Bahaya Minum Cola Setiap Hari!

Discussion in 'Health & Medical' started by ajib firman, Oct 6, 2020.

  1. ajib firman

    ajib firman Member

    Joined:
    Sep 19, 2020
    Messages:
    23
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    Sobat sehat, Banyak sekali yang bertanya kepada saya tentang minuman bersoda yaitu Coca-Cola. Banyak yang bertanya “Boleh tidak ya saya minum cola setiap hari?” atau pun “Boleh tidak ya saya minum minuman soda setiap hari?” Dan banyak juga orang tua yang mengatakan “Anak saya suka minum minuman bersoda, apakah itu baik untuk jangka panjang ?”.

    Itu semua tergantung pada Berapa banyak cola atau minuman bersoda yang anda konsumsi setiap harinya, dan saya akan melihat apa dulu isi dan kandungan dari minuman tersebut. Disini saya ambil contoh salah satu minuman bersoda yaitu Cola, Nutrition Facts nya adalah dibawah ini:

    Berdasarkan Nutrition facts diatas, cola berukuran 600ml mengandung kalori sebanyak 230 dan gula sebanyak 75 gram, Jika anda mengkonsumsi nya pagi siang dan malam maka tentu saja kadar gula yang anda konsumsi adalah melebihi batas wajar. Kementrian kesehatan RI mengatakan bahwa “Kadar gula yang kita konsumsi dalam satu hari maksimal adalah 50 gram”.

    Nah sekarang kita lihat dalam satu botol cola berukuran 600 ml saja sudah mengandung 75 gram gula. Jika dalam satu hari mengkonsumsi 3 kali maka sudah 225 gram gula.

    Jika anda mengkonsumsi setiap harinya 225 gram gula maka anda akan beresiko tinggi terkena diabetes atau kencing manis. Selain itu juga bagi anda yang masih usia remaja jika terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda akan menimbulkan jerawat pada wajah.

    Jika kita lihat dari sisi lain, cola juga mengandung yang namanya SODA, dimana soda ini dapat menyebabkan kembung pada perut atau pada lambung anda.

    Jadi bagi anda yang mempunyai riwayat penyakit Maag atau Gastritis jika mengkonsumsi minuman cola ini maka akan mengakibatkan perut atau lambung anda begah, yang akhirnya mengalami gangguan pencernaan. Beberapa orang akan mengalami gangguan seperti diare.

    Itu tadi adalah pandangan dari sisi kandungan gulanya, sekarang kita lihat dari sisi kandungan kalori nya. Satu botol cola berukuran 600 ml mengandung kalori sebanyak 275 kalori, jika anda mengkonsumsi 3 botol cola maka anda mengkonsumsi sebanyak 825 kalori, dan Angka 825 ini merupakan angka yang cukup besar.

    Jika seminggu saja anda mengkonsumsi cola, bisa saja berat badan anda akan naik sekitar 1 kg.

    Penyebab naiknya berat badan bukan hanya karena soda namun minuman-minuman kaleng lainya yang juga mengandung gula dan kalori juga dapat meningkatkan naiknya berat badan.

    Di Amerika, mengkonsumsi cola adalah hal yang wajar apalagi di Amerika terdapat banyak restoran cepat saji, sehingga bisa saja dari pagi hingga malam minumanya adalah minuman bersoda dan wajar saja angka obesitas di Amerika mencapai 30%. Dan di Indonesia pun juga hampir sama dengan Amerika, jumlah pengonsumsi minuman bersoda semakin meningkat, karena memang rasa cola yang nikmat sehingga banyak orang Indonesia yang suka dengan minuman bersoda salah satunya cola.

    Tapi kita juga harus sadar bahwa minuman tersebut jika dikonsumsi dalam jangka panjang dan dengan jumlah yang belebihan akan berakibat tidak baik untuk kesehatan kita terutama pada anak-anak. Jangan sampai anak-anak yang masih dibawah umur 5 tahun sudah di beri minum soda karena itu sangat tidak baik dan sama sekali tidak sehat.

    Oke sobat sehat, mungkin itu informasi yang dapat jelaskan. Terimakasih dan sampai jumpa
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Mending minum air kelapa daripada minum cola kalau jangka panjang efeknya merugikan kesehatan, bahkan air kelapa dapat menetralisir racun katanya, beli kelapa muda juga membantu produk dalam negri dibeli di negrinya sendiri
     
    ajib firman likes this.
  3. Agustian

    Agustian Member

    Joined:
    Aug 20, 2015
    Messages:
    167
    Likes Received:
    14
    Trophy Points:
    18
  4. ajib firman

    ajib firman Member

    Joined:
    Sep 19, 2020
    Messages:
    23
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    bahaya jika dikonsumsi terus-menerus, karena keduanya sama-sama tinggi akan gula, sedangkan gula adalah penyebab utama obesitas dan diabetes.
     
  5. ajib firman

    ajib firman Member

    Joined:
    Sep 19, 2020
    Messages:
    23
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    apalagi kelapa wulung sangat bermanfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi dengan cara di bakar telebih dahulu.
     
    blackking likes this.
Loading...

Share This Page