Tips dan Trik Menghemat Energi listrik

Discussion in 'General Business' started by Gurgur, Apr 7, 2021 at 4:46 PM.

  1. Gurgur

    Gurgur New Member

    Joined:
    Apr 5, 2021
    Messages:
    1
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    1
    Kebiasaan merupakan suatu hal yang selalu menjadi rutinitas keseharian kita, terkadang kita melakukannya tanpa disertai dengan kesadaran, bahkan sering kita melupakan dan mengabaikan akan sesuatu hal, padahal bisa jadi itu justru sangat bermanfaat dalam kehidupan kita, bahkan kehidupan banyak orang. Di dunia kelistrikan ada beberapa banyak hal yang sangat sederhana yang bisa kita lakukan dan biasa bermanfaat untuk kehidupan kita mulai dari bagaimana menghemat biaya listrik, terhindar dari bahaya sengatan listrik, terhindar dari bahaya kebakaran, menjaga keawetan peralatan listrik dan bahkan memudahkan dalam opersional kita sehari-hari.

    Kami dari Tim “Powerline Diesel Genset “ memberikan beberapa tips dan saran yang sering kita temukan di masyarakat mungkin ini akan sangat bermanfaat dalam kehidupan kita khususnya dalam pemakaian energi listrik.

    1. Gunakanlah lampu hemat energi untuk menghemat energi listrik.

    Untuk penggunaan Lampu TL yang memakai Ballast sebaiknya menggunakan Capasitor untuk memperbaiki faktor kerja lampu.

    2. Untuk pemakaian tusuk kontak dan kotak kontak dirumah anda harus terhubung dengan pembumian (L,N,PE)

    Gunakanlah kotak kontak & tusuk kontak yang memakai pembumian atau grounding dan instalasi listrik rumah anda juga harus memakai pembumian (L, N, PE)

    3. Pembebanan Kotak kontak melebihi dari kapasitasnya,Sering kita melihat di rumah tangga pemakaian kotak kontak bertumpuk-tumpuk dan melebihi kapasitas,ini akan mengakibatkan kotak kontak tersebut terbakar dan mengakibatkan hubung singkat.

    Bebanilah kotak kontak dirumah anda sesuai kapasitasnya, sesuai Peraturan Umum Instalasi Listrik (PUIL) 2000.Ayat 5.4.1.5 Pada kotak kontak dan tusuk kontak harus tercantum tegangan tertinggi dan arus terbesar yang diperbolehkan.

    4. Untuk kotak kontak yang terpasang di bawah diusahakan mempunyai pengaman atau penutup supaya terhindar dari jangkauan anak-anak

    Pakailah kotak kontak yang memakai pengaman,(jenis kotak kontak ini mudah didapatkan di pasaran)

    5. Untuk Pemakaian Pompa air dirumah

    Pakailah penampungan air, hindari pemakai otomatis tekanan karena akan semakin memboroskan energi listrik (pompa akan sering hidup dan mati)

    6. Untuk Instalasi listrik yang ditanam dalam Tembok atau beton

    Harus dipastikan memakai pipa yang memenuhi standar, dan diusahakan semua kabel dalam pipa bisa diganti untuk perawatan perbaikan.

    7. Penggunaan Genset untuk beban besar

    Sebaiknya gunakan Genset berkualitas dengan harga genset murah. Penggunaannya biasanya untuk cadangan pada saat mati listrik dan genset dinilai lebih hemat.
    [​IMG]
    sumber gambar : powerline.co.id


    8. Untuk rumah atau kantor lebih dari satu lantai

    Sebaiknya mempunyai PHB (Papan Hubung Bagi, box MCB, Box Sekring) tiap lantai untuk mempermudah dalam opersional kalau ada perbaikan atau kerusakan.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    1,666
    Likes Received:
    123
    Trophy Points:
    63
    Tips yang bermanfaat, saat ini kayaknya sudah jarang lampu yang menggunakan ballast, kebanyakan sudah lampu led
    tentang grounding ini sebenarnya apa fungsinya apakah itu mempengaruhi pemakaian kwh
     
Loading...

Share This Page