Share Tips Menginap di Hotel Berbintang

Discussion in 'Tourism' started by KangAndre, Jun 20, 2015.

  1. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Beberapa waktu silam, saya bersama 40 guru dan anggota komite sekolah mendapat undangan seminar tentang komite sekolah yang diadakan Kanwil Pendidikan di sebuah hotel berbintang 3 di kota Batu - Malang Jawa timur. Berhubung banyak rombongan yang belum pernah menginap di hotel berbintang, banyak kejadian yang mengundang tawa.

    Setelah tiba di tempat tujuan dan mendapat pembagian kamar, mulailah ketidaktahuan tentang fasilitas hotel berbintang mulai muncul.
    "Loh, kok tidak langsung masuk kamar?" tanya saya kepada rombongan yang hanya duduk-duduk di depan kamar.
    "Iya, pak. Tunggu kunci pintu kamar," jawab mereka.
    "Bukannya tadi di lobby sudah diberikan?" lanjut saya.
    "Belum. cuma diberi kartu saja," sahutnya sambil memperlihatkan sebuah kartu tebal berwarna hijau.
    "Hahaha... itu kuncinya, Pak"
    Akhirnya saya memberi contoh cara membuka pintu dengan menempelkan pada sensor pintu.

    Persolaan tidak selesai di situ, beberapa orang menghampiri kamar saya, dan bertanya lagi.
    "Pak listriknya kok tidak menyala?"
    "Masukkan kartu kunci tadi ke tempat ini," sahut saya sambil menunjukkan lokasi kartu.

    Sebelum seminar di mulai, banyak kisah yang mengundang tawa semua orang, mulai kena semprot air panas sampai tidak berani minum wellcome drink takut disuruh membayar.

    Tips Menginap di Hotel Berbintang

    Mungkin masih banyak orang yang belum pernah menginap di hotel berbintang yang tentu saja berbeda fasilitasnya dengan hotel melati atau losmen. Oleh karena itu saya mencoba berbagi Tips Menginap di Hotel Berbintang, siapa tahu bisa berguna.

    Jika Anda telah melakukan reservasi terlebih dahulu, jangan lupa untuk konfirmasi kembali kepada pihak hotel sebelum Anda datang. Jadi, Anda lebih memastikan dan yakin bahwa pihak hotel sudah menyiapkan kamar untuk Anda.

    Saat check-in, Anda akan diminta untuk memberikan sejumlah uang untuk deposit. Kelebihan uang deposit tersebut akan dikembalikan jika Anda tidak melakukan pembelian selain tarif menginap kamar. Anda juga bisa melakukan deposit dengan menyerahkan kartu kredit.

    Sesampai di hotel dan jika Anda membawa banyak barang, jangan sungkan untuk meminta bantuan petugas hotel untuk membawakan barang Anda ke kamar. Jangan lupa memberikan uang tip kepada mereka. Uang tip sekadar ucapan terima kasih, besarnya bisa mulai dari Rp 10.000.

    Apabila Anda mendapatkan fasilitas penginapan hotel gratis, misalnya karena tugas kantor, Anda harus mengetahui fasilitas apa saja yang diberikan secara cuma-cuma dan fasilitas apa saja yang diharuskan untuk membayar kembali.

    Di hotel berbintang selalu terdapat bar kecil berupa kulkas mini dan peralatan makan, seperti cangkir dan sendok. Kulkas mini berisi aneka makanan dan minuman ringan. Tentu saja Anda akan dikenai biaya jika menikmati makanan dan minuman ringan tersebut. Namun, kopi dan teh yang diseduh sendiri gratis. Begitu pula air mineral botolan dan complimentary sebagai ucapan selamat datang, seperti buah.

    Masuk ke dalam kamar mandi, perlengkapan mandi bisa Anda gunakan secara gratis. Sebut saja sabun, sampo, dan sikat gigi. Biasanya perlengkapan mandi tersebut diletakkan di wadah kecil atau di dalam kotak karton. Namun, jangan sampai membawa pulang handuk, keset, atau hair dryer. Benda-benda ini merupakan peralatan hotel yang tidak bisa dibawa pulang.

    Bedakan pula antara keset dan handuk. Biasanya bentuknya mirip. Keset yang terlipat diletakkan di dekat bathtub, sedangkan handuk terlipat diletakkan di bagian atas, bisa di atas toilet ataubathtub.

    Kunci hotel di hotel berbintang berbentuk kartu sensor. Kartu ini juga berfungsi untuk menyalakan listrik di dalam kamar. Jika Anda mencabut kartu dari tempatnya, listrik akan padam. Jangan lupa membawa kunci setiap Anda keluar dari kamar. Jauhkan pula kartu kunci dari benda-benda elektronik.

    Jika Anda membawa barang-barang berharga, pihak hotel biasanya sudah menyiapkan safety deposit box. Simpanlah barang berharga Anda di kotak ini agar lebih aman dan terjaga. Jangan biarkan barang berharga tergeletak begitu saja di meja kamar.

    Saat memasuki kamar, petugas akan menunjukkan beberapa fasilitas kamar dan informasi seputar hotel, misalnya mengenai waktu sarapan atau cara menggunakan kunci kamar dan televisi. Apabila tidak ingin beranjak dari kamar untuk memesan makanan, Anda dapat menelepon layanan room service.

    Menginap di hotel berbintang biasanya sudah termasuk sarapan. Sarapan yang disajikan dalam bentuk prasmanan. Tanyakan kepada pihak hotel, di mana sarapan disajikan. Umumnya sarapan bisa Anda nikmati di restoran andalan hotel tersebut. Pastikan pula sarapan tersedia pada jam berapa. Waktu sarapan biasanya dari pukul 07.00 hingga 10.00.

    Perhatikan waktu check-out. Umumnya hotel memilih jam 12.00 sebagai batas akhir waktu menginap. Setiap hotel menerapkan kebijakan berbeda-beda untuk check-out yang terlambat. Ada hotel yang memberikan toleransi waktu check-out hingga jam 14.00. Apabila lebih dari waktu yang telah ditentukan, biasanya akan dikenakan biaya 50 persen dari harga kamar Anda per hari. Jika lebih dari jam 18.00, Anda akan dikenai biaya penuh menginap selama sehari.

    Jangan sungkan untuk bertanya kepada petugas hotel mengenai fasilitas dan layanan yang tersedia, misalnya fasilitas spa, fitness, dan kolam renang. Tanyakan apakah Anda bisa menggunakan fasilitas tersebut secara gratis atau harus mengeluarkan biaya lagi. Selain itu, jika Anda kurang mengerti cara mengoperasikan peralatan fitness yang mungkin baru pertama kali Anda temui, lebih baik tanyakan terlebih dahulu kepada petugas hotel.

    Tak semua hotel berbintang menyediakan fasilitas internet secara gratis. Oleh karena itu, tanyakan sebelum Anda meminta fasilitas internet tersebut. Jika selama menginap Anda sangat memerlukan internet, ada baiknya mencari hotel yang menyediakan internet secara gratis. Pastikan pula apakah fasilitas internet gratis tersedia di kamar atau hanya di luar kamar.

    Sebelum meninggalkan hotel, lakukan pengecekan kembali semua barang bawaan Anda. Jika ada barang Anda yang tertinggal di hotel berbintang, biasanya barang Anda akan tetap aman terjaga. Sebab, saat menemukan barang tamu di kamar, petugas hotel akan menyerahkan barang tersebut kepada pihak hotel.

    sumber: travel.kompas.com


    Mungkin jika dalam waktu dekat akan menginap di sebuah hotel berbintang, entah untuk liburan maupun urusan pekerjaan dan belum pernah memiliki pengalaman sebelumnya, semoga beberapa Tips Menginap di Hotel Berbintang di atas dapat berguna untuk Anda.

    Punya tips atau kisah lain tentang menginap di hotel berbintang?
     
  2. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Tips yang keren dan berguna buat saya nih... ngomong2, di hotel ada jual "martabak enak" gak? Wkwkwkwkwk
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Ada bang, seberang hotel, dekat tempat kursus, semoga masih jualan karena kemarin sempat pindah lokasi.. hahahaha....
     
  4. Samehadaku

    Samehadaku Guest

    wkwkwwkw masak nunggu kunci gembok om... sepertinya kurikulum tentang kunci menggunakan card harus ditambahkan *ketawa4*
     
  5. ais elkiram

    ais elkiram Well-Known Member

    Joined:
    Feb 10, 2015
    Messages:
    1,296
    Likes Received:
    220
    Trophy Points:
    63
    Perlu di usulin ke dinas pendidikan toe @KangAndre , kurikulum tambahan wkwkw
     
  6. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Maklum orang desa. Sepatu saja, dilepas dan ditaruh di depan pintu kamar hotel.
    Banyak juga yang mandi dan b.a.b. di kamar mandi musholla karena nggak tahu caranya wkwkwkwk...
     
    Last edited: Jun 20, 2015
  7. muchklis

    muchklis New Member

    Joined:
    Apr 19, 2015
    Messages:
    37
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    hahaha.. bawa rantang sama tiker ga sekalian?
     
  8. spg event

    spg event Member

    Joined:
    Dec 31, 2014
    Messages:
    482
    Likes Received:
    50
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    nulis thread nya di dalam kamar hotel nih seperti nya :D
    Kalo saya hotel hanya sebagai tempat tidur aja ga sempet nikmatin fasilitas2 nya,karna saat berkunjung ketempat yang inti nya gak bisa pulang kerumah pasti saya nikmati night life nya.Nah kalo dah capek ya molor deh di penginapan ( keseringan losmen aja yang muyah and meyiah )
     
  9. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Sama. Kalau mencari hotel sendiri yang murmer saja, jika mata sudah terpejam nggak melihat itu hotel atau pom bensin wkwkwk...
    Beberapa kali nginap di hotel berbintang karena diajak orang. :D
     
  10. Dimas Prasetiyo

    Dimas Prasetiyo Member

    Joined:
    Jun 2, 2015
    Messages:
    646
    Likes Received:
    46
    Trophy Points:
    28
    bos ada juga ya tips menginap di hotel mantap;);)
     
  11. creative

    creative Well-Known Member

    Joined:
    Oct 24, 2014
    Messages:
    1,725
    Likes Received:
    160
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Entar mau di terapin kalo mudik lebaran ne..
     
  12. Wawan Tamaram

    Wawan Tamaram Member

    Joined:
    May 28, 2015
    Messages:
    47
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    8
    Kocak Kang... jadi pengalaman yang tak terlupakan bagi mereka yang mengalami kejadian seperti yang ditulis di thread ini :)
     
  13. jamtangan77

    jamtangan77 New Member

    Joined:
    Jun 21, 2015
    Messages:
    19
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Weeeh tambah ilmu buat nginep di hotel2 seluruh Indonesia. Kadang suka gaptek sendiri klo di hotel yang teknologinya tinggi hehehehehe....
     
  14. asli3rut

    asli3rut Member

    Joined:
    Sep 6, 2014
    Messages:
    641
    Likes Received:
    44
    Trophy Points:
    28
    pengalaman berharga siapa tau suatu hati mengalamai menginap di hotel berbintang
     
  15. JaringanHosting

    JaringanHosting Member

    Joined:
    May 8, 2015
    Messages:
    384
    Likes Received:
    28
    Trophy Points:
    28
    jadi inget dulu sempat ngajakin sepupu buat nginep di hotel muli* senayan, pas bulan Ramadhan, dia 2 hari berturut-turut nggak bangun sahur, pas ditanya yang hari pertama, katanya tidurnya terlalu nyenyak, yang hari ke-2 dia nggak tau dimana buffet restonya, padahal saya udah nungguin sambil makan sahur, dia ga dateng2 tapi gak mau tanya juga, *bye*
     
  16. accsoleh

    accsoleh Member

    Joined:
    Oct 29, 2014
    Messages:
    197
    Likes Received:
    11
    Trophy Points:
    18
    Belum pernah nginep di hotel, :oops:
     
  17. ayahnyanadia

    ayahnyanadia Well-Known Member

    Joined:
    Apr 4, 2013
    Messages:
    1,369
    Likes Received:
    153
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    si abang ini, hotel berbintang memanglah tempatnya martabak enak pake tanda petik, macam mana kau tak tahu.. :D
     
  18. nelson sitompul

    nelson sitompul Super Level

    Joined:
    May 3, 2014
    Messages:
    2,285
    Likes Received:
    397
    Trophy Points:
    83
    Hahahaha.. bukannn ituuu... liat dong link nya ke artikel mana dan di dalamnya mengarah kmana.. hehehehe.. ini membuktikan share artikel di bersosial jarang ada kunjungan ke arah link.. hehehehe
     
  19. inna christna

    inna christna New Member

    Joined:
    Apr 30, 2015
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Google+:
    yhaahahaha hihihiii teknology udah canggih gan kayak di korean drama gitu masuk ruangan khusus pake kartu sistemnya pake sensor bukan gan, jhiihi*ketawa4**peace*
     
  20. AquariuZ

    AquariuZ Active Member

    Joined:
    Apr 16, 2015
    Messages:
    1,006
    Likes Received:
    88
    Trophy Points:
    48
    @nelson sitompul, kayaknya kalo di resto nya mungkin ada martabak enaknya...
    tapi kalo dalam kulkas, masa ada martabak taruh kulkas?
    @KangAndre, kalo juice di meja dekat kopi dan teh? gratis gak ya?
     
    nelson sitompul likes this.
Loading...

Share This Page