Tips Berbelanja Dengan Hemat, Agar Keuangan Bisa Selamat

Discussion in 'General Lifestyle' started by Meetechno, Jun 12, 2017.

  1. Meetechno

    Meetechno Member

    Joined:
    Sep 9, 2016
    Messages:
    32
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Bagi sebagian orang, berbelanja menjadi salah satu kebiasaan dan bukan kebutuhan. Namun nyatanya kebiasaan tersebut membuat sebagian orang mengalami kritis keuangan saat akhir bulan, menjadikan keuangan yang dipunya tidak bisa selamat dan akhirnya tersadar bahwa dirinya harus bisa berhemat.

    Sadar harus berhemat setelah uang habis mungkin tidak ingin kita alami, maka dari itu sudah seharusnya penghematan keuangan harus dilakukan sedari dulu (sebelum uang habis).

    Jika kalian memiliki kebiasaan berbelanja dan sulit sekali mengendalikan keuangan yang dipunya, maka cara-cara yang dirangkum dari situs Wokeeh berikut ini bisa jadi solusinya.


    1. Bawalah teman atau pasangan jika ingin berbelanja

    Pernah merasakan uang di dompet cepat sekali habis saat berbelanja sendirian? Walau bukan kecopetan, nyatanya hal itu selalu banyak dirasakan oleh orang-orang yang sering berbelanja sendirian.

    Ketika berbelanja sendirian nafsu belanja kita akan sulit dikendalikan karena tidak ada yang mengingatkan, membuat kita menjadi lapar mata saat melihat banyak produk-produk keren di sekeliling kita. Alhasil rela tak rela tapi sangat rela akhirnya kita mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut walau sebenarnya benar-benar tidak kita butuhkan.

    Berbeda jika berbelanja bersama teman, atau pasangan. Nafsu berbelanja kita mungkin agak sedikit bisa terkendali. Mereka teman atau pasangan yang diajak berbelanja bisa jadi pengingat terbaik agar keuangan yang kita punya tidak begitu saja habis saat sedang bebelanja.


    2. Jangan berbelanja dalam keadaan lapar

    Lapar mata sehingga merasa ingin membeli apapun yang ada dihadapan kita bisa terjadi karena perut kita sedang dalam keadaan kosong saat berbelanja. Intinya sebenarnya sederhana jika kita sadar pernah merasakannya. Kalau belum pernah merasakannya, coba saja berbelanja dengan keadaan perut kosong.

    Akan lebih baik jika makan terlebih dahulu sebelum berbelanja, agar tidak mengalami situasi lapar mata dan ingin membeli apapun yang dilihat hanya karena perut sedang dalam keadaan kosong. Dan jangan sampai juga ketika perut sudah terisi baru sadar dan menyesal karena sudah membeli barang-barang yang tidak benar-benar diperlukan (efek mengalami lapar mata saat perut kosong).


    3. Lakukan survey sebelum berbelanja

    Lihat produk yang oke, keren, canggih, di satu tempat dan langsung beli ditempat itu juga, pernah? Kalau pernah, sayang sekali berarti. Padahal ada banyak sekali produk yang sejenis dengan pilihan harga yang berbeda diluar sana. Jika ingin keuangan yang dipunya tidak cepat habis, pastikan survey terlebih dahulu sebelum berbelanja. Pastikan bisa mendapatkan barang yang sama dan yang sesuai dengan kantongnya masing-masing.


    Itu tadi beberapa tips mudah yang bisa diterapkan di keseharian masing-masing untuk mencegah pemborosan karena hal-hal atau produk=produk yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Semoga bermanfaat!
     
    lasealwin likes this.
  2. Cinta

    Cinta Member

    Joined:
    Dec 31, 2013
    Messages:
    47
    Likes Received:
    4
    Trophy Points:
    8
    wookeeh lets do it baby!
     
  3. lasealwin

    lasealwin Well-Known Member

    Joined:
    Aug 1, 2015
    Messages:
    1,863
    Likes Received:
    172
    Trophy Points:
    63
    Tergantung bagaimana anda mengendalikan hawa nafsu juga teman.
    Salam....
     
  4. tesharavati

    tesharavati New Member

    Joined:
    Jun 13, 2017
    Messages:
    5
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
  5. Lucky2807

    Lucky2807 Member

    Joined:
    Feb 3, 2019
    Messages:
    36
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    beli yang penting-penting, biasakan hemat dan menabung
     
  6. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,041
    Likes Received:
    142
    Trophy Points:
    63
    Bawa teman ternyata temanya juga doyan sama jajan, waduh bisa tujuan tidak tercapai
    Beli yang dibutuhkan tinggalkan yang diinginkan.
     
Loading...

Share This Page