Tips Memulai Bisnis dan Usaha Untuk Mahasiswa

Discussion in 'General Business' started by Dwi Sukmawan, Mar 7, 2019.

  1. Dwi Sukmawan

    Dwi Sukmawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]
    Assalamualaikum dan salam kenal untuk teman teman bersosial. Ini ada post pertama saya di forum ini, mohon maaf bila salah penempatan kategori mohon di edit ya mas moderator. Selain itu, saya juga sudah melakukan sedikit pencarian mengenai topik yang akan saya bahas ini tidak ketemu postingan serupa, jadi diharapkan postingan ini unik.

    Kita langsung mulai saja ya.

    Kehidupan sebagai seorang mahasiswa seringnya mengalami suka dan duka. Biasanya dukanya itu pas akhir bulan dan bingung mau makan apa tapi sukanya pas awal bulan dapat uang kiriman dan bisa makan seenaknya. Semua mahasiswa pasti tau rasanya, kecuali kamu yang kuliah sambil kerja. Jadi, keuangan selalu ada selain dapat kiriman juga dapat gaji.

    Kalau mungkin kerja membutuhkan waktu dan tenaga tambahan. Coba dengan memulai bisnis atau usaha yang bisa dilakukan sebagai sampingan kuliah.

    Bagaimana cara memulai bisnis bagi mahasiswa ya !

    Saat ini saya sendiri sedang menjalankan bisnis keluarga yaitu produksi produk herbal berupa jamu bubuk dan jamu instan. Untuk pemasukannya lumayan perhari bisa mencapai Rp 500.000 – Rp 800.000 karena pasarnya yang cukup luas dan punya banyak pelanggan. Meskipun masih dalam lingkup kabupaten tapi setiap hari selalu ada pemasukan.

    Kembali lagi ke topik pembahasannya, untuk memulai bisnis bagi mahasiswa itu cukup pintar membagi waktu antara waktu untuk belajar, mengerjakan tugas dan menjalankan bisnis.

    Agar lebih jelasnya saya buat listnya saja ya:

    1. Pemanfaatan Waktu Luang
    Saya yakin kalau teman-teman mahasiswa tidak setiap hari disibukkan dengan yang namanya tugas. Ada juga waktunya tidak ada tugas, misalnya dimalam hari atau pada ujung minggu pastinya libur. Manfaatkan waktu kosong itu untuk mencoba berbagai jenis usaha yang mungkin bisa menjadi pundi penghasilan buatmu kedepannya. Ada banyak bisnis yang bisa kamu coba cek saja di google ya.

    Jika kamu ikut dalam organisasi, atur waktu seefisien mungkin. Kerjakan hal-hal penting untuk meningkatkan kualitas diri, tapi jangan tinggalkan bisnis.

    2. Pilih Jenis Bisnis Yang Minim Resiko dan Bisa Dijalankan Sampingan

    Pilih bisnis yang modalnya minim atau bahkan gratis agar kamu tidak rugi bila nantinya meninggalkan bisnis tersebut karena tidak cocok.

    Mulai dari bisnis online dengan modal gratis seperti menjadi blogger, online shop, affiliasi marketing atau reseller produk palingan modalnya itu Android dan paket data saja. Untuk menjadi seorang reseller produk bisa manfaatkan marketplace atau sosial media untuk berjualan.

    Coba dulu bisnisnya dalam waktu 1 atau 2 bulan. Bila merasa nyaman dan cocok dengan bisnis tersebut, maka lanjutkan.

    Biasanya mahasiswa suka kelaparan dan pengen ngemil, coba dengan bisnis kuliner untuk mahasiswa ini

    3. Semangat dan Tidak Mudah Menyerah

    Memelihara semangat untuk memulai sebuah bisnis memang sangat penting. Bagaimana cara memelihara semangat tersebut ? Atau mungkin saat ini belum memiliki semangat berbisnis. Tidak apa-apa, karena semua butuh proses juga waktu.

    Untuk membangkitkan semangat bisnis bisa dengan membaca kisah-kisah sukses para pebisnis muda, ingin menikah cepat, ingin membahagiakan orang tua maupun ingin sukses semuda mungkin.

    Bosan itu manusiawi tapi selalu bosan akan membuat kamu tidak menjadi manusia. Cita-cita dalam diri ingin sukses tapi tidak bisa memelihara semangat.

    4. Punya Target

    Harus ada target dalam masa depan yang harus kamu capai. Pada poin diatas, ada penjelasan mengenai cara membangkitkan semangat. Hal ini berhubungan. Coba untuk fokus membagi waktu dan menjalankan bisnis disamping kuliah. Pelan-pelan saja dulu karena jika langsung di paksa akan terkejut kemudian malas.

    Hal ini pernah terjadi dengan saya. Saya sendiri punya target bahwa tabungan saya di usia 30 tahun harus 1 Milyar *akhirnya* dan pada usia 25 tahun harus sudah menikah *ketawa4*

    Itu sedikit tips dari saya mengenai cara memulai bisnis bagi mahasiswa. Bagi adik-adik silahkan lebih semangat untuk menjalani kehidupan dan bisnisnya. Memang akan sakit dulu tapi jika bersabar dan terus bergerak maju. Insyaallah akan menjadi baik, toh hasil tidak akan mengkhianati usaha.
     
  2. Remmy

    Remmy Member

    Joined:
    Dec 5, 2017
    Messages:
    516
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    kalau buat karyawan harian biasa tips nya ada gak gan ?
     
  3. Dwi Sukmawan

    Dwi Sukmawan Member

    Joined:
    Feb 16, 2019
    Messages:
    24
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Secara teori tidak jauh berbeda mengenai tipsnya, mungkin dari sisi pembagian waktunya saja mas. Nanti saya coba cari referensi dan buat postingan buat tips usaha karyawan
     
  4. randi

    randi Member

    Joined:
    Nov 2, 2016
    Messages:
    38
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    8
    Bagus infonya, bahkan kadang sekarang anak SMA udah mulai jualan online ya toh..
     
Loading...

Share This Page