Pantangan Makanan Sakit Sendi Lutut

Discussion in 'Health & Medical' started by alit kurniawan, Sep 22, 2018.

  1. alit kurniawan

    alit kurniawan Member

    Joined:
    Aug 1, 2018
    Messages:
    500
    Likes Received:
    5
    Trophy Points:
    18
    Rasa nyeri pada sendi memang selalu membawa masalah pada kehidupan beraktivitas. Apalagi terjadi pada sendi area lutut. Membuat penderitanya menjadi terbatas dalam beraktivitas. Terdapat beberapa hal yang dapat membuat terjadi nyeri sakit lutut, misalnya seperti pengapuran dan peradangan pada sendi.

    Degenerasi pada tulang rawan lutut adalah penyebab terjadinya pengapuran pada sendi lutut sehingga mengakibatkan sendi menjadi sulit untuk digerakan. Peradangan dapat terjadi jika bantalan yang berada pada di antara tulang rawan dan sendi hilang sehingga gerakan yang dilakukan akan menyebabkan peradangan. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya pengapuran dan peradangan pada sendi, diantaranya :

    1. Mengalami Cedera Pada Sendi

    Pernah mengalami cedera sendi, misalnya seperti patah tulang, terbentur, atau melakukan operasi pada sendi memiliki kemungkinan yang lebih tinggi untuk mengalami pengapuran dan peradangan pada sendi. Hal seperti ini dapat meningkatkan resiko pada nyeri sendi.

    2. Adanya Gangguan Tulang Lainnya

    Memiliki riwayat penyakit seperti asam urat dan rematik dapat dijadikan sebagai faktor penyebab atas terjadinya pengapuran pada tulang dan sendi.

    3. Usia

    Apabila seseorang yang sudah memiliki usia lanjut, mereka memiliki resiko yang lebih tinggi untuk terkena pengapuran dan peradanagan sendi dibandingkan dengan mereka yang masih muda. Hal ini dapat meningkat pada mereka yang masih berusia 45 ke atas.

    4. Obesitas dan Genetika

    Orang yang memiliki berat badan yang berlebihan akan lebih beresiko terkena pengapuran sendi dan tulang. Sedangkan jika seseorang memiliki riwayat keluarga yang memiliki penyakit pengapuran dan peradangan akan beresiko terkena hal yang sama.

    Pantangan Makanan Sakit Sendi Lutut

    Agar dapat membantu menyembuhkan dan mengurangi rasa sakit pada sendi lutut akibat pengapuran dan peradangan sendi, ada banyak cara untuk dilakukan. Salah satunya dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Tidak hanya itu saja, penderita sakit sendi pada lutut diharuskan untuk menghindari makanan-makanan yang menjadi pantangan dan tidak boleh dikonsumsi. Berikut ini beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita sakit lutut, diantaranya :

    • Makanan Yang Berasal Dari Bahan Gandum
    Gluten adalah kandungan yang ada pada gandum. Kandungan gluten ini berfungsi untuk membuat adonan yang terbuat dari gandum agar memiliki tekstur yang kenyal. Sekitar 41% sakit sendi lutut menyatakan bahwa mereka menjadi lebih baik setelah melakukan diet bebas gluten. Selain dapat menyerang area sendi pada lutut, ternyata gandum yang mengandung gluten ini dapat mempengaruhi usus kecil yang akan menyebabkan penderitanya mengalami diare dan perut kembung.

    • Sering Mengkonsumsi Gorengan dan Daging
    Terlalu banyak mengkonsumsi gorengan dan daging dapat membahayakan kesehatan, termasuk tulang dan sendi. Dikarenakan dari dua makanan tersebut terdapat kandungan lemak trans dan jenuh yang banyak. Jika kandungan lemak-lemak tersebut banyak di dalam tubuh, hal itu akan menyebabkan terhambatnya proses penyerapan vitamin-vitamin penguat tulang dan sendi, seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K. Jadi untuk melakukan pengobatan dengan cara mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh bukanlah cara pengobatan yang tepat.

    • Menghindari Makanan dan Minuman Dari Bahan Kopi
    Terdapat beberapa kandungan protein yang dapat mengancam bahkan memperparah keadaan peradangan pada sendi, terutama rematik. Hal ini harus dapat dihindari oleh penderita sakit sendi pada lutut. Sebuah penelitain membutikan bahwa seseorang yang mengkonsumsi kopi empat cangkir dalam sehati memiliki kemungkinan besar dua kali lebih tinggi untuk terkena rematik dibandingkan mereka yang tidak mengkonsumsi kopi.

    • Makanan Yang Mengandung Susu
    Susu memanglah salah satu minuman yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Pada umumnya susu memang diperlukan, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam proses pertumbuhan. Namun, sendi lutut yang mengalami pengapuran atau peradangan akan sulit untuk mencerna protein yang terkandung dalam susu tersebut. Yang akan mengakibatkan bahwa tubuh akan menganggap protein susu merupakan zat yang berbahaya. Untuk mendapatkan sumber protein dan kalsium yang baik bagi kesehatan tulang dan sendi, dapat digantikan dengan bahan lain seperti beras, kedelai, atau almond.

    • Makanan Yang Dapat Menyebabkan Alergi
    Terkadang dalam beberapa kasus ditemukan bahwa pengapuran dan peradangan tidak hanya jadi penyebabnya saja. Namun ada hal lain yang dapat menyebabkan terjadinya sakit lutut, salah satunya yakni alergi. Terdapat makanan yang dapat menyebabkan alergi untuk dijadikan sebagai pantangan makanan bagi penderita sakit sendi pada lutut. Seperti halnya ada seseorang yang alergi terhadap makanan laut. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi makanan ini agar sakit sendi lutut tidak mengalami kambuh kembali.
     
  2. edi sugianto

    edi sugianto Member

    Joined:
    Aug 18, 2016
    Messages:
    101
    Likes Received:
    10
    Trophy Points:
    18
    Lumayan dapat ilmu lagi membaca ini
     
Loading...

Share This Page