12 Manfaat Alpukat untuk tubuh

Discussion in 'Health & Medical' started by foxtrot99, Apr 27, 2017.

?

Apakah informasi ini bermanfaat?

  1. ya

    0 vote(s)
    0.0%
  2. tidak

    0 vote(s)
    0.0%
  1. foxtrot99

    foxtrot99 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Alpukat, buah yang satu ini merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah dan Mexico. Buah ini memiliki nama latin Persea americana. Sedangkan nama lain Alpukat adalah alligator pear atau butter fruit. Alpukat dapat tumbuh di negara tropis ataupun dengan iklim mediterania.

    Meskipun buah ini banyak mengandung lemak, tetapi lemak yang terkandung didalamnya masih termasuk lemak yang baik. Selain dapat dimakan secara langsung, Alpukat dapat diolah dalam berbagai bentuk seperti jus ataupun dicampur dengan makanan lainnya.


    [​IMG]
    Kandungan nutrisi pada Alpukat
    Manfaat buah Alpukat :

    Ada banyak manfaat yang terkandung di dalam buah yang satu ini. Alpukat setidaknya mengandung 7 vitamin utama yang penting, seperti vitamin A, B-6, B-12, C, D, E dan K. Selain itu terdapat berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Nutrisi yang terdapat pada Alpukat tentu akan bermanfaat bagi tubuh, untuk lebih jelasnya akan dijelaskan di bawah ini.

    1. Menyehatkan kulit

    Alpukat mengandung banyak lemak, namun lemak ini adalah lemak yang baik. Lemak ini merupakan lemak yang tidak jenuh, sehingga tidak akan menyumbat arteri. Terdapat 2 jenis lemak takjenuh pada buah Alpukat yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda.

    Lemak tak jenuh ganda akan menjaga kulit agar terlindungi dari kerusakan sinar matahari dan juga terhindar dari inflamasi (peradangan) pada kulit. Lemak tak jenuh tunggal akan menjaga kelembaban kulit bagian luar dan juga mencegah timbulnya keriput dini.

    Dalam Alpukat juga terdapat vitamin C dan E yang dapat melindungi kulit agar tetap lembab, sehingga kulit terlihat segar dan tetap sehat. Anda juga dapat menggunakan alpukat sebagai masker untuk wajah.

    2. Baik untuk penderita diabetes

    Pada Alpukat terdapat kandungan lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat bagi penderita diabetes dalam mengurangi kadar glukosa darah dan memperbaiki fungsi insulin. Vitamin C pada alpukat juga membantu penderita diabetes dengan memperkuat pembuluh darah dan kapiler,serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

    Buah ini juga mengandung kalium yang sangat bermanfaat bagi penderita diabetes dengan menjaga kesehatan jantung dan mengatur gula darah. Alpukat juga mengandung asam oleat dan serat yang membantu mengatur kadar gula darah dan menurunkan resiko diabetes. Alpukat merupakan buah yang penting untuk dikonsumsi bagi mereka yang ingin mencegah diabetes ataupun mengobati penderita diabetes.

    3. Menurunkan kolesterol

    Alpukat mempunyai manfaat dalam menurunkan jumlah kolesterol pada tubuh. Dengan mengonsumsi buah ini, maka kolesterol jahat akan berkurang dan jumlah kolesterol baik akan meningkat. Buah ini juga mengandung beta-sitosterol yang mampu mengatur kadar kolesterol dalam tubuh.

    4. Mengobati radang sendi

    Rematik adalah salah satu penyakit yang cukup menyakitkan dimana terdapat nyeri dan peradangan pada sendi. Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal , fitosterol, vitamin C dan juga vitamin E serta karotenoid yang dapat membantu mengurangi peradangan pada sendi.

    5. Baik dikonsumsi oleh ibu hamil

    Buah ini merupakan buah yang bermanfaat untuk ibu hamil. Alpukat mengandung folat yang dapat mencegah cacat pada bayi. Bagi ibu yang ingin hamil atau sedang hamil, perlu mengonsumsi makanan yang mengandung folat. Selain itu pada buah Alpukat juga terdapat vitamin K yang berfungsi untuk menghentikan pendarahan, ini merupakan hal yang penting, terutama bagi bayi yang baru lahir.
    [​IMG]
    Alpukat yang belum matang
    6. Memperlancar proses pencernaan

    Alpukat merupakan salah satu buah yang mengandung banyak serat. Adanya serat ini mampu membantu dalam memperbaiki pencernaan, mendorong buang air besar secara teratur dan mencegah terjadinya konstipasi.

    Bagi orang yang memiliki masalah dengan pencernaan berupa diare, sembelit ataupun masalah pencernaan lainnya, perlu mengonsumsi makanan berserat. Serat pada buah ini akan membantu proses penyerapan nutrisi sekaligus pencernaan. Selain itu, buah Alpukat mampu menurunkan resiko terkena kanker usus besar.

    7. Mencegah kanker

    Pada buah Alpukat terkandung beberapa jenis antioksidan seperti alfa-karoten, beta-karoten, beta-cryptoxanthin, lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini melindungi sel tubuh agar tidak menjadi rusak dan berubah menjadi sel kanker.

    Alfa-karoten mampu mencegah timbulnya kanker. Lemak tak jenuh tunggal juga membantu penyerapan karotenoid dan melindungi tubuh, khususnya terhadap adanya kanker payudara. Antioksidan juga melindungi tubuh dari gangguan yang ditimbulkan radikal besar.

    8. Mengatur tekanan darah

    Dalam buah Alpukat terdapat kandungan kalium. Jika seseorang mengalami kekurangan kalium akan mengakibatkan tekanan darah menjadi meningkat. Dengan mengonsumsi buah yang mengandung kalium, tekanan darah pada tubuh dapat diatur.

    Jika tekanan darah dapat diatur sehingga menjadi normal maka tubuh akan menjadi lebih sehat. Tubuh juga akan terhindar dari gagal ginjal dan penyakit jantung.

    9. Mencegah osteoporosis

    Osteoporosis adalah kondisi dimana terjadi penurunan kepadatan tulang. Untuk mencegah osteoporosis maka kita harus mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium ataupun vitamin K.

    Pada Alpukat, terdapat kandungan vitamin K yang mampu mencukupi 25% dari kebutuhan vitamin K dalam sehari. Vitamin ini akan membantu menyehatkan tulang dengan cara membuat tubuh lebih mampu menyerap kalsium dan mengurangi pengeluaran kalsium melalui urin.

    10. Menjaga penglihatan

    Di dalam buah ini terdapat beberapa kandungan antioksidan seperti lutein dan Zeaxanthin. Kedua jenis antioksidan ini penting untuk menjaga penglihatan dan sekaligus menyehatkan mata. Dengan mengonsumsi Alpukat, akan menurunkan resiko terkena katarak dan gangguan penglihatan lainnya.
    [​IMG]
    Alpukat dapat ditambahkan sebagai menu diet menggunakan buah
    11. Menghilangkan bau mulut

    Salah satu hal yang menyebabkan bau mulut adalah proses pencernaan pada tubuh tidak berjalan dengan baik. Alpukat mempunyai serat dan berbagai kandungan nutrisi lainnya yang mampu memperlancarkan proses pencernaan. Lancarnya proses pencernaan juga akan menghilangkan halitosis, penyebab timbulnya bau mulut.

    12. Memperbaiki mood

    Folat yang terkandung dalam Alpukat akan membantu mengurangi homosistein. Homosistein akan menghambat proses produksi serotonin dan dopamin dalam tubuh, keduanya penting untuk menjaga agar tubuh tetap dalam kondisi baik, tidak mengalami gangguan tidur ataupun depresi.

    Sumber

     
  2. renisyafitri70

    renisyafitri70 Member

    Joined:
    Dec 7, 2016
    Messages:
    216
    Likes Received:
    37
    Trophy Points:
    28
  3. Lanjut Terus

    Lanjut Terus Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    84
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    saya paling doyan, buah yang satu ini *bagus* apa lagi kalo di jus diminum pas siang*santai*
     
  4. Sayangnya kurang suka , bahkan belum pernah nyobain :D gara gara takut .... tapi infonya mantap jadi banyak tau tentang khasiat alpukat *bagus* meski gak suka , *malu1*
     
  5. foxtrot99

    foxtrot99 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    i hope so.

    oke gan sama2. semoga bermanfaat
    enak tuh gan, seger.

    dicoba dulu gan, enak kok.
     
  6. suka pengen coba tapi takut hehehe ,
     
  7. foxtrot99

    foxtrot99 New Member

    Joined:
    Apr 25, 2017
    Messages:
    16
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    di jus gan, tambahin susu. enak *bagus*
     
Loading...

Share This Page