Tips Melawan Stres

Discussion in 'Health & Medical' started by ludhy, Feb 5, 2015.

  1. ludhy

    ludhy Member

    Joined:
    Jan 7, 2015
    Messages:
    216
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Infonitas.com - Stres karena pekerjaan lazim dialami kaum pekerja. Hal itu dapat memicu ganguan psikologis, relasi, dan kesehatan. Berikut cara sehat melawan stres berdasarkan catatan dari Dra.Ine Indriani, M.Psi., spesialis psikolog Rumah Sakit Pantai Indah Kapuk:

    1. Mengenal Diri Sendiri

    Untuk mengenal diri sendiri, kenali dulu pikiran, perasaan, kondisi lingkungan, reaksi lazim selama stres: cenderung untuk lari dari masalah, menyalahkan diri sendiri, menyalahkan orang lain, mengalihkan ke kebiasaan negatif, atau menghadapi masalah tersebut? Ingat tindakan negatif akan memperburuk keadaan.

    2. Kegiatan Positif

    Jika stres, lakukan hal-hal berbau positif untuk melawan niat melakukan perbuatan negatif. Menjaga batasan pada diri sendiri terhadap dunia kerja, beri kesempatan untuk me-recharge energy dengan berlibur, melakukan kegiatan hobi, dan cobalah untuk berdiskusi dengan atasan. Buatlah rencana kerja dengan baik untuk setiap harinya.

    3. Mencari Dukungan Keluarga

    Cobalah untuk mencari dukungan (support) dari keluarga, rekan kerja, atau teman yang Anda percaya. Berfikirlah bahwa Anda tidak sendirian, ada orang-orang yang juga pernah mengalami stres.

    4. Belajar dari Idola

    Mencari informasi cara mengelola stres dari orang yang diidolakan, yang mampu memberi insprirasi bagi Anda.

    5. Konsultasi

    Bila di perusahaan Anda memiliki employee assistance program (EAP), Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang penanganan stres atau mencari info ketersedian konseling karyawan. Bila tidak tersedia, bisa berkonsultasi ke profesional, seperti psikolog yang dapat membantu mengatasi dan mengelola stres, serta mengubah perilaku negatif.
     
  2. danu

    danu New Member

    Joined:
    Dec 19, 2014
    Messages:
    20
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    hidup bagai air aja gan biar gak gampang stress.. gak usah banyak keinginan, karena kata Bang Iwan Keinginan itu sumber Penderitaan....*akhirnya*
     
  3. amin28

    amin28 Member

    Joined:
    Dec 30, 2014
    Messages:
    112
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    18
    Rajin piknik biar ga gampang stres
     
Loading...

Share This Page