Inilah 11 Manfaat Ciplukan bagi tubuh

Discussion in 'Health & Medical' started by foxtrot99, May 2, 2017.

?

Apakah informasi ini bermanfaat?

  1. YA

    0 vote(s)
    0.0%
  2. TIDAK

    0 vote(s)
    0.0%
  1. foxtrot99

    foxtrot99 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Buah yang satu ini, dulu dapat dengan mudah di temukan di daerah persawahan ataupun ladang, ciplukan dapat tumbuh subur disana. Tetapi saat ini, rasanya susah untuk bisa menemukannya.

    Ciplukan mempunyai nama latin Physalis Peruviana, merupakan buah yang berasal dari Peru. Di beberapa negara seperti Afrika Selatan, Inggris, Australia ataupun Selandia Baru, ciplukan disebut dengan Cape gooseberry atau Physalis. Dan ternyata, meskipun dulu sempat diabaikan, ciplukan ini merupakan buah yang harganya termasuk mahal.

    [​IMG]
    Kandungan nutrisi buah Ciplukan​

    Manfaat buah Ciplukan :

    Setelah mengetahui atau berkenalan dengan Ciplukan, kita akan segera mengetahui manfaat Ciplukan. Buah ini ternyata mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Simak informasi dibawah ini untuk mengetahui manfaat dari Ciplukan.

    1. Mampu menyembuhkan flu dan radang tenggorokan

    Salah satu manfaat dari buah Ciplukan adalah mampu menyembuhkan flu dan radang tenggorokan. Ternyata, daun dan akar dari tanaman ini mengandung nutrisi juga yang dapat menyembuhkan penyakit seperti flu dan radang tenggorokan.

    Ambil daun dan akarnya atau bisa juga seluruh bagian dari tanaman, lalu bersihkan dan potong-potong hingga dalam bentuk yang cukup kecil. Lalu keringkan hasil potongan tadi. Setelah itu, masukkan ke dalam air mendidih, tunggu sampai cukup larut (seperti membuat teh). Minumlah hasil rebusan tadi sebanyak 3 x sehari.

    2. Melindungi hati dan ginjal

    Selain bermanfaat dalam menyembuhkan flu dan radang tenggorokan, akar dari tanaman Ciplukan juga mampu melindungi hati dan ginjal. Penelitian menyebutkan bahwa akar dari tanaman ini mampu melindungi tubuh dari penyakit fibrosis. Sehingga hati dan ginjal tidak akan kekurangan cairan dalam jaringan dan akan tetap sehat serta terhindar dari fibrosis.

    3. Baik bagi ibu hamil

    Zat besi yang ditemukan dalam buah Ciplukan merupakan zat yang penting bagi ibu hamil. Setiap harinya, seorang ibu hamil membutuhkan zat besi sekitar 27 mg. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari, buah Ciplukan akan bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan zat besi dan menambah perlindungan tubuh dari berbagai macam penyakit.

    4. Mengobati diabetes

    Salah satu manfaat dari buah Ciplukan adalah mampu mengobati diabetes. Cara untuk melakukan pengobatan diabetes dengan Ciplukan, hampir sama dengan cara saat mengobati flu dan radang tenggorokan. Hanya saja, saat merebus tanaman Ciplukan, gunakan 2 gelas air saja dan rebus sampai tersisa 1 gelas air. Lakukan hal tersebut di pagi hari, sisa rebusan dapat direbus kembali dan diminum untuk siang harinya.

    [​IMG]
    Buah Ciplukan

    5. Mengobati penyakit paru-paru

    Tanaman dari buah Ciplukan ini ternyata juga mampu bermanfaat dalam mengobati penyakit paru-paru. Cara pengobatan sama seperti yang telah disebutkan, namun gunakan 3-5 gelas air. Rebus dalam air mendidih dan pastikan telah larut, setelah itu air rebusan bisa diminum sebanyak 3 kali sehari.

    6. Dapat mengobati epilepsi

    Ada banyak kandungan nutrisi yang terdapat dalam buah Ciplukan, mulai dari vitamin dan mineral. Nutrisi ini ternyata mampu menyembuhkan epilepsi atau setidaknya meringankan, cukup makan buah Ciplukan 8 - 10 buah per hari.

    7. Mempercepat penyembuhan luka

    Vitamin C yang terdapat dalam buah Ciplukan, membuat buah ini mampu mempercepat produksi kolagen dalam tubuh dan pada akhirnya akan mempercepat penyembuhan luka. Selain itu buah Ciplukan juga mempunyai antioksidan yang cukup penting bagi tubuh.

    8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

    Dalam buah Ciplukan terkandung Vitamin A, C dan juga antioksidan. Nutrisi tersebut merupakan nutrisi yang penting dalam memerangi radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Radikal bebas mampu mengubah sel dalam tubuh menjadi rusak atau bahkan dalam kondisi parah, menyebabkan kanker. Mengonsumsi buah Ciplukan tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit.

    9. Meningkatkan fungsi kardiovaskular

    Buah Ciplukan kaya akan Vitamin B1. Vitamin B1 akan membantu proses produksi asetilkolin, yang mengirimkan pesan/perintah ke otot dan saraf. Jika tubuh kekurangan asetilkolin, detak jantung akan menjadi tidak teratur dan berbahaya bagi tubuh.

    [​IMG]
    Buah Ciplukan yang belum dipetik​


    10. Menjaga penglihatan

    Seperti yang telah disebutkan bahwa salah satu kandungan dalam buah Ciplukan adalah Vitamin A. Kekurangan vitamin A akan mengakibatkan gangguan pada mata seperti menurunnya kemampuan mata saat melihat dalam kondisi yang kurang cahaya.

    Dengan mengonsumsi buah Ciplukan akan membawa manfaat seperti meningkatkan dan menjaga penglihatan dan juga memperlambat penuaan pada mata yang meningkat seiring bertambahnya usia.

    11. Membantu meringankan radang sendi

    Nyeri yang disebabkan karena radang sendi dapat dikurangi dengan cara memompa lebih banyak darah pada daerah yang terkena radang sendi. Buah Ciplukan mengandung niasin yang bermanfaat dalam meningkatkan aliran darah ke beberapa bagian tubuh yang pada akhirnya bisa meringankan rasa sakit akibat radang sendi.

    Sumber
     
  2. foxtrot99

    foxtrot99 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    kalo untuk menyembuhkan mungkin tidak, tetapi kalo untuk meredakan rasa sakit mungkin bisa.
     
  3. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    sering saya makan sewaktu masih SD :D
     
  4. foxtrot99

    foxtrot99 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    enak kan kang ?. dulu di desa saya banyak buah ini, kemarin pas pulang kampung sudah nggk ada. skarang susah nyarinya. :(
     
  5. KangAndre

    KangAndre Member

    Joined:
    Jan 25, 2014
    Messages:
    10,244
    Likes Received:
    2,714
    Trophy Points:
    413
    Enak, tapi bisa bikin mabuk kalau makan banyak.
    Saya pernah pusing dan mual ... :D
     
  6. foxtrot99

    foxtrot99 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    wah kalo saya belum pernah sampai segitu kang,haha :D
     
Loading...

Share This Page