Tentang Lagu Rock Dan Karakteristiknya

Discussion in 'General Discussion' started by permatakute, Mar 22, 2017.

  1. permatakute

    permatakute Member

    Joined:
    Nov 29, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Dunia musik memang luas dan beragam kategorinya, untuk yang suka kata-kata romantis dan irama yang ringan silahkan mendengar lagu-lagu pop, bagi yang suka suasana yang ramai dan bergoyang silahkan mengeksplor di kategori musik dangdut, yang muda dan suka aliran musik yang modern silahkan menemui musik EDM, dll.... Dan ada sebuah genre musik sangat khas dan tidak bisa kita abaikan yaitu aliran musik rock. Cobalah kita mengupasnya di artikel ini ya.

    Asal usul musik rock dan definisinya

    Musik rock adalah genre musik populer yang mulai diketahui secara umum pada pertengahan tahun 50-an. Akarnya berasal dari rhythm and blues, musik country dari tahun 40 dan 50-an serta berbagai pengaruh lainnya. Selanjutnya, musik rock juga mengambil gaya dari berbagai musik lainnya, termasuk musik rakyat (folk music), jazz dan musik klasik. Bagi musik rock Indonesia memang sejarahnya panjang. Wajar aja, soalnya banyak sekali para musisi hingga band-band yang punya andil besar dan akhirnya membuat kita bisa menikmati musik rock sampai detik ini. Sebenarnya mengetahui perjalanan panjang musik rock Indonesia penting juga buat sebagai ilmu pengetahuan apa lagi jika kamu penggemar musik rock maka pasti ilmu ini sangat penting.

    Karakteristik dari musik rock

    Pada umumnya, lagu rock berpusat pada gitar listrik, yang terbentuk sebagai bentuk modern pada 1950an dengan adanya kepopuleran rock and roll. Instrumen ini biasanya didukung oleh gitar bass yang menjadi pionir pada musik jazz di waktu yang sama, dan suara perkusi yang dihasilkan dari drum kit yang menggabungkan drum dengan simbal. Ketiga instrumen ini biasanya juga menggunakan instrumen yang lainnya khususnya kibor seperti piano, organ, synthesizer. Sekelompok musisi yang memainkan musik rok dinamakan band rock atau grup rock dan biasanya terdiri antara 2 sampai 5 orang. Umumnya, sebuah band rock berbentuk kuartet yang masing-masing anggotanya memegang satu atau beberapa peranan, yaitu vokalis, gitaris utama, gitaris ritme, gitaris bass, drummer dan kadang-kadang juga berisi pemain kibor atau pemain musik lainnya.

    Bagaimana dengan kata-kata lirik musik rock ?

    Tidak seperti gaya musik lain, lirik pada musik rock mempunyai tema yang luas daripada hanya tema cinta seperti: asmara, perlawanan terhadap pemerintah, serta keadaan sosial dan gaya hidup. Tema ini diambil dari beberapa sumber seperti tradisi pop Tin Pan Alley, musik folk dan rhythym and blues. Jurnalis musik Robert Christgau mengkarakteristikan lirik musik rok sebagai “keren tingkat menengah” dengan kalimat yang sederhana dan refrain yang diulang-ulang, dan memang benar bahwa “fungsi” utama musik rok adalah untuk musik, atau, lebih banyak umumnya kebisingan. Dengan didominasi oleh kaum kulit putih, pria dan musisi kelas menengah pada musik rok sudah menjadi umum dan musik rok sering menyatukan unsur musik orang kulit hitam untuk yang muda, putih dan sebagian besar penontonnya laki-laki. Hasilnya telah terlihat dengan adanya penggabungan kedua gaya serta liriknya.
     
  2. annurmusic

    annurmusic New Member

    Joined:
    Sep 4, 2017
    Messages:
    7
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
  3. permatakute

    permatakute Member

    Joined:
    Nov 29, 2016
    Messages:
    231
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    makasih bro.........................
     
  4. HanyaSatu

    HanyaSatu Member

    Joined:
    Aug 28, 2017
    Messages:
    896
    Likes Received:
    56
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Makasih infonya, jadi benar ya asal usulnya itu memang bukan dari indo, jaman dulu dari presiden pertama kabarnya baru pak jokowi yg demen ke musik rock, salut dah
     
    permatakute likes this.
  5. dimas arya

    dimas arya New Member

    Joined:
    Oct 23, 2017
    Messages:
    4
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    Ini sisi spesial yang saya suka dari musik rock gan
     
    permatakute likes this.
  6. Erwin Lagu

    Erwin Lagu New Member

    Joined:
    Aug 5, 2017
    Messages:
    12
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Aku Gak terlalu suka lagu rock sih hehe. Beda kalau lagu rock dari anime, nah itu baru aku suka wkwkwk
     
Loading...

Share This Page