Ini Beneran, Uji Fisik Antara Samsung Galaxy S6 dan iPhone 6, Kuat mana coba?

Discussion in 'Smartphone & Mobile Technologies' started by ade yayat priyatna, Apr 7, 2015.

  1. ade yayat priyatna

    ade yayat priyatna Member

    Joined:
    Mar 29, 2015
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Antara Apple iPhone 6 dan Samsung Galaxy S6, menurut anda mana yang lebih kuat? Yups, pertanyaan ini tentunya akan disambut khalayak penggemar gadget di seluruh dunia dengan amat antusias. Beberapa akan memilih Apple iPhone 6 yang kualitasnya tak terbantahkan sejak dahulu kala. Sementara yang lain mungkin akan berpihak pada Samsung Galaxy S6 karena handset dari Samsung ini, terus mengalami pengembangan luar biasa, berkat motivasi kuatnya untuk dapat menjatuhkan Apple.

    Namun bagaimana jika hal ini dibuktikan secara real. Bukan sekedar omong kosong tentang teknologi yang digunakan, kaca safir atau spesifikasi dan software. Melainkan langsung diuji, handset mana yang paling tahan, setelah dilakuka berbagai pengujian ekstrim.

    Tampaknya hal ini jugalah yang melintas di benak para pecinta gadget yang menamakan diri mereka sebagai EverythinkApplePro. Dan hal ini juga langsung mereka buktikan secara real, melalui sebuah video berdurasi 11 menit yang mereka posting di channel YouTube mereka. Dalam video tersebut, sekelompok orang ini mencoba untuk menguji, mana yang lebih tangguh melalui beberapa tes ekstrim. Apakah Samsung galaxy S6 Edge ataukah Apple iPhone 6.

    [​IMG]

    Pengujian inipun dilakukan melalui beberapa tahap. Mulai dari yang ringan hingga yang paling berat dan dari ketinggian 3 meter pada tahap ketiga, dan dilakukan sebanyak dua kali. Pada sesi pertama tahap pertama, kedua handset tersebut dijatuhkan dari ketinggian setara saku celana ke atas permukaan aspal yang luar biasa kerasnya. Hal ini dilakukan untuk menguji, seandainya handset ini jatuh tanpa sengaja.

    Alhasil, kedua handset inipun masih baik-baik saja, meski mengalami lecet di beberapa bagian body, namun layarnya masih mulus, dan keduanya masih berfungsi dengan baik. Dilanjutkan ke tahap berikutnya, iPhone 6 dan Galaxy S6 Edge ini dijatuhkan dari ketinggian setara telinga. Kondisinya masih sama, hanya saja lecet nya bertambah, dan kaca pelindung kamera pada handset iPhone 6 telah pecah. Ajaibnya, Galaxy S6 masih mulus dan baik-baik saja.

    Di tahap ketiga, tidak tanggung-tanggung, kedua handset ini dijatuhkan dari ketinggian 10 kaki atau 3 meter. Namun dengan kondisi layar di bagian bawah. Buar, dan keduanyapun dijatuhkan. Setelah diperiksa, keduanya masih baik-baik saja. Namun si algojo masih belum puas. Iapun kembali mengulang pengujian untuk kedua kalinya, dan sesi keduapun dimulai.

    Keduanya kembali dijatuhkan dari posisi setinggi saku celana. Luar biasa, Galaxy S6 Edge sama sekali tidak apa-apa, namun iPhone 6 mengalami kerusakan fatal di bagian layarnya, yang mana retak dengan parah. Tahap kedua kembali diulang, keduanya dijatuhkan dari ketinggian setara kuping. Samsung Galaxy S6 Edge hanya mengalami beberapa retakan kecil pada bagian bawah layarnya, sementara iPhone 6 mengalami kerusakan yang lebih parah. Retakan besar di layarnya bertambah luas, namun masih berfungsi.

    Tespun dilanjutkan ke tahap ketiga. Kedua handset tangguh ini dibanting dari ketinggian 10 kaki atau setara 3 meter. Dilempar dan wow, keduanya benar-benar bertahan. Meski Samsung Galaxy S6 Edge mengalami retak di beberapa bagian layarnya, terutama di bagian atas layar. Namun layar ini masih utuh dan cukup mulus ketimbang layar safir milik iPhone 6 yang benar-benar pecah, meskipun tidak sampai berantakan. Namun ini tidak terlalu memuaskan, karena masih penasaran, handset Samsung Galaxy S6 Edge pun kembali dujatuhkan dari ketinggian yangg sama, namun dengan bagian punggung di bawah. Akhirnya, didapati hasil, bahwa punggung dari handset tangguh ini terbelah, meski tidak langsung copot. Namun masih lebih baik ketimbang kondisi iPhone 6

    Dan setelah dicoba untuk dihidupkan, wow! Keduanya masih hidup dan dapat berfungsi loh. Tapi ini masih belum berakhir. Ia kembali melakukan pengujian terakhir, dengan melindas kedua handset ini dengan mobil. Dan akhirnya, hasil yang dihrapkanpun muncul. Samsung Galaxy S6 Edge masih kut bertahan dan berfungsi dengan baik (meski layarnya agak retak dan sulit digunakan). Tapi sayang, tidak begitu dengan iPhone 6. Handset kebanggaan Apple ini ternyata tidak mampu menghadapi cobaan seberat ini. ia harus menerima nasibnya, terbaring melengkung dengan kondisi telah mati. Tidak berfungsi lagi.

    Hal ini membuktikan, bahwa Samsung Galaxy S6 Edge lebih tangguh dibandingkan Apple iPhone 6. Jika tidak percaya, tonton saja video berikut!



    Sumber: Diuji Ketahanan, Lebih Kuat Apple iPhone 6 atau Samsung Galaxy S6?
     
  2. Fahmi

    Fahmi Newbie

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    1,719
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Heran dah, kenapa sih banyak video gini, ya jelas mau hape apa juga dibanting2 di lindas mobile ya hancur lah -_- aneh kadang2
     
  3. ncang

    ncang Super Level

    Joined:
    Feb 7, 2013
    Messages:
    4,655
    Likes Received:
    761
    Trophy Points:
    113
    Google+:
    ini promosi ban mobil bukan gadget :D
     
  4. Fahmi

    Fahmi Newbie

    Joined:
    Dec 5, 2012
    Messages:
    1,719
    Likes Received:
    159
    Trophy Points:
    63
    Google+:
    Ban mobil kuat yeh, gak bocor ngelindes gadget :D
     
  5. zouero

    zouero Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    363
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    yang satu lebih berat kali ponselnya, makanya layarnya pecah duluan..
    tapi mending kasih saya aja itu daripada dipecahin *minta*
     
  6. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    yang bikin iphone mahal itu karena IOS, coba kalau pake android... kalau masalah uji test banting seperti ini iphone selalu kalah... :(
     
  7. ade yayat priyatna

    ade yayat priyatna Member

    Joined:
    Mar 29, 2015
    Messages:
    128
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    18
    Ah, menurut saya gak gitu juga kok. Emang iOS berperan besar pada harga iPhone. tapi coba lihat iPhone 5 dan pendahulunya. Pada kuat kan, di zamannya. yang jadi masalah itu adalah teknologi perlindung gadget yang sekarang makin canggih dan populer, serta makin murah ketimbang dulu. kayaknya seeh,,,
     
  8. tonbad

    tonbad Member

    Joined:
    Dec 21, 2014
    Messages:
    260
    Likes Received:
    24
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    oh begitu.... mungkin iphone juga ingin menekan biaya kali... setahu saya IOS nya yang paling bikin mahal, karena dengan ram 1 GB aja sudah mantap banget.. *berdasarkan pengalaman
     
  9. andi juhandi

    andi juhandi New Member

    Joined:
    Mar 21, 2015
    Messages:
    43
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    sayang banget tuh hpnya, mendingan kasih aja ke saya..
     

Share This Page