Penting Untuk Bisnis Online: 4 Fitur Otomatisasi WhatsApp Business yang Harus Anda Ketahui

Discussion in 'Online Business' started by Rinaldy, Jul 25, 2022.

  1. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    81
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    [​IMG]

    Apakah Anda penasaran tentang:
    • Apa itu WhatsApp Business, dan bagaimana WhatsApp dapat digunakan untuk bisnis dengan cara terbaik dan produktif?
    • Bagaimana WhatsApp dapat digunakan untuk bisnis?
    • Apa yang dilayani oleh akun WhatsApp Bisnis?
    • Untuk apa fungsi WhatsApp baru digunakan?
    Selain kemampuan standar WhatsApp, WhatsApp Business adalah program gratis untuk perusahaan dari semua ukuran yang menawarkan sejumlah layanan baru dan unik.

    Apa manfaat yang ditawarkan WhatsApp Bisnis?
    Menurut statistik WhatsApp Bisnis teratas, otomatisasi WhatsApp Business adalah alat eCommerce yang kuat bila digunakan bersama dengan chatbot WhatsApp. Ada banyak fitur, fungsi, dan manfaat WhatsApp yang berguna dari akun WhatsApp Bisnis yang dapat Anda manfaatkan, bahkan jika Anda tidak berniat membuat chatbot otomatis WhatsApp.

    Dengan memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan klien dan konsumen melalui berbagai jenis komunikasi, Facebook telah membuka jalan bagi lebih banyak partisipasi konsumen. Jika saat ini Anda menggunakan API otomatisasi WhatsApp untuk Bisnis, ini memberi Anda lebih banyak peluang untuk meningkatkan penjualan dan kepuasan pelanggan. Namun, jika Anda belum menguji saluran tersebut, mungkin penyesuaian berikut perlu Anda lakukan.

    Kami akan menunjukkan bagaimana Anda memanfaatkan fitur WhatsApp Bisnis untuk meningkatkan keterlibatan dan pendapatan pengguna serta apa yang dapat dan tidak dapat Anda lakukan dengan fitur tersebut.

    Fitur Otomatisasi WhatsApp Business
    Akun WhatsApp Bisnis memiliki sejumlah manfaat, termasuk fungsi otomatisasi bisnis. Semua fitur WhatsApp yang berlaku untuk perusahaan ditampilkan di sini.

    Otomatisasi WhatsApp Business: Template Pesan Interaktif
    Selain template pesan dasar, media, dan balasan cepat yang tersedia di WhatsApp, WhatsApp Business kini dilengkapi dengan template pesan interaktif. Anda dapat menempatkan fitur interaktif di chat Anda, seperti tombol, dengan bantuan fungsi otomatisasi WhatsApp Bisnis ini. Dua tombol prasetel yang berbeda sekarang dapat dibuat oleh pengguna dengan Akun Bisnis otomatis WhatsApp untuk pesan penjadwalan WhatsApp Bisnis:

    · Call to Action: Saat pengguna melihat ini, mereka dapat menghubungi nomor atau membuka situs web.

    · Pengguna WhatsApp dapat merespons dengan cepat dengan mengirim pesan teks singkat.

    Jika diizinkan, Anda dapat menambahkannya ke komunikasi teks atau media, pesan pemberitahuan, atau pesan layanan pelanggan.

    Template pesan interaktif untuk fitur chat WhatsApp memiliki manfaat sebagai berikut:

    1) Pengalaman pelanggan telah ditingkatkan karena pelanggan tidak perlu lagi memasukkan pilihan mereka dari daftar kemungkinan yang disediakan perusahaan. Katakanlah pengguna memberikan respons yang ambigu atau opsi yang tidak diperhitungkan. Dalam situasi seperti itu, perjalanan pada dasarnya harus dimulai lagi, sama seperti ketika Anda memilih pilihan yang salah pada IVR untuk layanan pelanggan dan menyadari bahwa Anda harus menghubungi mereka kembali dan kembali mengantre. Itu tidak populer dengan pelanggan web 2.0. Template ini dapat digunakan oleh bisnis untuk mengingatkan pengguna untuk melakukan tugas tertentu dengan cara terbaik.

    2) Pemasar dapat menggunakan metode ini untuk memantau perjalanan pelanggan dan membuat penyesuaian yang akan meningkatkan pengalaman pelanggan. Itu membuatnya mudah untuk mengarahkan pelanggan ke lokasi yang tepat pada waktu yang tepat. Sebagai toko serba ada untuk semua kebutuhan pelanggan, mulai dari terhubung ke percakapan hingga berkomitmen untuk penggunaan, WhatsApp dengan cepat memantapkan dirinya. Di WhatsApp, Anda dapat menelusuri, membeli, dan kemudian mengulangi prosesnya. Anda dapat menelusuri katalog, memesan, memantaunya, dan mungkin memodifikasinya, tergantung pada modul bisnis Anda. Ini berguna karena tidak ada yang senang memiliki banyak program di perangkat mereka, terutama dari sudut pandang pengguna.

    3) Pastikan pengalaman pengguna yang konsisten di semua saluran otomatisasi teks: Pengguna sekarang berkomunikasi dengan perusahaan melalui berbagai saluran. Pelanggan dapat dengan mudah beralih antara diskusi di Webchat, Facebook Messenger, dan WhatsApp. Mereka juga percaya bahwa merek akan mempertahankan konteks dan pengalaman. Dengan Template Pesan Interaktif, kini Anda dapat memberikan pengalaman yang konsisten di semua saluran otomatisasi teks yang Anda gunakan.

    Bentuk Pemberitahuan Baru
    Jika konsumen setuju, bisnis dapat mengirimkan pemberitahuan tentang hubungan langsung dengan mereka, seperti tanda terima penjualan, tiket digital, konfirmasi janji temu, atau jadwal pengiriman.

    Pelanggan memiliki waktu 24 jam setelah menghubungi bisnis melalui WhatsApp atau menanggapi pesan yang dikirim oleh otomatisasi WhatsApp Bisnis untuk mendapatkan materi promosi atau pemberitahuan stok kembali.

    Aturan untuk menggunakan pengaturan WhatsApp lanjutan ini:

    1) Pelanggan awalnya harus ikut serta untuk mendapatkan pesan pemberitahuan: Tanda terima penjualan, email, tautan di situs web Anda, atau bahkan langsung melalui WhatsApp adalah semua cara yang dapat Anda berikan kepada pelanggan pilihan. Kode QR dapat ditawarkan di tempat penjualan oleh toko WhatsApp

    2) Ini membawa kita ke aturan dua. Setelah Anda memiliki otorisasi, Anda dapat mengirim pesan WhatsApp Bisnis otomatis menggunakan template yang telah disetujui sebelumnya yang cocok untuk otomatisasi.

    3) WhatsApp memerlukan persetujuan template pemberitahuan sebelumnya: Anda tidak dapat menggunakannya sampai Anda mengirimkan formulir WhatsApp for Business dan, seperti pemberitahuan lainnya, otomatisasi WhatsApp telah mengevaluasi dan mengizinkannya. Biasanya, dibutuhkan beberapa hari untuk menyelesaikan proses ini.

    4) Sesuaikan peringatan dengan kebutuhan unik pengguna atau klien: Akibatnya, pengiriman pesan massal tidak dapat dilakukan lebih lama lagi. Panduan ini memberi Anda berbagai pilihan dalam hal membangun hubungan pribadi dengan pelanggan Anda, menyelesaikan transaksi, dan meningkatkan pendapatan melalui penjualan atas dan penjualan silang. Mereka menganjurkan praktik terbaik dalam pemasaran dan penjualan, menyoroti pentingnya pesan yang dapat diprediksi, relevan, dan tepat waktu.

    Katalog Produk u/ Whatsapp
    Salah satu fitur WhatsApp terbaru yang mungkin cukup bermanfaat bagi perusahaan Anda adalah katalog.

    Katalog, fitur utama WhatsApp untuk Business, memungkinkan perusahaan Anda memamerkan barangnya sehingga calon klien dapat menelusuri dan memeriksa apa pun yang mereka minati untuk dibeli. Seperti halnya katalog, Anda tidak perlu menyediakan setiap item, harga, dan informasi satu per satu. Karena semuanya dapat diakses di halaman WhatsApp Anda, Anda tidak perlu lagi mengarahkan mereka ke situs web.

    Harga, ringkasan, dan kode produk semuanya dapat ditambahkan ke setiap item di katalog Anda. Ini jauh lebih praktis bagi pelanggan Anda.

    Pengguna dapat menelusuri item atau layanan Anda dan melakukan pemesanan dalam WhatsApp setelah menambahkan produk dan katalog. Kemudian, mereka dapat berkomunikasi dalam chat untuk mendiskusikan opsi pembayaran dan membagikan pesanan mereka.

    Anda bisa mendapatkan banyak pesan ini sebagai pedagang. Pesan Bisnis Interaktif dapat menanggapi permintaan tersebut dengan cepat dan ramah untuk klien berkat otomatisasi WhatsApp.

    Menggunakan Whatsapp Untuk Pembayaran
    Solusi pembayaran untuk akun perusahaan dan pribadi sangat penting untuk otomatisasi WhatsApp Bisnis. Pembayaran WhatsApp yang disediakan Meta hanya dapat diakses di beberapa negara:

    · India

    · Brasil (untuk penggunaan pribadi)

    · Amerika, Amerika Serikat (untuk pengguna terbatas)

    Pembelian dalam aplikasi dilakukan melalui Facebook Pay (diproses oleh Cielo) dan Novi, dompet digital Facebook. Sebagai pedagang, Anda dapat meminta dan menerima uang tanpa meninggalkan percakapan.

    Indonesia sekarang menerima pembelian dalam aplikasi. Dengan alat ini, mentransfer uang semudah mengirim SMS. Ini sangat membantu di tempat-tempat terpencil karena memungkinkan individu untuk mengirim uang dengan aman tanpa menukar mata uang atau pergi ke bank terdekat.

    Serangkaian persyaratan keamanan dan privasi yang ketat juga diikuti oleh pembayaran WhatsApp, termasuk kebutuhan bahwa setiap pembayaran dilakukan menggunakan PIN UPI yang berbeda.

    WhatsApp menciptakan sistem pembayaran. WhatsApp mendukung Antarmuka Pembayaran Terpadu (UPI) bersama dengan Perusahaan Pembayaran Nasional India (NPCI) (UPI). Sistem pembayaran real-time pendukung transaksi 160 bank ini adalah yang pertama di India.

    Kesimpulan
    Saat ini, perusahaan memiliki beberapa opsi untuk berinteraksi dengan basis pelanggan besar mereka berkat WhatsApp, jaringan media sosial yang menghubungkan banyak orang setiap hari. Dengan menggunakan chatbot otomatis WhatsApp, bisnis dapat menjangkau konsumen secara langsung di platform pilihan mereka dan secara besar-besaran.

    Klik #LetsGupshup untuk info lebih lanjut.

    Sumber
    Dilokalisasi dari:
    4 Features Of WhatsApp Business Automation
    Sumber Sekunder:
    3 Compelling Reasons To Use WhatsApp Chatbot For Customer Support
     
  2. blackking

    blackking Well-Known Member

    Joined:
    Sep 1, 2016
    Messages:
    2,208
    Likes Received:
    155
    Trophy Points:
    63
    Sudah banyak yang menggunakan whatsapp bisnis untuk berbisnis
    bagi pebisnis sangat membantu.
     
  3. egihrsn

    egihrsn New Member

    Joined:
    Aug 2, 2019
    Messages:
    49
    Likes Received:
    0
    Trophy Points:
    6
    Thnkyou sudah sharing update fitur WA businss yg baru gan..
     
  4. Rinaldy

    Rinaldy Member

    Joined:
    Jan 7, 2018
    Messages:
    81
    Likes Received:
    2
    Trophy Points:
    8
    Benar sekali, itu sangat membantu. Info tambahan terkait Gupshup:
    Gupshup memungkinkan keterlibatan pelanggan yang lebih baik melalui pesan percakapan. Gupshup adalah platform pesan percakapan terkemuka, yang mendukung lebih dari 6 miliar pesan per bulan. Ribuan bisnis besar dan kecil di berbagai negara menggunakan Gupshup untuk membangun pengalaman percakapan & chatting di pemasaran, penjualan, dan dukungan pelanggan. Platform tingkat operator Gupshup menyediakan API perpesanan tunggal untuk 30+ channel, kit alat pengembangan percakapan untuk penggunaan apa pun, serta jaringan kemitraan di seluruh channel perpesanan (termasuk produsen perangkat, ISV, dan operator).

    Spesialisasi Gupshup:

    Ingin meningkatkan promosi marketing, penjualan, dan layanan pelanggan perusahaan Anda menggunakan Chatbot? Kini, Gupshup siap membantu Anda. Gupshup adalah Conversational Messaging Platform yang membantu bisnis & perusahaan berinteraksi dengan pelanggan di lebih dari 30 channel perpesanan termasuk WhatsApp API, Instagram API, SMS, dll.

    Gupshup telah dinobatkan oleh Hacker Noon sebagai salah satu dari 10 pembuat chatbot perusahaan berteknologi AI terbaik di dunia untuk tahun 2021. Hubungi Gusphup sekarang juga dengan mengklik link pada catatan kaki atau artikel sumber di bawah artikel ini.
     
Loading...

Share This Page