Sumber: Peran Penting Goods Receipt Dalam Proses Penerimaan Barang Sistem penerimaan barang atau yang sering disebut dengan goods receipt merupakan suatu hal yang paling sering dilakukan khususnya di suatu perusahaan. Kita ambil contoh saja seperti penerimaan barang di gudang. Penerimaan barang dapat dikatakan sebagai hal yang perlu menjadi perhatian dalam kegiatan operasional gudang sehari hari. Secara umum, perlu diketahui fungsi dari penerimaan barang yaitu untuk bertanggung jawab dalam melakukan pemeriksaan terhadap jenis, mutu, dan kuantitas serta kualitas barang yang diterima dari pemasok guna menentukan apakah layak untuk diterima atau tidaknya suatu barang yang datang. Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan dalam proses penerimaan barang antara lain : Penerimaan dan Pengecekan Surat Jalan Ketika pemasok mengirimkan barang sudah pasti menyertakan surat jalannya. Pada surat jalan tersebut biasanya berisikan data seperti tanggal surat jalan, nama barang, jumlah barang dan nomer PO Purchase Order barang yang akan dikirim. Mengecek Jumlah Barang Setelah Anda menerima surat jalan tersebut segeralah lakukan pengecekan secara teliti apakah sesuai dengan barang yang di datang atau tidak. Cek jenis barang apakah benar barang yang dikirim adalah barang yang di pesan. Setelah itu cocokkan dan hitung jumlah barang yang datang apakah sama dengan surat jalannya atau tidak. Pengecekan Fisik Barang Setelah menghitung jumlah barang yang datang, maka kegiatan selanjutnya adalah mengecek fisik barang yang datang. Lakukanlah dengan teliti, apakah ada yang rusak atau tidak. Jika telah ditemukan terdapat barang yang secara fisik tidak sesuai standar segera pisahkan, lalu lakukan pencatatan untuk barang tersebut yang nantinya akan dikembalikan kepada pemasok untuk dilakukan penggantian. Membuat Bukti Barang Masuk Hal terakhir yang dilakukan adalah membuat dan mencetak form bukti barang masuk yang artinya bahwa barang yang dikirim oleh pemasok telah diterima, di cek dan sudah sesuai. Salinan Bukti barang masuk biasanya dibuat tiga rangkap, di mana satu lembar sebagai arsip gudang, satu lembar untuk suplier sebagai lampiran ketika melakukan penagihan pembayaran dan satu lembar untuk accounting. Dalam proses penerimaan barang atau good receive, diperlukan standar SOP dalam suatu perusahaan. Berikut ini adalah contoh SOP penerimaan barang: Staff gudang menerima barang dari pemasok dan menyesuaikan kecocokan data dengan surat jalan yang diterima. Sumber: Peran Penting Goods Receipt Dalam Proses Penerimaan Barang Jika data surat jalan sudah sesuai, selanjutnya dilakukan pembukaan segel box truk untuk pemeriksaan jumlah dan kondisi barang. Dokumentasi berupa foto atau video diperlukan saat proses ini berlangsung. Namun jika terjadi ketidaksesuaian jumlah koli barang dengan data surat jalan maka langsung diinformasikan dan dikoreksi bersama staff gudang dan pemasok. Pemeriksaan quality barang oleh staff QC Incoming Barang rejected atau barang dengan kondisi tidak baik akan dilakukan prosedur retur atau prosedur lainnya yang berlaku sesuai instruksi dari pemasok Hasil inspeksi oleh staff QC mengenai barang accepted atau barang dalam kondisi baik dilaporkan kepada staff gudang untuk dilakukan proses bongkar dan selanjutnya dilakukan penyimpanan pada lokasi yang telah disiapkan Dilakukan proses input penerimaan barang pada system dan proses serah terima barang Penerimaan barang dicatat pada stock card beserta detail data dan surat jalannya Contoh SOP diatas merupakan beberapa hal yang umumnya dilakukan dalam prosedur penerimaan barang yang hendak masuk ke dalam gudang. Dapat dipastikan, setiap gudang menerapkan kebijakan atau memiliki prosedur masing – masing dalam penanganan setiap barang masuk. Sumber: Peran Penting Goods Receipt Dalam Proses Penerimaan Barang NDNU, Nov 13, 2020 #1 blackking Well-Known Member Joined: Sep 1, 2016 Messages: 2,264 Likes Received: 157 Trophy Points: 63 Kalau perusahaan besar berkelas setiap pengiriman barang ada surat jalan yang terdiri dari beberapa lapis tapi kalau perusahaan kecil ada surat jalan cuma kertas dipotong kecil2 ditulis nama barang yang dikirim dan minta ditandatangani penerima blackking, Nov 14, 2020 #2 NDNU Member Joined: Jul 15, 2019 Messages: 34 Likes Received: 4 Trophy Points: 8 Iya gan, emg kl semakin gede perusahaan pst semakin ribet ya NDNU, Nov 20, 2020 #3 blackking likes this. (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Loading... Similar Threads - Peran Penting Goods Pentingnya Tampilan Kemasan Produk untuk Menarik Konsumen haryo arbianto, Jul 30, 2021, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 1 Views: 5,560 yosef lende Aug 3, 2021 5 Alasan Penting Menerapkan Strategi Pemasaran Online Agave Yonatan, Mar 27, 2021, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 2 Views: 6,513 HanyaSatu Mar 29, 2021 Pentingnya Membuat Proposal Usaha Makanan Sebelum Memulai Bisnis Issyana, Sep 1, 2020, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 0 Views: 5,137 Issyana Sep 1, 2020 Pentingnya Pendirian Badan Usaha untuk Bisnis Anda smartlegal, Oct 14, 2019, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 10 Views: 10,150 semutaspal Jul 10, 2020 Sedang Pikirkan Kemasan Produk? Perhatikan Hal Penting Ini Romi Yanto, Nov 28, 2018, in forum: Usaha Kecil Menengah Replies: 2 Views: 925 HartK Nov 30, 2018 Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in
Kalau perusahaan besar berkelas setiap pengiriman barang ada surat jalan yang terdiri dari beberapa lapis tapi kalau perusahaan kecil ada surat jalan cuma kertas dipotong kecil2 ditulis nama barang yang dikirim dan minta ditandatangani penerima