Punya Bisnis Online? Ini Kelebihan Berjualan Online Melalui Marketplace

Discussion in 'Online Business' started by achbarfarizqy, Jun 26, 2020.

  1. achbarfarizqy

    achbarfarizqy Member

    Joined:
    Jun 18, 2020
    Messages:
    64
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    asd(9).jpg
    Mungkin sudah banyak atau sudah tidak asing dengan marketplace atau online marketplace. Istilah marketplace memiliki banyak makna dalam dunia bisnis.

    Seperti, tempat di mana penjual yang beragam dengan produk yang sama dan pembeli yang memiliki niat yang sama. Atau, sederhanannya adalah tempat di mana penjual dan pembeli bertemu seperti makna pasar yang sesungguhnya.

    Zaman sekarang, orang-orang lebih memilih melakukan jual-beli melalui online maketplace karena mudah dan juga praktis. Kamu tidak perlu menyewa lapak atau ruko untuk menjajahkan barang jualan, cukup dengan online marketplace semua bisa dilakukan.

    Namun, sebelum kamu berjualan dalam online marketplace, ada beberapa kelebihan yang perlu kamu ketahui:

    1. Melalui Komunitas, Peluang Lebih Besar

    Online marketplace dapat dikatakan sebagai tempat para penjual yang beragam berkumpul. Melalui platform ini kamu bisa menciptakan peluang besar dengan membangun relasi dengan penjual lain melalui komunitas. Dalam komunitas, kamu bisa berbagi ilmu, peluang dan bekerja sama membangun peluang bisnis baru.

    2. Bisa Memantau Perkembangan Bisnis

    Mungkin beberapa pengguna online marketplace biasa menggunakan fitur insight. Fitur ini dapat memantau seberapa orang yang berkunjung ke toko online kamu, jumlah orang merespon, jumlah orang yang melakukan komunikasi, dan jumlah yang membeli produk kamu. Dengan kamu bisa memantau grafik perkembangan bisnis, kamu dapat mengevaluasi produk, strategi pemasaran, atau bisa mengetahui efektifitas dan kinerja.

    3. Fitur dan Regulasi Online Marketplace

    Online marketplace biasanya memiliki fitur atau regulasi yang bisa meningkatkan kredibilitas dan juga keamanan toko kamu. Fitur yang biasanya diberikan oleh online marketplace adalah fitur asuransi, integrasi pembayaran, promosi, rekening bersama, dan juga verifikasi toko.

    Adanya fitur reputasi dan verifikasi yang dimiliki oleh online marketplace dapat mempengaruhi kepercayaan pelanggan untuk membeli produk kamu.

    4. Modal yang Lebih Sedikit

    Tidak sama dengan offline marketplace, platform online tidak perlu menyewa tempat. Beberapa online marketplace yang sudah terintegrasi biasanya menerapkan pajak untuk biaya sewa. Namun biayanya tidak sebesar kamu menyewa ruko.

    5. Memiliki Konsumen

    Melalui online marketplace, kamu gak perlu takut tidak ada pembeli. Karena setiap harinya platform ini dikunjungi oleh jutaan orang. Hal ini menunjukan bahwa aktivitas jual-beli online terutama di Indonesia sangat besar. Dan biasanya pelanggan yang membuka aplikasi online marketplace memang memiliki niat untuk membeli barang tertentu.

    Selain itu, kemudahan akses yang diberikan oleh online marketplace lainnya adalah mempermudah calon pelanggan untuk terus menjangkau toko kamu. Para calon pelanggan akan mengakses online marketplace kapan pun dan di mana pun.

    Jadi, itulah beberapa kelebihan berjualan di online marketplace. Semoga kamu bisa berjualan dengan mudah dan bisnismu terus berkembang.

    Tentunya kamu juga bisa menggunakan softwear yang membantu dan memudahkan bisnis kamu. Genie bisa membantu kamu berjualan di berbagai platform hanya dengan satu sistem. Dengan begitu, bisnis kamu bisa lebih baik lagi dan mendapatkan cuan yang lebih banyak lagi.


    Kamu bisa langsung mengunjungi website Genie di https://genie.shop/
     
    Om Toni likes this.
  2. Hari Agustomo Nugroho

    Hari Agustomo Nugroho Active Member

    Joined:
    Mar 13, 2015
    Messages:
    1,195
    Likes Received:
    78
    Trophy Points:
    48
    Google+:
    Ada rencana membuat toko online sih, tapi untuk sekarang kayaknya saya belum bisa, soalnya masih terikat pekerjaan di dunia nyata, :D
     
  3. Om Toni

    Om Toni Member

    Joined:
    Feb 11, 2017
    Messages:
    339
    Likes Received:
    84
    Trophy Points:
    28
    Kalau reseller dropshipper masih ada peluang laku tidak ya jualan di marketplace? Soalnya saya perhatikan yang pasang harga murah rata rata adalah produsen langsung atau distributor besar. Otomatis seller kecil susah menyaingi harga yang mereka tawarkan pada konsumen
     
  4. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    50
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    tapi kl jualan di marketplace hrs bs bersaing sy soalny kompetitorny byk. kl mau tawarin harga trjangkau, sering kasih promo, cepet bales chat biar pelanggan betah
     
  5. Triana A.

    Triana A. Member

    Joined:
    Jun 19, 2020
    Messages:
    50
    Likes Received:
    3
    Trophy Points:
    8
    kalo mau jualanny di marketplace yg beda dr distributor. kl sama psti susah krn harga mereka psti lebih murah. bbrp marketplace ad jg yg ngelarang internal dropshipping kyk gt contohny Tokopedia
     
Loading...

Share This Page