Merawat Jaket Kulit Dengan Benar?

Discussion in 'Infotainment' started by abbymolana, Oct 11, 2014.

  1. abbymolana

    abbymolana Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    187
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    Dalam kesempatan ini saya akan memaparkan cara merawat jaket kulit secara lengkap. Tips ini pasti berguna bagi para pecinta jaket kulit atau untuk anda yang baru saja membeli jaket kulit, supaya jaket kulit anda tetap awet dan tahan lama. Berikut ini cara merawat jaket kulit dengan benar:
    [​IMG]
    1. Berikan pelembab atau lotion pada jaket kulit dengan cara diolesi secara merata. Jika tidak ada lotian pakai “Kit” motor juga bisa. Minimal sebulan sekali anda harus mengolesi jaket kulit anda dengan lotion. Kemudian biarkan selama satu jam dan setelah itu bersihkan dengan lap kering yang bertekstur lembut sehingga tidak merusak jaket. Hal ini dilakukan untuk merawat kelembaban dan kelenturan jaket kulit.

    1. Jangan mencuci jaket kulit, apalagi dicuci dengan menggunakan deterjen dengan mesin cuci. Jika jaket kulit dicuci ini akan membuat bahan kulitnya melintir dan tidak rapi lagi. Efek dari penggunaan deterjen akan membuat kulit jaket kering, karena deterjen itu sifatnya panas. Jika sudah kering maka jaket kulit aka mudah mengelupas. Jika anda ingin membersihkannya, cukup dilap dengan kain basah kemudian diangin-anginkan namun jangan sampai terkena sinar matahari langsung.
    2. Jaket kulit memang mampu melindungi tubuh dari cuaca yang dingin, namun jangan menggunakan jaket kulit tatkala sedang hujan. Kondisi yang lembab dapat menyebabkan jamur dan bau yang tidak sedap serta menimbulkan bercak-bercak warna putih pada jaket. Kalaupun dalam keadaan terpaksa, jaket yang basah harus segera diangin-anginkan kembali agar kering. Untuk mempercepat bisa gunakan kipas angin.
    Jangan gunakan parfum pada jaket kulit Anda karena parfum juga adalah bahan kimia, sehingga dikhawatirkan akan merusak tekstur jaket kulit Anda.

    1. Ketika Jaket kulit anda terkena noda atau goresan yang ringan, kadang itu susah untuk menghilangkannya, tapi anda tak usah khawatir, anda bisa mengoleskan semir sepatu yang sesuai dengan warna jaket anda, tapi jangan menggunakan semir terlalu banyak, secukupnya saja. Lalu gosok dengan lap halus sampai rata dan menyatu dengan bahan kulitnya. Cek dengan menyentuh / colek kulit tersebut sampai tidak menempel di tangan. Jika terkena noda bisa juga diolesi minyak goring lalu digosok pakai kapas.
    Cara Merawat Jaket Kulit
    1. Gantungkanlah jaket kulit anda dengan hanger jika tidak dipakai, hal ini dilakukan agar kulitnya tidak mudah kusut dan lecek. Gantungkan di ruangan dengan suhu kamar, jangan di gantung di tempat yang lembab seperti di lemari, karena bisa menimbulkan tumbuhnya jamur. Jangan juga dilipat karena bekas lipatannya akan terlihat.
    2. Bagaimana jika resletingnya macet? cukup olesi lilin pada resleting dan naik turunkan kepala resletingnya untuk dicoba, tetapi jika resleting tidak bisa juga berjalan, cek apakah ada kerak berawarna putih pada resleting, jika memang ada kerak resleting pada resleting maka resleting memang harus diganti, tetapi jika resleting tidak mau membuka padahal masih bagus anda cukup menggantikan kepala resletingnya tanpa mengganti keseluruhan resletingnya.
    7.Bagaimana jika terlihat bekas lipatan?

    Bekas lipatan yang sering terjadi adalah pada bagian tangan. Untuk menjaga agar bekas lipatan itu tidak merusak kulit, maka oleskanlah pelembab pada bagian lipatan lalu gosok dengan lap halus dengan satu arah, lakukan berulang-ulang, sampai terlihat maksimal, kalau bisa lakukan ini 2 hari sekali. Untuk itu jangan sampai anda lupa untuk tetap merawat jaket kulit anda. Lebih baik merawat daripada memperbaiki.

    Begitulah cara merawat jaket kulit yang baik dan benar. Kunci dari perawatan jaket kulit adalah kedisiplinan anda. Jika anda malas untuk merawatnya maka dijamin jaket kulit anda tidak akan tahan lama.

    semoga tips cara merawat jaket kulit in bermanfaat untuk anda..
     
  2. abbymolana

    abbymolana Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    187
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    itu kualitas kulitnya aja yang kurang bagus biasanya lewat satu ato dua tahun harus di cat ulang, karena sering kena ujan dan kena terik matahari langsung juga berdampak pudarnya warna jaket kulit.
    kalo imitasi bukan warna pudar tapi pecah-pecah dan mengelupas, setau saya sih gitu gan
     
  3. abbymolana

    abbymolana Member

    Joined:
    Oct 11, 2014
    Messages:
    187
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    18
    warna pudar tergantung jenis kulit, kalo kulit menengah kebawah emang makin lama makin pudar dan butu cat ulang, tapi kalo yang mahal kualitas super justru makin lama makin kinclong
     
  4. attanacherrie

    attanacherrie New Member

    Joined:
    Feb 18, 2015
    Messages:
    2
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Nice info nih.. :D
    Jadi tau utk tentang kulit2an..
     

Share This Page