Dalam meningkatkan omset khususnya sebuah platform jualan online ada banyak cara yang bisa ditempuh. Namun kebanyakan dari pelaku bisnis kerap menggunakan teknik yang sama berulang kali. Berikut ini kami akan bagikan beberapa tips yang bisa Anda coba. Cara ini tidak hanya akan meningkatkan omset, namun bisa menarik calon pelanggan baru dan meningkatkan repeat order dari pelanggan loyal. 1. Diskon Terbatas Banyak dari pebisnis di platform jualan online melakukan perang harga dengan memberikan aneka diskon menarik. Namun percaya atau tidak, salah satu trik yang tidak pernah basi adalah dengan memberikan diskon bohong-bohongan. Meskipun demikian, jangan pernah melakukan hal tersebut apalagi jika Anda mempunyai banyak pesaing yang menjual produk serupa dengan harga yang tidak jauh berbeda. Cara menyiasatinya adalah dengan membuat diskon terbatas, artinya Anda menentukan peraturan atas diskon yang diberikan. Misalkan memberikan batas masa berlaku diskon dan terbatas hanya untuk sejumlah pembeli pertama. Atau memberikan diskon khusus bagi pelanggan tertentu, misal diskon khusus bagi pelanggan yang berulang tahun. 2. Program Reseller dan Dropship Terbatas Banyak kemudahan yang ditawarkan dengan menjadi dropshipper. Selain minim modal, dropshipper juga tidak perlu repot stok, packing, hingga kirim barang. Dropship terbatas adalah program yang dibuat hanya untuk reseller tertentu agar platform jualan online Anda tampak lebih eksklusif dan menarik. Dengan memiliki tim reseller maka Anda memiliki banyak jaringan yang membantu memasarkan produk Anda. Untuk mendapatkan banyak reseller, Anda bisa mencoba melakukan promosi di beberapa media sosial. 3. Strategi Upsell Pernahkah Anda melihat penjual yang menjajakan produk dengan harga yang cukup mahal namun terdiri dari paketan produk yang lengkap? Inilah yang disebut dengan strategi upsell. Penjual membuat seolah-olah dengan membeli paket tersebut, maka konsumen akan mendapatkan banyak manfaat dengan harga yang lebih murah. Tanpa upselling, Anda juga bisa membuat promo paket agar memudahkan pembeli menentukan produk apa yang mereka butuhkan dan harganya sesuai dengan kantong. 4. Layanan Pelanggan Berjualan di platform jualan online pasti membutuhkan layanan konsumen. Sebagai konsumen tentu akan ada banyak pertanyaan yang sering terlintas untuk mengetahui informasi lebih jelas tentang produk. Layanan pelanggan tentu harus fast response, menguasai produk dan juga ramah serta sabar dalam menghadapi pelanggan. 5. Buat Layout Toko Online yang Menarik Dalam memilih layout yang sesuai, ada beberapa aspek yang harus diperhatikan. Misalnya jika Anda memiliki banyak produk, buatlah tampilan layout yang sederhana namun tetap menarik untuk dilihat. Selain itu, promo diskon tentu tidak akan maksimal jika belum menggunakan banner promo. Itulah beberapa tips yang dapat kami sampaikan, dalam berbisnis khususnya saat terjun ke dunia online ada banyak strategi yang harus Anda jalankan. Selain beberapa poin diatas, Anda juga wajib mendalami strategi digital marketing yang tepat untuk platform jualan online Anda. harsonoegi, Apr 29, 2020 #1 (You must log in or sign up to reply here.) Show Ignored Content Share This Page Tweet Log in with Facebook Log in with Twitter Your name or email address: Do you already have an account? No, create an account now. Yes, my password is: Forgot your password? Stay logged in