Yuk Menyetir Secara Ramah Lingkungan

Discussion in 'General Lifestyle' started by Forum Hijau, Jul 14, 2015.

  1. Forum Hijau

    Forum Hijau Member

    Joined:
    May 15, 2015
    Messages:
    129
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    FORUMHIJAU.COM - Mencintai dan menjaga alam bisa dilakukan dengan berbagai hal. Tergantung apa yang bisa sobat greener FHI lakukan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menyetir kendaraan secara ramah lingkungan.

    Perilaku mengemudi ekonomis dan ramah lingkungan harus menjadi pedoman berkendara, karena:

    1. Hemat bahan bakar
    2. Ramah lingkungan
    3. Hemat biaya perawatan kendaraan
    4. Tidak membuat stres pengemudi
    5. Nyaman bagi penumpang.

    Prinsip Dasar Eco Driving antara lain,

    - Memindahkan Transmisi
    Pindahkan transmisi ke posisi yang lebih tinggi secepat mungkin. Kendaraan berbahan bakar bensin atau gas perlu melakukan perpindahan transmisi sebelum 2500 Rpm. Kendaraan bermesin disel perlu melakukan pemindahan transmisi sebelum putaran 2000 Rpm.

    -Pertahankan Kecepatan
    Kebanyakan tenaga mesin hanya terpakai untuk akselerasi atau kecepatan tinggi. Apabila pengemudi mempertahankan kecepatan dan putaran ekonomis, maka energi yang terbuang dan boros bahan bakar dapat dikurangi.

    - Hindari Pengereman dan Akselerasi yang Tidak Perlu
    Pengereman yang tak diperlukan akan memboroskan energi, oleh karena itu hindari akselerasi yang ekstrem, kecuali dalam keadaan terpaksa. Antisipasi kondisi lalu lintas dan tidak berada di belakang mobil lain terlalu dekat dapat menghemat bahan bakar hingga 5 - 10%.

    - Memperlambat Kendaraan dengan Lembut
    Ketika memperlambat atau menghentikan kendaraan, perlambat kendaraan dengan lembut dan persneling tetap dalam keadaan masuk. Untuk lebih menghemat bahan bakar, dapat juga dengan menetralkan segera transmisi/menekan pedal kopling (bila tenaga mesin untuk pengereman tidak diperlukan lagi) sehingga mesin akan secepatnya kembali pada putaran ideal dan sisa energi dorong (kinetis) kendaraan dapat dimanfaatkan sampai ke posisi yang diinginkan.

    - Mengemudi di Tanjakan dan Turunan
    Pada jalan mendaki diperlukan tenaga mesin yang lebih besar dibandingkan dengan jalan datar. Tergantung dari sudut tanjakan yang akan ditempuh, usahakan cara berikut ini:
    1. Sesuaikan putaran mesin
    2. Teknik perpindahan transmisi yang tepat dan cermat
    3. Manfaatkan kecepatan kendaraan untuk menempuh tanjakan berikutnya.

    - Matikan Mesin Bila Tidak Diperlukan
    Matikan mesin sewaktu perhentian singkat; pada lintasan jalan kereta api, lampu lalu lintas, atau sedang menunggu sesuatu yang berhentinya diperkirakan lebih dari 60 detik. Khusus untuk truk mixer; matikan mesin bila kendaraan tidak ada muatan jika diperkirakan waktu berhenti lebih dari 1 menit, misalnya saat membersihkan roda dari lumpur/tanah, waktu melapor pada pos satpam, jalan macet, dll. Ketika menghidupkan mesin kembali, jangan tekan pedal gas.

    - Mengemudi dengan Banyak Belokan
    Kurangi kecepatan saat mendekati belokan sampai mencapai kecepatan yang sesuai, bila perlu pengurangan kecepatan dilakukan dengan tenaga mesin atau sebisanya tanpa pengereman dan tidak menurunkan transmisi pada posisi yang lebih rendah. Bila sering melakukan akselerasi dan pengereman mendadak dengan putaran mesin tinggi, tidak saja meningkatkan konsumsi bahan bakar dan membuat rem lebih cepat aus, juga menyebabkan kondisi kurang baik pada pengemudi.

    - Muatan atau Beban
    Muatan/beban adalah faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar yang utama. Penambahan beban 100 kg pada kendaraan ukuran sedang (1500 kg) akan meningkatkan konsumsi bahan bakar sekitar 6 - 7%. Kurangi beban tambahan yang tidak perlu pada kendaraan.

    - Aerodinamis
    Faktor lain yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar adalah aerodinamis. Makin cepat laju kendaraan maka makin besar hambatan udara yang ditimbulkan, misalnya pada kecepatan 120km/jam dapat meningkatkan sedikitnya 20% pemakaian bahan bakar.

    - Tekanan Ban
    Memeriksa tekanan ban sangat lah penting agar hambatan gesek ban dapat dikurangi. Tekanan yang tidak sesuai, misalnya kurang 25% dari spesifikasi normal dapat meningkatkan tahanan gesek sampai 10% serta memboroskan bahan bakar sebesar 2%. Tekanan ban yang terlalu rendah juga mempunyai akibat kurang baik pada jarak pengereman. Untuk memastikan tekanan ban, periksa sedikitnya sekali sebulan.

    - Servis Berkala
    Servis berkala adalah faktor yang sangat penting untuk menghemat bahan bakar, membersihkan saringan udara, serta melaksanakan pekerjaan servis rutin lainnya dengan benar. Diakhiri dengan uji emisi yang dapat membantu sobat greener FHI menghemat bahan bakar. Oleh karena itu, lakukan pekerjaan servis berkala kendaraan sobat greener FHI pada bengkel yang kamu percaya.

    Source : Forumhijau.com

    Follow us : @ForumHijau_ID
     
    Fajar Sany likes this.
  2. kursitamu

    kursitamu Member

    Joined:
    Jul 12, 2015
    Messages:
    235
    Likes Received:
    8
    Trophy Points:
    18
    Nyetir harus ramah, patuhi aturan aturan yang ada demi keselamatan bersama. Dengan begitu akan tercipta kondisi jalan dan lingkungan yang baik ")
     
  3. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Taat pada rambu-rambu lalu-lintas,,,
    jangan gunakan ponsel saat mengemudi, karena bisa menimbulkan kecelakaan
     
  4. Fajar Sany

    Fajar Sany Member

    Joined:
    Jun 23, 2015
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Tips bagus, tapi sayangnya saya belum pernah nyetir... punya mobil pun tidak :(.
     
  5. Musa M

    Musa M Member

    Joined:
    Apr 29, 2014
    Messages:
    838
    Likes Received:
    57
    Trophy Points:
    28
    aku pya mobil tapi gak bisa di naikin , lebih parahkan bro:D
     
  6. Fajar Sany

    Fajar Sany Member

    Joined:
    Jun 23, 2015
    Messages:
    28
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    :D hahaha... mobil-mobilan?
     
  7. kenzie25

    kenzie25 Member

    Joined:
    Jun 1, 2015
    Messages:
    44
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    Wah ini nih tips yang dibutuhin buat orang-orang yang bisa nyetir mobil ( ga semua ya, cuman yang selengean aja bawa mobilnya). Bukan cuman mobil, tapi kaya angko*, kopaj*, bu*, tru* masih ada yang ugal-ugalan kan itu bisa membayakan orang yang ada disekitarnya, yang naik moto* jg ada semoga semua bisa saling menyadari dan menghormat kalau di jalan raya itu sebaiknya mematuhi aturan dan bekendera yang baik jangan sampe buat hal yang menyebabkan keburukan.
     
Loading...

Share This Page