Wajib Tahu, Ini 5 Penyebab Nilai UTBK SBMPTN Kecil

Discussion in 'Education' started by Barunasasra, Jan 14, 2021 at 10:52 AM.

  1. Barunasasra

    Barunasasra New Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    18
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    3
    [​IMG]

    Siapa nih di antara kamu yang sedang mengincar masuk PTN favorit tahun ini? Tentu sudah punya persiapan khusus dong? Sejauh mana persiapanmu?

    Nggak bis dipungkiri, salah satu cara masuk PTN favorit yang paling banyak peminatnya adalah jalur UTBK SBMPTN. Namun, mengikuti UTBK nggak semudah itu lho. Masih ada saja peserta yang sudah mati-matian latihan soal UTBK, namun nilai yang dihasilkan kecil.

    Sudah tahu belum berapa nilai standar untuk lolos UTBK? Simak ulasan ini ya!

    Nilai Minimal Lolos UTBK

    Sebenarnya, nilai minimum untuk lolos UTBK SBMPTN itu tidak sama di masing-masing PTN. Namun, agar posisi kamu aman, kamu harus mencapai skor di atas 655. Kenapa begitu?

    Jika diamati, peserta yang mendapatkan nilai UTBK di antara 650-700 cenderung dinyatakan lolos. Maka dari itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan latihan soal dan try out UTBK ya. Tapi, pernah nggak kamu analisa, apa saja yang bisa membuat nilai UTBK kecil?

    Penyebab Nilai UTBK Kecil

    Buat kamu yang sudah pernah latihan soal di penyedia try out online, tapi nilai kamu kecil, bisa jadi beberapa hal ini penyebabnya, antara lain:

    Menghindari Soal Panjang

    Membaca soal cerita, atau teks yang panjang memang bikin bosan. Sayangnya, soal jenis ini selalu muncul di UTBK SBMPTN lho. Siapa nih yang pernah nge-skip soal-soal teks panjang? Mulai sekarang, kamu jangan pernah lagi mengabaikan soal panjang ya.

    [​IMG]

    Karena, soal teks yang panjang biasanya memiliki bobot nilai yang tinggi, apalagi kalimat pada soal panjang cenderung menjebak jika tidak dibaca serius. Bisa jadi, jawaban dari soal tersebut ada di bagian kalimatnya, namun karena kamu malas membaca, kamu terjebak pada jawaban yang salah.

    Terlalu Fokus Pada Satu Soal

    Hampir semua peserta UTBK pernah merasakan ini. Terlalu asik mengerjakan satu soal bisa menjadi penyebab nilai UTBK kecil lho. Kok bisa?

    Karena, bisa jadi, soal yang kamu kerjakan itu tidak memiliki bobot nilai yang tinggi. Namun, karena penasaran pada hasilnya, tanpa sadar, kamu sudah membuang banyak waktu hanya untuk mengerjakan soal tersebut.

    Ingat, UTBK SBMPTN memiliki durasi waktu yang tidak bisa diganggu gugat. Jangan sampai, keasyikan mengerjakan satu soal, membuat kamu mengosongkan jawaban soal lainnya karena kehabisan waktu.

    Kosa Kata Yang Tidak Dimengerti

    Satu lagi penyebab nilai UTBK kecil yang sering dikeluhkan peserta SBMPTN. Umumnya, soal UTBK dibuat menggunakan Bahasa Indonesia baku sesuai KBBI. Karena bersifat formal, ada beberapa kata yang mungkin tidak kamu mengerti. Inilah mengapa, kamu harus memperkaya kosa kata Bahasa Indonesia sebelum menghadapi UTBK SBMPTN 2021.

    Takut Pada Soal Hitungan

    Ini nih yang sering banget membuat peserta menyerah. Menghadapi soal hitungan yang rumit terkadang membuat peserta takut. Apalagi jika harus berhadapan dengan rumus-rumus tertentu, soal yang sudah rumit bisa jadi makin mengerikan deh.

    Perlu kamu ingat, yang namanya ujian, sudah pasti bertujuan untuk menyeleksi pesertanya kan? Jadi, wajar jika level tantangannya sedikit lebih sulit dari referensi soal yang kamu pelajari. Maka dari itu, kamu harus memiliki persiapan yang ekstra sebelum menghadapi UTBK SBMPTN 2021.

    Terlalu Panik

    [​IMG]


    Melihat soal yang banyak, dengan durasi pengerjaan yang terbatas terkadang membuat para peserta UTBK menjadi gugup. Akibatnya, banyak yang kehilangan fokus dan terjebak pada jawaban yang salah. Padahal, bisa jadi soal-soal yang disajikan sudah kamu kuasai sebelumnya. Belum tentu juga soal UTBK SBMPTN sesulit yang kamu bayangkan.

    Kondisi mental yang drop akibat terlalu panik, dapat berdampak buruk pada nilai UTBK-mu lho. Jangan sampai kepanikan membuat usaha dan latihanmu selama ini berantakan. Cobalah untuk tenang dan santai selama mengerjakan UTBK SBMPTN 2021.

    Itulah beberapa penyebab nilai UTBK kecil yang harus kamu hindari. Buat kamu yang ingin latihan soal UTBK, kamu bisa mencobanya secara gratis di sini.

    Sumber: https://pahamify.com/blog/5-penyebab-nilai-utbk-masuk-ptn-kecil/
     
Loading...

Share This Page