Sejarah Penemuan Ac yang Menghasilkan Lapangan Pekerjaan

Discussion in 'Education' started by angkatandelapan, Aug 20, 2020.

  1. angkatandelapan

    angkatandelapan Member

    Joined:
    Dec 12, 2018
    Messages:
    48
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Saat musim panas tiba, kita biasanya mengetahui sesuatu yang disebut kipas angin atau AC. Karena hawa dingin dari kipas angin dan AC sangat diperlukan untuk meredam panas yang terkadang sangat menyiksa. Jadi, saya berterima kasih kepada John Goree yang datang dengan ide membuat AC.

    Karena dengan udara yang dingin kita tidak perlu merasakan sakit kepanasan yang terkadang membuat badan terasa lengket akibat keringat yang berjatuhan. Tapi tahukah Anda bahwa sejarah AC dimulai dengan John menciptakan AC karena terinspirasi oleh minatnya pada pasien?

    Dahulu kala, John sebenarnya adalah seorang dokter dengan warga negara Amerika. Ide mesin pendingin dimulai dengan banyaknya pasien yang menderita malaria atau penyakit lain dengan gejala suhu tinggi. Saat itu udara sedang panas, yang membuat pasien merasa tidak nyaman. Maka, pria kelahiran Charleston, California Selatan, 3 Oktober 1802 ini memusatkan pikirannya pada cara menurunkan suhu tubuh pasien. Setelah melihat kipas angin di depannya, dia menemukan sebuah ide. Letakkan es batu di depan kipas angin, agar es dingin tersebut terhembus oleh angin yang bertiup dari kipas angin.

    Dengan idenya ini, John berniat untuk serius membuat mesin AC. Maka, pada tahun 1844, pria lulusan kedokteran dan bedah di New York City ini merancang dan mengembangkan mesin es eksperimental. Mesinnya didasarkan pada hukum fisika yang menyatakan bahwa panas selalu mengalir dari gas atau cairan yang lebih panas ke gas atau cairan yang lebih dingin. Mesin tersebut bekerja dengan cara memampatkan gas (mengompresi) hingga menjadi panas, kemudian gas tersebut dialirkan ke dalam kumparan untuk mengurangi tekanannya (dekompresi). Alhasil, udara menjadi dingin.

    Untuk mengembangkan penemuannya, pada tahun 1845, Gorey memutuskan untuk meninggalkan praktiknya sebagai dokter. Enam tahun kemudian, ia memperoleh paten yang merupakan paten pertama yang dikeluarkan untuk mesin pendingin. Ini awalnya ditemukan oleh mesin pendingin yang sekarang dikenal sebagai AC.

    Nyatanya, cerita John membuktikan bahwa minat sejati akan menghasilkan kebaikan. Alih-alih hanya ingin mendinginkan ruangan tempat pasiennya berada, John kini telah "mendinginkan" dunia dengan AC-nya sendiri.

    Setelah adanya penemuan ac ini tidak hanya bermanfaat untuk kita saja dalam bentuk hawa yang dingin, namun juga membuka peluang bisnis bagi masyarakat dunia. Mulai dari pabrik ac, jasa service ac dan reparasinya.

    Contohnya saja : jasa service ac. Sangat banyak sekali manfaat penemuan ac ini untuk khalayak dunia. Coba kita hitung, sudah berapa banyak tukang ac yang ada di dunia ini. Sebagai kota asal saya di solo, ada salah satu perusahaan jasa service ac di solo yaitu alifiaserviceac.com dan masih banyak jasa service ac yang lainnya baik di kota solo dan juga kota lainnya.

    Intinya bahwa penemuan suatu bidang , seperti ac ini, juga sangat bermanfaat dan mendongkrak lapangan kerja untuk masyarkat. Pesan saya jangan lupa selalu lakukan pembelajaran sehingga mendapatkan tembusan dan alternatif yang akan membuka lapangan kerja untuk semua orang. Good Job dah.
     
Loading...

Share This Page