Panduan Menggunakan Kamera DSLR bagi Pemula

Discussion in 'Photography' started by Husnul Fuadi, Jun 23, 2019.

  1. Husnul Fuadi

    Husnul Fuadi New Member

    Joined:
    Dec 24, 2017
    Messages:
    11
    Likes Received:
    1
    Trophy Points:
    3
    Saat pertama kali mengeluarkan kamera DSLR baru dari kotaknya, Anda akan melihat bahwa ia memiliki banyak tombol dan tombol. Dan ini tentu saja sangat luar biasa. Yang mungkin mengapa begitu banyak orang yang saya ajarkan fotografi mengaku bahwa mereka hanya meninggalkan kamera mereka di Auto dan berharap yang terbaik.

    Untuk sebagian besar, pada kamera DSLR modern, mode Otomatis sebenarnya akan melakukan pekerjaan yang cukup baik dalam 80% situasi.

    Namun, ini juga berarti bahwa akan ada waktu (misalkan 20%) bahwa Anda tidak akan mendapatkan bidikan yang Anda inginkan jika Anda menyerahkan semuanya ke kamera.

    Karena itu, mempelajari cara menggunakan kamera Anda untuk potensi penuhnya, dan mengambil kendali penuh, pasti harus menjadi tujuan akhir Anda.

    Jangan khawatir jika ini membutuhkan waktu, atau jika Anda tidak memahami semuanya sekaligus. Seperti yang sudah saya katakan di posting ini, fotografi itu rumit dan belajar bagaimana kamera bekerja adalah proses yang membutuhkan waktu dan latihan.

    Awal yang baik adalah membaca posting seperti ini, tetapi juga berkonsultasi dengan manual Anda untuk model kamera Anda. Jika kamera Anda tidak dilengkapi dengan manual, Anda biasanya dapat menemukan informasi yang relevan dengan mencari online untuk “ manual model kamera Anda ”.

    Sebagai info bisa juga cek inspirasi harga kamera terbaru hanya di https://www.kameraku.info/

    Berikut ini ikhtisar dari kontrol tombol pada Kamera DSLR Anda. Perhatikan bahwa model kamera yang berbeda akan memiliki kontrol yang sedikit berbeda, tetapi mayoritas akan memiliki opsi berikut.


    Pemutar Mode
    Mode dial adalah dial pertama yang ingin Anda temukan. Ini adalah tombol yang memberi tahu kamera seberapa besar kendali yang Anda inginkan atas berbagai pengaturannya. Untuk mengubah mode, Anda cukup memutar tombolnya.

    Sebagian besar mode dial memiliki berbagai pilihan, yang akan mencakup mode "Otomatis", untuk mode otomatis penuh, dan mode "M", untuk manual penuh.

    Mereka juga akan sering memasukkan berbagai mode pemandangan, yang merupakan mode otomatis di mana Anda memberikan kamera petunjuk tentang jenis adegan apa yang Anda potret, katakanlah lanskap atau potret.

    Di antara mode Otomatis dan Manual biasanya juga akan ada sejumlah mode lain yang menjembatani kesenjangan antara sepenuhnya otomatis dan sepenuhnya manual, dan mode-mode ini, terutama dua yang terakhir, yang saya sarankan Anda menjadi terbiasa dan mulai menggunakan . Ini adalah sebagai berikut.

    • Mode "P" . Ini adalah mode Program Automatic. Ini pada dasarnya hanyalah mode otomatis lain, meskipun di mana Anda memiliki kendali atas beberapa pengaturan, termasuk kompensasi pencahayaan, ISO dan white balance. Saya biasanya menyarankan melompati "P" dan langsung pindah ke salah satu dari dua mode di bawah ini, "A" atau "S".
    Lebih banyak lagi sahabat bisa cek dalam ulasan lain , ini hanya dasar dasarnya saja
    selamat siang.
     
    Budimola likes this.
  2. Arif Rachman Hakim

    Arif Rachman Hakim Member

    Joined:
    May 4, 2014
    Messages:
    378
    Likes Received:
    27
    Trophy Points:
    28
    Google+:
    kalau untuk pemula sih mending jangan paksa langsung belajar mode manual, pakai auto aja dulu belajar mengenali kameranya, bagaimana cara mengambil angle foto yang pas, perbanyak belajar dari pengalaman praktek langsung baru sambil belajar mode manual dan berbagai macam teknik-teknik fotografi.
     
Loading...

Share This Page