Pentingkah Cek Akreditasi Kampus Sebelum Mendaftar? Ini Dia Alasannya

Discussion in 'Education' started by Barunasasra, Feb 23, 2021.

  1. Barunasasra

    Barunasasra Member

    Joined:
    Sep 28, 2020
    Messages:
    22
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Halo member Bersosial, siapa nih di antara kamu yang sedang berjuang masuk kampus favorit tahun ini? Kamu pasti sudah memiliki persiapan yang matang kan? Sudah menentukan pilihan kampus dan jurusan yang terbaik?

    Nah, sebelum menentukan jurusan dan kampus favorit, ada baiknya jika kamu melakukan cek akreditasi kampus terlebih dahulu ya. Caranya, kamu bisa melihat level akreditasi kampus atau jurusan pilihan di Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

    Sebagian dari kamu tentu pernah bertanya, kenapa sih kampus harus memiliki akreditasi? Seberapa penting akreditasi kampus bagi mahasiswanya?

    Sebenarnya, nilai atau level akreditasi pada kampus diberikan sebagai cerminan dari kualitas suatu jurusan atau fakultas lho. Maka dari itu, mengecek akreditasi kampus sudah menjadi keharusan bagi setiap calon mahasiswa yang ingin mendaftar di kampus tersebut.

    Mengenal Akreditasi Perguruan Tinggi

    Sebelum lebih jauh, sebaiknya kamu mengenal dulu apa itu akreditasi pada perguruan tinggi. Secara umum, akreditasi dilakukan oleh lembaga pemerintah untuk menentapkan standar mutu pada perguruan tinggi. Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Republik Indonesia nomor 28 tahun 2005, penentuan akreditasi pada perguruan tinggi dilakukan oleh BAN-PT kepada lembaga pendidikan setiap 5 tahun sekali.

    Maka dari itu, tidak semua kampus favorit memiliki akreditasi A pada jurusannya. Contohnya, Universitas Indonesia selalu mendapatkan akreditasi A, namun jurusan Geologi UI masih mendapatkan akreditasi B. Jadi, BAN-PT tidak hanya mengeluarkan akreditasi berdasarkan lembaga universitas saja, melainkan hingga pada tingkat fakultas atau jurusannya.

    Kenapa Akreditasi Kampus Penting?

    Bagaimana, sampai di sini, sudah paham kan mekanisme penilaian akreditasi dari BAN-PT? Berikut ini beberapa alasan yang membuat akreditasi pada lembaga pendidikan penting, antara lain:

    Sebagai Standar Mutu Pendidikan

    Akreditasi berkaitan langsung dengan proses penilaian kualitas pendidikan perguruan tinggi dan program studi. Jadi, semakin tinggi tingkat akreditasi pada kampus atau jurusan kuliah, maka akan semakin tinggi pula kualitasnya.

    Sebagai Cerminan Lembaga Pendidikan

    Sistem akreditasi ini dapat mempermudah calon mahasiswa saat menentukan lembaga pendidikan yang dipilih. Kampus atau jurusan yang memiliki akreditasi A tentu mencerminkan kualitas sistem pendidikan yang diberikan.

    Nggak cuma itu, jika kamu lulus dari kampus berakreditas unggul, maka kamu lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Walaupun ini tidak sepenuhnya menjadi penentu kualitas SDM, setidaknya dapat menjadi pertimbangan awal bagi perusahaan atau lembaga pemerintahan menyeleksi pegawainya.

    Sebagai Penjamin Daya Saing Lulusan

    Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, walaupun tidak sepenuhnya menjadi jaminan kualitas SDM, setidaknya sebuah kampus atau jurusan yang memiliki akreditasi unggul, menerapkan standar pendidikan yang cukup ketat.

    Misalnya materi pembelajaran yang berstandar internasional, orientasi pendidikan yang berkualitas dengan pengajar profesional dan lain sebagainya. Lewat standar ini, maka mahasiswa yang berkuliah di jurusan tersebut tentu harus mengikuti semua prosedur yang diberlakukan. Harapannya, setelah mahasiswa lulus nanti, mereka memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi.

    Cara Mengecek Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi

    Berikut cara untuk mengecek akreditasi kampus dan jurusan di BAN-PT:
    1. Kunjungi situs resmi BAN-PT
    2. Pilih menu Data Akreditasi.
    3. Pilih submenu Pencarian Data Akreditasi (histori).
    4. Ketik nama perguruan tinggi di kolom Perguruan Tinggi. Kalau kamu mau mencari akreditasi program studi, tulislah nama program studi di kolom Program Studi.
    5. Selesai! Sistem akan menampilkan secara otomatis nama kampus dan jurusan yang kamu maksud, serta informasi akreditasinya.
    Nah itulah ulasan mengenai pentingnya mengecek akreditasi kampus sebelum mendaftar. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin mendaftar di kampus impian tahun ini ya. Ulasan ini hanya pendapat atau opini saja, jika memiliki pendapat yang berbeda, boleh kok tuliskan di kolom komentar. Terimakasih.

    Sumber: https://pahamify.com/blog/akreditasi-perguruan-tinggi-dan-program-studi-penting/

     
Loading...

Share This Page