Tips Awal untuk Berjualan Online Paling Efektif Buat Pemula

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Aug 28, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Awal untuk berjualan online yang efektif adalah kita perlu mengetahui pasar yang akan dihadapi, serta beberapa pengetahuan dan tindakan yang perlu dilakukan pada aktivitas tersebut agar meraih hasil yang maksimal.

    Mengingat banyaknya persaingan yang ada di berbagai platform media, baik itu website marketplace, media sosial, dan website penjual itu sendiri. Sangat perlu untuk kamu menggunakan strategi yang lebih, untuk mengungguli pada kempetitor.
    Apalagi untuk kamu yang baru akan terjun ke dalam dunia bisnis, banyak hal yang harus kamu ketahui terlebih dahulu sebelum lebih lanjut mendalami bisnis kamu.

    Berikut ini adalah beberapa tips untuk bagaimana berjualan online dengan cara yang paling efektif.

    1. Melakukan Riset! Lihatlah Pasar dan Pilih Produk yang Tepat.

    Untuk kamu yang baru mulai, maupun kamu yang sudah menajalani, penting bagi kalian untuk mengenal pasar dan menentukan produk atau jasa apa yang akan kamu tawarkan pada calon pembeli nantinya.

    Tentu hal ini juga bergantung kepada beragam faktor, tetapi secara garis besar, produk dan jasa apapun dapat kamu jual di internet. Jadi lakukanlah riset secara menyeluruh tentang bisnis apa yang akan kamu lakukan nantinya.

    2. Menghitung Biaya Produksi

    Selanjutnya, sebelum kamu memulai jual produk atau jasa yang sudah tentukan, kamu juga harus melakukan perhitungan berapakah biaya produksi atau operasional yang akan dikeluarkan, untuk modal awal serta pemasaran.

    3. Menentukan Harga Jual

    Setelah biaya produksi, kamu harus menentukan berapa harga jual yang akan kamu terapkan untuk setiap produk atau jasa. Biasanya, suatu produk akan dijual minimal 30% dari biasa produksi.

    4. Membuat Rencana Bisnis

    Tahap selanjutnya adalah membuat suatu rencana bisnis. Seperti menentukan platform jualan dan juga anggaran untuk promosi. Dalam menyusun rencana bisnis, baiknya kamu membuat dengan ringkas dan jelas, agar bisnis kamu berjalan sesuai rencana dan tidak mengalami kegagalan.

    5. Menentukan Platform Jualan yang Digunakan

    Menentukan platform jualan online yang akan kamu gunakan, saat ini sudah tersedia beragam pilihan yang bisa dicoba. Kamu dapat memilih satu, beberapa, atau keseluruhan platform yang tentunya akan membuat bisnis kamu semakin baik.

    6. Bergabung dengan Komunitas Penjual Online

    Bergabung dengan komunitas penjual online yang ada, untuk membantu kamu belajar banyak dari pengalaman orang lain. Mencari mentor ataupun mereka yang tak segan untuk berbagi tips dan trik yang patut dicoba.

    7. Menyiapkan Materi Jualan untuk Pemasaran Digital

    Setelah kamu memiliki toko dan bergabung dengan komunitas online, saatnya mulai berjualan. Tapi akan sia-sia jika produk yang kamu jual belum banyak diketahui oleh khalayak luas. Jadi, kamu bisa memulai pemasaran produk dengan media digital, yang memanfaatkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya.

    Jadi, itu beberapa tips dari kami. Selamat mencoba dan semoga bisnis kamu akan berkembang pesat yah!

    Serta jangan lupa, Gunakan softwear Omnichannel Genie yang bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, bisnis kamu akan lebih berkembang dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi.
     
  2. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Berdasar pengalaman teman teman yang sudah berkecimpung dalam bisnis online, platform jualan online yang paling efektif apa ya? website, marketplace, social media, whatsapp atau apa?
     
  3. marchesale

    marchesale Member

    Joined:
    Aug 31, 2020
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    halo bang bisa diberikan contoh komunitas penjualan soalnya pengen gabung
     
  4. Yandiahmadgandasaputra

    Yandiahmadgandasaputra Member

    Joined:
    Aug 4, 2020
    Messages:
    112
    Likes Received:
    9
    Trophy Points:
    18
    Bisnis online yang sedang populer dan banyak pelakunya di tahun 2020 ini apa ya?..Terimakasih.
     
  5. arissaputro

    arissaputro Member

    Joined:
    Sep 27, 2020
    Messages:
    42
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    halo mas achbarfarizqy bagaimana rumus menghitung biaya produksi biar di tengah jalan enggak kolaps?
     
Loading...

Share This Page