Gejala Atau Ciri Dari Penyakit Asam Urat

Discussion in 'Health & Medical' started by Achmad Try, Nov 7, 2016.

Tags:
  1. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Munculnya gejala asam urat, kebanyakan di derita oleh orang yang berumur 40 tahun ke atas, ada juga baru berumur 35 tahun sudah menderita asam urut. banyak hal yang menyebabkan naiknya asam urat yang paling utama dari makanan yang di konsumsi, semakin banyak mengandung purin, semakin beresiko asam urat kambuh. ciri-ciri orang yang mengidap penyakit asam urat seringkali terjadi pembengkakan, dan merasa linu pada bagian persendian setelah konsumsi makanan tertentu. Anda harus memahami lebih jelas mengenai ciri-ciri dan gejala penyakit asam urat ini.

    Dan ciri cirinya adalah :

    1. Nyeri Sendi Kaki

    Gejala awal yang paling sering terjadi adalah rasa tidak nyaman pada bagian sendi. Beberapa orang tua sering mengeluh tentang sendi yang tiba-tiba terasa panas dan lemah untuk digerakkan. Terkadang rasa sakit yang muncul terjadi pada malam hari. Rasa nyeri bervariasi dan biasanya orang tua mengatakan terkena rematik. Lewat pemeriksaan darah maka temuan kadar asam urat yang tinggi bisa menyebabkan masalah ini.

    2. Jempol Kaki Sakit

    Rasa sakit pada bagian jempol biasanya terjadi pada malam hari. Rasa sakit didefinisikan sebagai perasaan tidak nyaman pada jempol kaki. Terkadang hal ini bisa membuat penderita tidak bisa tidur, mudah emosi, tidak bisa menggerakkan jempol kaki dan merasa tubuh menjadi sangat lemah. Namun untuk memastikan apakah asam urat tinggi atau tidak maka hanya bisa dilakukan lewat pemeriksaan kadar asam urat dalam darah.

    3. Perasaan Kaki Terbakar

    Perasaan kaki yang tiba-tiba terasa sangat panas bisa terjadi karena kadar asam urat yang sangat tinggi dalam darah. Rasa panas bisa terjadi mulai dari jempol kaki, kemudian menyebar ke semua bagian. Terkadang karena rasa sakit dan panas seperti terbakar membuat penderita tidak bisa mendapatkan istirahat yang cukup. Rasa sakit seperti terbakar terkadang hanya muncul selama beberapa saat saja, dan terkadang juga sangat sering.

    4. Jaringan Mengeras pada Sendi

    Bagi orang yang sudah terbiasa mengalami gejala asam urat yang tinggi maka juga harus memperhatikan kondisi sendi tubuh. Beberapa gejala lanjutan yang harus diperhatikan adalah seperti bagian sendi yang terasa sakit menjadi lebih kaku . Setelah itu muncul rasa kaku dan sulit digerakkan pada sendi. Jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat maka bisa menyebabkan sendi mati rasa sehingga berpotensi kelumpuhan.

    5. Persendian Bengkak

    Persendian bengkak karena terjadi penumpukan asam urat dibagian sendi. Asam urat yang menumpuk pada aliran darah terbawa hingga ke bagian sendi. Namun gejala sendi yang bengkak biasanya terjadi setelah serangan asam urat sering terjadi. Orang lanjut usia yang memiliki beberapa penyakit lain seperti kadar gula darah yang tinggi biasanya menunjukkan gejala ini.

    6. Kemerahan pada Sendi

    Rasa terbakar pada bagian persendian bisa menyebabkan sendi terlihat seperti kemerahan. Biasanya ini termasuk gejala yang sangat komplek. Sendi bengkak, sendi kaku dan kemerahan pada sendi menjadi indikasi asam urat yang sangat tinggi dalam tubuh. Biasanya gejala ini memang tidak sering diperhatikan, namun ketika rasa panas terus menerus terjadi maka sendi maka biasanya baru terlihat.

    7. Tidak Bisa Bergerak dengan Bebas

    Karena sendi yang bermasalah akibat penumpukan asam urat atau kristal asam urat maka sendi lama-kelamaan tidak bisa digerakkan dengan bebas. Rasa sendi yang tidak bisa bergerak bebas biasanya terjadi pada bagian kaki. Kemudian jika sudah cukup berat maka bisa menyebar ke sendi lain seperti pada pergelangan tangan dan jari-jari kaki.

    8. Sendi Tidak Bisa Digerakkan

    Setelah sendi tidak bisa bergerak dengan bebas, maka perawatan sangat diperlukan untuk mengendalikan kadar asam urat. Ketika perawatan tidak dilakukan dengan baik maka bisa menyebabkan sendi yang sebelumnya masih bisa digerakkan akan sulit untuk digerakkan. Potensi kelumpuhan tetap bisa terjadi jika kondisi ini sudah terlanjur terjadi.

    9. Sendi Terasa Sangat Gatal/Bersisik

    Sendi yang terasa panas terkadang juga disertai dengan permukaan atau jaringan kulit yang bersisik, kemerahan dan gatal. Ini termasuk gejala awal yang paling sering tidak diperhatikan. Ketika kulit sendi sudah mengeras maka kadar asam urat harus dikendalikan. Jika tidak maka gejala bisa menjadi lebih buruk dan bisa menyebar ke bagian sendi di sekitarnya.

    10. Sendi Tidak Nyaman

    Rasa sendi yang tidak nyaman biasanya terjadi pada siang dan malam hari setelah beberapa gejala lain sudah terjadi. Orang yang terkena gejala ini mungkin akan merasa semua bagian pergelangan kaki dan tangan sama sekali tidak nyaman untuk digerakkan. Perasaan ini akan bertahan selama lebih dari tiga hari dalam satu kali serangan. Tapi kemudian sendi akan terasa sangat normal seperti tidak pernah sakit.

    Demikian penjelasan mengenai gejala dan ciri-ciri dari penyakit asam urat yang dapat saya sampaikan ini, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu anda yang sedang mengalami masalah asam urat.
     
    lasealwin likes this.
  2. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Ini dia yang paling tidak kami sukai....
    Coba gunakan jahe teman....
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
  4. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,862
    Likes Received:
    171
    Trophy Points:
    63
    Terus jangan terlalu banyak makan.
    Darah yang terlalu kental menyebabkan peredaran darah tidak lancar
     
  5. Achmad Try

    Achmad Try Member

    Joined:
    Mar 19, 2016
    Messages:
    850
    Likes Received:
    92
    Trophy Points:
    28
    Sip infonya. Saling berbagi informasi kesehatan dan tetap utamakan sehat *bagus*
     
Loading...

Share This Page