Mengenal Teknologi Virtualisasi VMware

Discussion in 'General Internet' started by bangpahmi, Apr 21, 2017.

  1. bangpahmi

    bangpahmi Member

    Joined:
    May 3, 2016
    Messages:
    296
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Seperti dikutip dari wikipedia Istilah virtualisasi sudah mulai digunakan secara luas sejak tahun 1960-an, dan telah diaplikasikan ke beberapa aspek komputer—dari keseluruhan sistem komputer sampai sebuah kemampuan atau komponen individu. Secara umum semua teknologi virtualisasi mengacu kepada “menyembunyikan detail teknis” melalui enkapsulasi.

    [​IMG]

    Mengenal VMware

    Di Era Internet Of Things(IoT) dan Cloud Computing seperti sekarang ini, VMware menjadi semakin dikenal sebagai provider virtualisasi terdepan yang membuat VMware menjadi salah satu solusi virtualisai yang sangat populer pada saat ini.

    VMware merupakan software virtualisasi yang biasa digunakan untuk membuat virtual machine. Nama VMware sendiri diambil dari nama perusahaan pembuat software tersebut yaitu VMware, Inc.


    Fungsi VMware
    Tekonologi virtualisasi dari VMware memungkinkan kamu untuk melakukan virtualisasi server, sistem operasi, perangkat storage, aplikasi, perangkat jaringan dan lain sebagainya. Dengan kata lain dengan VMware ini kamu bisa membuat komputer virtual di dalam komputer fisik, menarik bukan?


    Virtualisasi dari VMware memungkinkan kamu untuk menjalankan sistem operasi di dalam sistem operasi, sebagai contoh, kamu bisa menjalankan sistem operasi Linux di dalam sistem operasi Windows, begitupun sebaliknya, kamu juga bisa menjalankan sistem operasi Windows di dalam Linux.

    VMware juga bisa kamu gunakan untuk keperluan testing dan ujicoba operating sytem (OS), bisa juga kamu manfaatkan untuk membuat sistem yang terisolasi dan tidak akan merusak sistem utama meskipun sistem di virtual machine (VM) tersebut sudah kamu utak atik sebelumnya.

    Cara Kerja VMware

    Virtualisasi VMware bekerja dengan cara membuat layer hardware virtual atau yang disebut dengan virtual machine di komputer kamu. Kemudian VMware akan membuat penyimpanan virtual, CPU virtual, RAM virtual, DVD ROM virtual, dan berbagai komponen virtual yang dibutuhkan lainnya yang kemudian menjadi sebuah virtual machine (VM) utuh yang siap untuk kamu gunakan.

    Hypervisor atau yang disebut dengan layer software secara dinamis akan mengalokasikan resource atau beban di komputer fisik (host computer) kamu ke dalam virtual machine(VM) sesuai dengan apa yang dibutuhkan.

    Setelah virtual machine tersebut berhasil diinstall sistem operasi, maka sistem operasi di virtual machine(VM) tersebut (guest OS) akan berjalan secara terisolasi di sistem operasi utama (host OS). Setiap state dari virtual machine tersebut akan tersimpan dalam bentuk file yang nantinya bisa kamu duplikasi dan pindahkan dengan mudah.

    Dengan kata lain kamu bisa menjalankan beberapa virtual machine(VM) dengan beberapa spesifikasi dan sistem operasi hanya dari satu komputer fisik (host computer).

    Sumber : mengenal VMware, fungsi dan cara kerjanya
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,264
    Likes Received:
    157
    Trophy Points:
    63
    Kemajuan tehnologi sekarang ini benar-benar cepat dan semakin maju, banyak sekali kemudahan dan inovasi yang bermanfaat, tentu yang punya perusahaan ini juga punya otak yang jenius karena membuat system operasi tentu rumit banget bagi orang awam kek ane tentu bingung
     
  3. bangpahmi

    bangpahmi Member

    Joined:
    May 3, 2016
    Messages:
    296
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Yap, setuju den,, ini teknologi cepat banget berkembangnya....
     
  4. Rinda Septiani

    Rinda Septiani Member

    Joined:
    Apr 24, 2017
    Messages:
    832
    Likes Received:
    19
    Trophy Points:
    18
  5. bangpahmi

    bangpahmi Member

    Joined:
    May 3, 2016
    Messages:
    296
    Likes Received:
    30
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    Iya nih, ayo gan jangan ketinggalan
     
  6. Andre

    Andre Member

    Joined:
    Apr 12, 2013
    Messages:
    483
    Likes Received:
    22
    Trophy Points:
    18
Loading...

Share This Page