Bukit Jaddih Madura Menjadi Tempat Wisata Terkini Yang Mempesona

Discussion in 'Tourism' started by Explore Wisata, Feb 25, 2017.

Tags:
  1. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    [​IMG]

    Bukit Jaddih merupakan tempat wisata baru di Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Letaknya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur.

    Memang jauh dari tempat wisata andalan di Bangkalan. Sekitar 20 kilometer dari lokasi wisata Pantai Rongkang di Kecamatan Kwanyar, 60 kilometer dari wisata religi Gunung Geger di Kecamatan Geger, dan 15 kilometer dari mencusuar peninggalan Belanda di Desa Sembilangan, Kecamatan Kota Bangkalan. Adalah warga empat desa di Kecamatan Socah, yaitu Desa Jaddih Timur, Parseh, Sanggra Agung, dan Rabasan, yang menemukan obyek wisata di madura ni. Tepatnya, dua tahun lalu.

    Kini, saat Lebaran, ribuan orang memenuhi lokasi "wisata baru" ini, mulai anak-anak, muda-mudi, hingga orang tua. "Kami tidak lagi wisata jauh-jauh, cukup ke Bukit Jaddih, bisa berjalan kaki dari rumah," kata Masrudi, warga Desa Jaddih Timur, 30 Juli 2014.

    Dulu, sebelum warga menyadari punya tempat wisata sendiri, Masrudi harus menyisihkan uang minimal Rp 1 juta untuk menyewa mobil agar bisa membawa seluruh keluarganya berwisata ke Pantai Rongkang saat Lebaran. "Sekarang tidak perlu lagi. Anak-anak kadang berangkat sendiri ke Bukit Jaddih," ujarnya.

    Meski belum memadai, para wisatawan punya tempat favorit mereka di Bukit Jaddih. Untuk wisata keluarga, lokasinya di sebelah barat gunung. Hamparan rumput hijau sangat cocok untuk menggelar tikar dan makan bersama keluarga. Di sebelah selatan ada tempat berkumpul muda-mudi yang sedang kasmaran sekaligus tempat anak-anak motor untuk unjuk kebolehan gaya free style.

    Sedangkan di sebelah utara khusus anak-anak berenang. Di situ tersedia kolam renang sepanjang 10 x 6 meter dengan kedalaman kurang setengah meter. "Dulu, ada orang gali batu, terus muncul sumber air, jadi diperlebar sekalian jadi kolam renang gratisan," kata Sodiq, Sekertaris Desa Jaddih, menuturkan riwayat kolam renang tersebut.

    Terakhir, para pengunjung bisa naik ke puncak Bukit Jaddih dengan sepeda motor. Dari puncak gunung ini, seluruh Kota Bangkalan dan Jembatan Suramadu dapat terlihat dengan jelas. "Selama Lebaran, aktivitas tambang batu di Bukit Jaddih diliburkan, supaya bisa digunakan berwisata warga di sini," tutur Sodiq.

    Bukit Jaddih bukanlah gunung berapi. Gunung ini hanya berupa gundukan batu kapur besar seluas sekitar 500 hektare yang mencakup tiga desa, yaitu Jaddih, Rabasan, dan Parseh. Mayoritas warga mencari nafkah di gunung ini.

    Dalam bisnis skala kecil, batu kapur Bukit Jaddih diambil, kemudian dibakar menjadi serbuk kapur untuk bahan campuran semen bangunan. Ada juga yang menjual batu kapur menjadi batu bata atau batu fondasi untuk membangun rumah. Dalam skala besar, batu kapur Gunung Jaddih dijual dalam bentuk batu urukan dengan wilayah pasaran dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, hingga Pasuruan.

    Sumber: tempo. co /read/news/2014/08/04/203596971/gunung-jaddih-wisata-baru-di-bangkalan
     
  2. adido arg

    adido arg Member

    Joined:
    Oct 30, 2016
    Messages:
    139
    Likes Received:
    18
    Trophy Points:
    18
  3. Fitria Nursalis

    Fitria Nursalis Member

    Joined:
    Oct 13, 2016
    Messages:
    517
    Likes Received:
    41
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    owww indah banget sihh, indonesia itu luar biasa yaa *bagus*
     
  4. zuhrihasyim

    zuhrihasyim New Member

    Joined:
    May 9, 2016
    Messages:
    22
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Tempatnya indah, bisa jadi referensi tujuan wisata nih.. thanks.
     
  5. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    Nah itu, Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya,,, mari ekplore wisata" di Indonesia hehehe
     
  6. Nayfa_Trans

    Nayfa_Trans Member

    Joined:
    Jan 10, 2017
    Messages:
    315
    Likes Received:
    20
    Trophy Points:
    18
    Google+:
    Bukit jeddih ini tempatnya rawan ini emang sih bgs. sore aja disini udah sepi bgt. pernah kesini pulang sekitar magrib. baru tau kalo disitu banyak begal. alhamdulilah gak ada apa2. kayaknya udh gk mau deh kesini agak ngeri
     
  7. Explore Wisata

    Explore Wisata Member

    Joined:
    Jan 30, 2017
    Messages:
    429
    Likes Received:
    23
    Trophy Points:
    18
    kalo ke sana mending rame-rame, rombongan ama keluarga atau kawan-kawan gan
     
  8. jepara market

    jepara market Member

    Joined:
    Apr 26, 2017
    Messages:
    44
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
Loading...

Share This Page