Pernah Terinfeksi Penyakit Kelamin dan Sembuh, Apakah Bisa Tertular Kembali?

Discussion in 'Health & Medical' started by resi raphael, Nov 1, 2022.

  1. resi raphael

    resi raphael Member

    Joined:
    May 16, 2019
    Messages:
    125
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    18
    Apakah mungkin penyakit kelamin muncul kembali setelah ditangani secara tuntas? Antibiotik dapat digunakan untuk mengatasi dan menyembuhkan beberapa penyakit kelamin, seperti klamidia, gonore, sifilis, atau trikomoniasis. Pasien mungkin masih takut tertular penyakit kelamin yang sama dua kali meski sudah dipastikan sembuh melalui pemeriksaan laboratorium.

    Tetapi apakah penyakit menular seksual masih mungkin muncul kembali bahkan setelah menerima penyembuhan sebelumnya? Ya, itu adalah solusinya. Bahkan setelah menerima penyembuhan dan dianggap sembuh, Anda tetap berisiko terkena penyakit kelamin yang sama.

    Penyakit kelamin dapat menginfeksi kedua kali

    Ternyata meski sudah mendapat penanganan dan dianggap sembuh, mereka tetap berisiko tertular penyakit kelamin yang sama. Namun, ini tergantung pada jenis penyakit kelamin yang pernah dialami sebelumnya. Banyak penyakit kelamin, termasuk klamidia, gonore, sifilis, vaginosis bakteri, dan trikomoniasis, dapat kambuh. Namun, Anda akan tetap menular selama sisa hidup Anda jika Anda terpapar HIV, herpes oral, atau herpes genital.

    Selain itu, meskipun telah mengatasinya dan dinyatakan sembuh, beberapa faktor lain, seperti berikut ini, masih dapat menyebabkan penyakit kelamin yang sama:

    Minum obat yang salah

    Perawatan bervariasi untuk setiap penyakit kelamin karena semuanya disebabkan oleh bakteri atau patogen yang unik. Misalnya, sifilis dapat ditangani dengan antibiotik, tetapi bentuk penyakit kelamin lainnya mungkin tidak. Karena itu, pastikan untuk mengikuti saran dari dokter kelamin terdekat dan menerima perawatan yang sesuai.

    Obat yang diberikan tidak dihabiskan

    Resistensi antibiotik dapat disebabkan oleh tidak menghabiskan antibiotik yang diresepkan atau melewatkan dosis yang harus diambil, yang dapat membuat penyakit kelamin kambuh dan mungkin lebih sulit untuk diatasi.

    Perilaku seksual yang tidak aman

    Risiko terkena penyakit kelamin berulang dapat ditingkatkan dengan menggunakan kondom saat berhubungan seks tanpa kondom dan dengan memiliki pasangan seksual yang terinfeksi penyakit menular.

    Mencegah kambuhnya penyakit kelamin

    Penanganan untuk bakteri dan parasit yang menyebabkan IMS tidak terlalu sulit. Namun, dengan catatan wajib mematuhi panduan penggunaan yang telah dijelaskan oleh dokter. Hal ini bertujuan agar pasien sembuh total dan pasangannya tidak terkena penyakit kelamin berulang.

    Berikut adalah beberapa rekomendasi untuk mencegah terulangnya PMS:

    Penanganan sampai sembuh

    Anda harus menyelesaikan perawatan Anda secara menyeluruh dan sesuai dengan protokol yang ditetapkan apakah Anda memilih untuk minum antibiotik atau menggabungkannya dengan perawatan lain. Ini dapat menghilangkan kuman penyebab IMS dan menghentikannya terjadi lagi.

    Periksa penyakit kelamin pada pasangan.

    Pastikan untuk melakukan tes atau cek penyakit kelamin bersama pasangan terlebih dahulu. Karena jika salah satunya saja yang diperiksa, Anda atau pasangan berisiko tertular penyakit kelamin.

    Hindari melakukan hubungan seksual pada masa penyembuhan

    Disarankan untuk tidak melakukan aktivitas seksual saat menerima perawatan karena ada risiko tinggi menularkan penyakit kelamin satu sama lain jika perilaku ini dilanjutkan.

    Untuk mendapatkan perawatan secepatnya, konsultasikan keluhan Anda ke klinik Raphael Cikarang. Keluhan Anda akan segera ditangani oleh dokter kelamin terbaik kami.

    Terima kasih, dan tetap sehat selalu.
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,266
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Mudah-mudahan semua sehat selalu tanpa ada kambuhan penyakit
    bagi yang sakit kelamin dapat mencoba menghubungi dokternya.
     
Loading...

Share This Page