Seberapa Penting Penamaan Merek Dagang?

Discussion in 'General Business' started by lordard, Aug 31, 2020.

  1. lordard

    lordard Member

    Joined:
    Aug 16, 2016
    Messages:
    100
    Likes Received:
    6
    Trophy Points:
    18
    Merek menjadi salah satu bagian dari sebuah branding yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Produk apapun yang ditawarkan pastinya akan membutuhkan merek agar mudah untuk memasarkannya. Namun merek ini tidak bisa hanya dibuat begitu saja, karena merek tetap harus didaftarkan secara resmi. Meskipun begitu masih banyak orang yang ragu untuk mendaftarkan merek dagang mereka. Berikut alasan mengapa merek dagang begitu penting.

    [​IMG]

    Alasan Penting Mengapa Harus Miliki Merek Dagang Resmi

    1. Sebagai Identitas Produk

    Fungsi utama sebuah merek adalah sebagai identitas untuk sebuah produk. Dengan memiliki merek maka orang akan lebih mudah mengenal sebuah produk juga sudah memiliki merek. Nantinya merek ini juga akan merepresentasikan sebuah reputasi dari produk. Misalnya merek Apple, semua orang akan tahu jika merek ini adalah produk elektronik. Inilah penting bagi anda untuk mendaftarkan, agar semakin dikenal oleh banyak orang.

    Sudah disebutkan, jika identitas juga akan membuat produk anda berbeda dengan merek lainnya. Meskipun sama sama bergerak di industri yang sama, namun masing masing merek pastinya akan memiliki perbedaan atau keunggulan tersendiri. Apalagi jika merek anda sudah mendapatkan perlindungan secara hukum, maka akan semakin mudah untuk membedakannya. Pendaftaran merek ini memang memiliki peranan yang penting jika ingin produk dikenal.

    2. Mendapatkan Perlindungan Hukum

    Seperti yang kita tahu, dalam dunia dagang baik produk atau jasa memiliki pesaing yang tidak sedikit. Bahkan mungkin dalam jenis produk yang sama, anda memiliki pesaing yang jumlahnya lebih dari satu. Dengan adanya perlindungan hukum, maka akan mudah bagi anda untuk mengenalkan produk. Dan sayangnya untuk merek, baru akan mendapatkan perlindungan jika anda sudah mendaftarkannya. Anda nantinya juga akan mendapatkan hak ekslusif pada merek.

    [​IMG]

    3. Melindungi Merek Dari Pembajakan

    Dengan memiliki hak ekslusif pada merek, maka anda juga bisa memberikan perlindungan pada merek produk atau jasa anda. Jika tidak terdaftar, maka peluang untuk dibajak akan semakin luas dan tentunya akan merugikan anda sendiri. Jalur hukum bisa langsung anda tempuh jika merek dagang yang dimiliki memang sudah terdaftar. Karena merek yang didaftarkan tidak bisa digunakan sembarangan jika tidak ada izin tertulis dari pemilik merek tersebut.

    Hak merek secara ekslusif ini bahkan sudah diatur dalam UU Merek dan Indikasi Geografis. Baik seseorang menggunakan garis atau bentuk yang sama sudah akan masuk dalam ranah pembajakan. Dengan begitu anda akan lebih mudah untuk mengepakkan sayap bisnis anda tanpa takut akan ada yang membajak merek anda. Merek juga menjadi representasi dari kelebihan merek anda. Jika produk unggul, maka para penikmat produk akan menyebut mereknya.

    4. Bisa Menimbulkan Hak Pengajuan Pembatalan Merek

    Selain anda bisa memberikan perlindungan, pendaftaran merek juga akan memudahkan anda melakukan gugatan pada yang menggunakannya tanpa ijin. Bahkan gugatan ini bisa berupa pengajuan pembatalan atas merek yang mirip dengan anda. Persamaan ini terletak pada pokoknya maupun secara keseluruhan dengan menuju Pengadilan Niaga. Ada banyak jalan hukum yang bisa anda tempuh jika merek anda memang sudah terdaftar lebih dahulu.

    Itulah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan jika anda mendaftarkan merek usaha anda. Perlu anda ketahui, jika merek merupakan sebuah aset yang nilainya sangat besar. Terutama jika merek anda sudah mampu bertahan dalam persaingan dan memiliki nama yang baik di kalangan masyarakat. Saat ini untuk mengurusnya juga bisa dilakukan secara onliner, sehingga anda akan lebih mudah dan praktis dalam mendaftarkannya.
     
Loading...

Share This Page