan speedway, Tsumagoi, Gunma Prefecture. Pada tahun 1958, Meguro mengembangkan berbagai model dari 50-cc, 125-cc, 250-cc dan 350-cc, yang gagal di pasaran karena harga mahal, dan yang banyak terjual hanya Honda.

    Pada tahun 1960, merupakan satu masa dimana ratusan perusahaan sepeda motor Jepang berkembang lewat desain model Eropa, mengakibatkan Meguro berafiliasi dengan perusahaan Kawasaki Aircraft. Pertama tahun 1962, berubah nama menjadi Kawasaki-Meguro dan sukses menghasilkan B8 125-cc, kemudian pada Oktober 1964, melihat dari nilai komersial dan pemasaran sepeda motor, divisi produksi yang tergabung dalam layanan industri berat dan terutama outlet penjualan yang kuat, Kawasaki akhirnya mengontrol penuh perusahaan ini. Bersama-sama mereka mulai memproduksi "Kawasaki-Meguro Works" 125-cc, 175-cc dan 250-cc silinder tunggal. Model 500-cc K-series silinder kembar kemudian 'diperbesar' menjadi 625-cc Kawasaki W seri, digunakan sebagai kendaraan dinas pemerintah.
    Tahun 1969 akhirnya menjadi tahun terakhir dimana bendera "Meguro Motorcycle" berkibar, karena secara penuh bergabung dibawah bendera Kawasaki, setelah motor produksi terakhir discontinue yaitu Kawasaki-Meguro 250-SG
    800px-Meguro_Motorcycle.jpg
    tapi ciri khas Meguro masih di ingat oleh Kawasaki, pada model Kawasaki Estrella 250 generasi awal
    800px-Kawasaki-Estrella-01.jpg
    (silahkan bandingkan)

    Oke sekian dulu bagian ke-5 tentang Pabrikan Motor yang unik di dunia. Terima Kasih

    part 4 : Jawa Motorcycles
     
    Last edited: Oct 21, 2015
  2. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Ingat ini:

    [​IMG]

    Sepeda motor pertama di Jepang buatan NS (Narazo Shimazu) Osaka, tahun 1908 :D
     
  3. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Ingat kang, tapi belum di produksi massal, dalam arti belum ada manufactur yang benar secara manajemen dan tata laksana
     
  4. wafa

    wafa Member

    Joined:
    Jun 4, 2015
    Messages:
    40
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    settt dah pengalaman nya tentang motor oke juga hehe
     
  5. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @wafa : gak juga, dengan internet kita bisa banyak mendapatkan data dan ilmu tentang motorcycle, terutama dari wiki dan yutub...
    soal pengalaman, sebenarnya bukan karena pintar tapi rajin (dalam hal ini saya banyak dapat ilmu perbengkelan dari ayah, beberapa mekanik dan pernah buka bengkel sendiri)
     
  6. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    Bisa dong... kan lewat mbah Goog, bapak'e Wiki dan Kang EnoAnderson blog :D
     
  7. Surur12

    Surur12 Member

    Joined:
    Sep 25, 2015
    Messages:
    250
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Meguro Motorcycles KURANG TERKENAL DIINDONESIA, BEDA LAYAKNYA KAWASAKI HONDA...
     
  8. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @Surur12 : mohon maaf den, apa sudah baca dari awal sampai akhir? Meguro merupakan salah satu yang mempengaruhi Kawasaki pada awal mereka bergerak di motor, karena Meguro lebih dahulu membuat dan meleburkan diri ke Kawasaki
     
Loading...

Share This Page